Ragam Wisata di Batam


Masih teringat ucapan saudara saya yang saat ini tinggal di Batam, delapan tahun lalu,
“Datanglah ke sini, kau akan kubawa ke manapun kau mau. Aku juga akan mengajakmu sampai ke Singapura. Hanya sepelemparan batu saja dari Batam. Kau hanya cukup datang ke sini saja.”
Waktu itu saya belum menikah. And you know what? Sampai hari ini, saya belum bisa memenuhi udangannya :D

Tetapi, Batam sudah masuk dalam list kunjungan kami sekeluarga. Mengunjungi saudara sambil jalan-jalan tentunya. Jadi sekali dayung dua tiga pulau terlalui. Lumayan bisa gratis tempat tinggal dan akomodasi :P :D

Ingin ke mana saja jika saya ke Batam nanti?

1.    Wisata belanja di Nagoya Hill
Rasanya belum lengkap ke Batam jika tidak berbelanja.  Ini saya banget nih, kalau pergi ke kota manaaa gitu, saya mesti menyediakan waktu seharian untuk ngubek-ngubek pusat perbelanjaannya. Belanja apa? Belaja fashion dong, haha. Dan Nagoya adalah surga bagi pelancong-dengan-selera-fashion-yang-tinggi seperti saya :p  Asiknya lagi, Nagoya Hill ini didesain dengan konsep City Walk sehingga menyerupai kota mini. Jadi bisa dijadikan sebagai jalan-jalan saja sambil cuci mata tanpa harus belanja.

2.    Melewati jembatan Barelang
Batam terdiri dari beberapa pulau. Untuk kelancaran transportasi, beberapa di antaranya terhubung dengan jembatan yang bernama jembatan Barelang. Ini destinasi wajib yang mesti dikunjungi di Batam karena jembatan ini sudah menjadi landmark kota Batam. Kalau di Banda Aceh ada Mesjid Raya Baiturrahman, maka di Batam ada jembatan Barelang. Menariknya, jembatan Barelang ini tidak hanya satu, tapi enam! Tetapi kabarnya, yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah jembatan Barelang I, yang menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Tonton.

3.    Wisata Bahari
Batam memiliki banyak pantai yang cakep-cakep. Jenis pantai yang saya suka adalah pantai dengan pasirnya yang putih dan ombaknya yang tenang. Di Batam juga ada lho pantai dengan pasirnya yang putih dan ombaknya yang tenang. Salah satunya adalah pantai Nongsa. Kabarnya, pantai ini adalah surga bagi pelancong berduit. Dari bibir pantai ini, kita bisa melihat siluet Singapura. Jadi ada dua manfaat yang bisa didapat. Selain pantai Nongsa, ada dua pantai berpasir putih lainnya yang ingin saya ingin kunjungi yaitu Pantai Mirota dan pantai Sekilak.

4.    Nongkrong cantik di Alun-alun Dataran Engku Putri
Di tengah-tengah kota Batam, dengan dikelilingi kantor-kantor pemerintahan, terdapat sebuah lapangan yang disulap menjadi alun-alun yang cantik. Anak muda kota Batam dari berbagai komunitas sering memanfaatkan tempat ini untuk nongkrong atau melakukan berbagai jenis kegiatan. Nongkrong cantik di sini tentu sangat asik.

5.    Rekreasi ke Ocarina Park dan Bukit Senyum
Sebagai kota metropolitan, Batam tak lupa menghadirkan wisata rekreasi ala Ancol, yaitu Wahana wisata Ocarina Park. Wahana ini menjadi salah satu tenpat wisata favorit keluarga di kota Batam. Cocok nih untuk kami sekeluarga. Selain ke Wahana Ocarina Park, tempat rekreasi lain yang tak boleh kami  lewatkan adalah Bukit Senyum. Waktu yang paling tepat untuk ke Bukit Senyum adalah di malam hari. Dari atas bukit ini, kita bisa melihat semaraknya kelap kelip kota Batam dari atas, juga siluet gedung-gedung pencakar langit Singapur.  

6.    Wisata Sejarah ke Pulau Galang
Sebagai pencinta sejarah, tempat ini menjadi destinasi wajib bagi saya. Di pulau ini, saya ingin menapaktilasi sejarah 250 juta jiwa pengungsi Vietnam yang pernah berlindung di pulau ini sejak 1976 – 1996. Di sini terdapat sebuah museum yang bisa melepaskan rasa ingin tahu saya terhadap sejarah manusia perahu ini. Cocok juga buat anak-anak untuk mulai belajar sejarah.

Itulah beberapa destinasi yang ingin saya kunjungi di Batam. Tidak punya saudara sebagai tempat numpang 5di Batam–sebagaimana saya? Jangan khawatir, ada banyak alternatif hotel kok di Batam. Silakan klik di sini untuk cari tahