Guru Menulis


Almarhumah Diana Roswita

Sosok perempuan ini merupakan seorang penulis yang telah banyak mengajari saya. Dia bernama Diana Roswita. Akhir tahun 2004 lalu, tsunami mengambil raganya beserta dua anak kembar yang sedang lucu-lucunya. Ia tak pernah hilang dari ingatan saya. Saya belajar menulis cerpen pertama sekali dari Diana Roswita. Maka kali ini saya ingin menuliskan beberapa paragraf tentang almarhumah Diana Roswita.  Meski ada banyak pihak yang telah memberikan banyak andil terhadap perubahan hidup saya, tapi ijinkan saya untuk menuliskan sedikit tentang dia tanpa mengabaikan pihak lain.
Hari itu, setelah mengisi formulir pendaftaran masuk FLP Aceh, saya mengikuti pelatihan menulis dasar yang diadakan oleh FLP. Dan hari itu pula saya bertemu dengannya. Sosoknya yang bersahaja dengan tuturnya yang lemah lembut pada pertemuan hari itu,  membuat kami, para peserta pelatihan ingin mengenalnya lebih jauh. Saya agak ketinggalan berita saat itu. Saya baru tahu kalau ternyata ia adalah penulis beberapa buku. Panitia memperlihatkan beberapa bukunya kepada kami dan memberitahu kami bahwa perempuan berjilbab abu-abu dengan kacamata besar di depan kami itu adalah penulis beberapa buku yang diperlihatkan kepada kami tadi. Oh, jadi dia penulis? Hebat sekali. Begitu batin saya. Dulu, dalam pikiran  lugu saya, yang namanya penulis tentulah seorang public figure. Bukunya dibicarakan di mana-mana, namanya apalagi. Pokoknya terkenal-lah. Tapi kenapa kok saya tidak mengenal dia, ya? Di kemudian hari saya tahu, bahwa menulis baginya adalah ibadah, bukan karena ingin terkenal.
Ia sangat ramah sehingga tidak ada rasa minder karena kami masih pemula sementara dia sudah mempunyai beberapa buku –kumpulan cerpen, novel dan antologi bersama. Ia bercerita tentang awal  terjun ke dunia menulis dan kami bertanya banyak hal tentang proses kreatifnya.
“Sejak kecil saya suka mengarang cerita. Beberapa kali mengirim tapi baru dimuat waktu saya duduk di kelas I MAN.”
Katanya, meski cerpen pertamanya itu dimuat di harian lokal di Aceh, tapi hal itulah yang kemudian menjadi pemicu semangatnya untuk terus mengarang cerita.  Ia kemudian mencoba mengirimkan cerita-ceritanya ke media nacional, Annida.
“Saya rasa cerpen saya ditolak. Soalnya saya selalu membeli majalah itu dan cerpen saya tidak pernah dimuat. Saya kirim lagi. Ditolak lagi. Barulah empat tahun kemudian cerpen yang saya tulis dalam bahasa Inggris dimuat untuk pertama kalinya di majalah itu. Sejak itulah saya semakin sering mengirim cerpen dan semakin sering pula dimuat.”
Oh, empat tahun? Bisa dibayangkan berapa lama penantiannya? Barangkali jika dia tidak memiliki tekad yang kuat, dia akan putus asa dan berhenti sampai di situ. Berhenti berkarya apalah lagi untuk mengirimkannya. Tapi tidaklah demikian dengan dia. Selama kurun waktu itu dia terus menulis cerita tanpa henti-henti.
Hubungan saya dengan dia kemudian menjadi lebih dekat setelah dia dipilih oleh panitia yang membuat acara tersebut untuk membimbing saya. Dari acara tersebut memang diharapkan ada follow up untuk peserta. Tak sekadar diskusi lalu berhenti sampai di situ. Beruntung saya ‘diserahkan’ ke dia karena ternyata saya cukup ‘masuk’ dengannya. Maksud saya, saya dengan dia adalah dua hal yang saling bertolak belakang. Dia, jika bertutur sangat  halus dan berhati-hati, lembut, tidak meledak-meledak dan cenderung tidak banyak omong. Sementara saya adalah kebalikan dari semua saya yang tuliskan tentang dia.
Ia memiliki putra kembar balita dan sedang lucu-lucunya. Dan yang pasti, sedang aktif-aktifnya. Maksud saya, benar-benar aktif. Pada awal-awal pertemuan, kami masih memanfaatkan sebuah ruangan organisasi tersebut sebagai tempat pertemuan rutin. Tapi berhubung dia cukup direpotkan dengan ‘keaktifan’ putra kembarnya itu, kami pun berpindah tempat ke rumahnya. Kami sering menghabiskan waktu berdiskusi tentang apa saja. Tentang buku dan cerita-cerita yang harus saya tuliskan saat mendapat tugas darinya. Saya menulis cerita, lalu ia mengoreksinya. Tak jarang saat saya ke rumahnya untuk dibimbing dan meminta cerpen saya dikoreksi, saya harus bersabar terlebih dahulu. Si kembar merengek minta dibuatkan susu atau minta digendong. Saya tak keberatan menggendong mereka atau mengajak mereka bermain. Jika saya kembali mengajak Ummi mereka berbicara atau duduk manis di dekat saya, si kembar mulai buat ‘aksi’.  Yang satu bergantung di leher umminya hingga membuat umminya nyaris tercekik, satunya lagi menarik-narik jilbab umminya. Lain waktu, yang satu tiba-tiba menjatuhkan dirinya ke pangkuan umminya, satunya lagi tiba-tiba menangis. Saya juga tak kurang kena imbasnya. Puas menarik-narik jilbab umminya, lalu menarik-narik jilbab saya, atau mencoret-coret cerpen yang sudah saya ketik dengan cantik dan saya print di rental dengan susah payah, menumpahkan susu di rok saya, mengambil tas saya dan mengeluarkan semua isinya, dan sederetan tingkah polah anak-anak lainnya. Sepertinya putra kembarnya merasa cemburu jika si ibu lebih banyak berbicara dengan saya daripada dengan mereka.
Saya ingat saya pernah diberi tugas menuliskan kembali cerita yang pernah dibuatnya tapi hilang entah ke mana. Katanya ia malas untuk menuliskan cerita itu lagi. Pada saya, ia berjanji akan memberi hadiah buku jika mampu menuliskan kembali cerita dari ide yang sama dengan cerita yang pernah dibuatnya tapi dengan versi berbeda. Maka saya pun mencoba membuat cerita yang dia inginkan. Butuh waktu lama bagi saya untuk menyelesaikannya. Ide yang sudah ada saja masih sulit saya tuliskan apalagi tugas tersebut, yang notabene bukan ide saya. Berhari-hari saya memikirkan bagaimana caranya agar saya bisa membuat cerpen seperti yang diinginkannya. Motivasi selanjutnya karena saya ingin menunjukkan padanya bahwa saya mampu menulis cerpen, meski seadanya. Akhirnya saya berhasil juga mengerjakan tugas darinya. Motivasi pertama karena saya ingin mendapat buku gratis dan kedua saya ingin memperlihatkan padanya bahwa SAYA BISA. Dan saya mendapat hadiah sebuah buku karangan Hernowo (saya lupa judulnya karena buku itu sudah disapu tsunami).  
Dia bercerita bahwa dia bukan seorang pengarang yang mampu menghasilkan cerita hebat dalam waktu singkat. Dia juga bukan pembaca cepat yang mampu ‘melahap’ beberapa buku dalam sebulan. Baginya tak ada aturan dia harus harus menyelesaikan sejumlah tulisan dalam waktu sebulan dua bulan atau harus selesai membaca beberapa buku dalam waktu singkat. Tak ada patokan waktu yang penting tetap terus menulis, menulis dan menulis, kecuali jika ada orderan dari penerbit yang meminta karya-karyanya segera dibukukan.
Barangkali karyanya tidak sehebat karya para penyair atau sastrawan yang selalu diperbincangkan atau diperdebatkan. Ia selalu berkata bahwa dia menulis untuk berdakwah. Untuk menyampaikan kebenaran. Seperti motto hidupnya “Dakwah bil Kalam”.
Ia adalah seorang istri, ibu rumah tangga dengan dua putra kembar, perempuan yang bersahaja dan sederhana, tidak pernah bersolek, tidak begitu terkenal layaknya pengarang cerita, tapi dia adalah wanita mulia. Dia hanya seorang perempuan sederhana dengan tulisan-tulisannya yang juga sederhana.
“Setelah kita mati, ada tiga hal yang akan terus mengalir. Doa anak yang saleh, ilmu yang bermanfaat dan amal jariah. Sebagai penulis, maka menulislah yang baik-baik, dan yang membuat orang ingin berbuat kebaikan setelah membaca tulisan kita. Maka itulah yang akan menjadi amal jariah kelak jika si penulis telah meninggalkan dunia ini.” Sungguh hal itu yang selalu diulang-ulangnya pada saya atau pada teman-teman lainnya dalam sebuah forum diskusi. Karyanya memang sarat dengan nuansa dakwah. Tentang nilai-nilai Islam, tentang hidayah dan pencerahan. Itu adalah pilihannya. Memilih akan meninggalkan jejak-jejak pena jika kelak ia meninggalkan dunia ini.
Semoga engkau berbahagia di sana Kak Diana. Saya akan selalu mengingatmu.
***





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

11 comments

Write comments
21 Februari 2012 pukul 17.21 delete

hmm hmm, berarti kenal Febi Mutia dong ya. hehehe.. saya banyak membaca cerpen di kumpulan cerpen dr FLP. sekarang sudah jarang. dulu waktu SMA saja yg sering :D

Reply
avatar
21 Februari 2012 pukul 22.35 delete

Febi Mutia, saya cuma sempat dengar namanya, tapi belum pernah ketemu orangnya. Sista Meutia, bersediakah membagi link-nya (facebook atau blogspot mungkin?)
Makasih ya sebelumnya :)

Reply
avatar
Azhar Penulis
AUTHOR
7 Oktober 2013 pukul 19.18 delete

Saat beliau menjadi guru PPL di MAN 1/MAN Model Banda Aceh, saya tau waktu itu guru-guru PPL sebagian besar adalah teman-teman abang saya yang juga alumni sekolah kami. Ibu Diana salah satunya. Saat berpapasan di jalan, beliau coba saya sapa. Tetapi tidak menoleh. Beliau sekilas terlihat coba tersenyum, tetapi tidak menoleh. Beliau benar-benar menjaga pandangan. Menjadi contoh dari apa yang dinasehatkannya. Saat Bu Diana selesai PPL, beliau mengumpulkan kuesioner yang dibagikannya kepada juara kelas di tiap kelas. Saya mencarinya kemana-mana tapi tidak ketemu. Berulang kali beliau kembali dan menanyakan kuesioner tersebut, tapi saya tidak bisa menyerahkan kuesioner tersebut. Beberapa tahun kemudian saya menemukan lembar-lembar kuesioner itu saat beres-beres di rumah. Semoga Allah melapangkan kubur beliau. Cerpen-cerpen dan ilmu yang beliau ajarkan tentunya telah menjadi cahaya yang menemani beliau. Aamiin ...

Reply
avatar
26 Desember 2013 pukul 22.43 delete

Aamiin. Insya Allah beliau sudah tenang di sana, bersama anak kembarnya

Reply
avatar
Citra Rahman
AUTHOR
27 Desember 2013 pukul 01.25 delete

Kakak, ini ceritanya sangat inspiratif. Aku jadi menyesal selama ini malas menulis. Terima kasih. :)

Reply
avatar
27 Desember 2013 pukul 01.35 delete

Sedih Mak bacanya -,-

Semoga sudah tenang di sana dan bagi warga aceh tetap semangat meneruskan perjuangan hidup mereka lagi ^^

Reply
avatar
27 Desember 2013 pukul 02.31 delete

Jadi malu, baru ditolak beberapa kalii saya malah gak nulis cerpen2n lagi T.T

saya pikir tadinya, ini kaka-nya kandungnya Emak :')

Reply
avatar
27 Desember 2013 pukul 11.05 delete

rest in peace untuk mba Diana...luar biasa semangatnya ya...kita bisa belajar banyak dari almarhumah...salam kenal mak..

Reply
avatar
27 Desember 2013 pukul 17.13 delete

Citra:
Iya cit, kisah perjalanan menulisnya sangat inspiratif. Semoga bermanfaat

Mbak Titis:
Aamiin. tinggal kita yang meneruskan hidup yang tidak tentu ini ya mak. Thanks atas kunjungannya mak

Ranii:

Bukan mbak, ini kakak yang guru, hehee..


Mbak Nia:
Iya mbak, hiks...

Mbak Indah:
Salam kenal juga ya mak, makasih udah berkunjung ya mak

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
16 Januari 2016 pukul 11.27 delete

sedih kk bacanya, tapi juga inspiratif bnget

Reply
avatar

Instagram @fardelynhacky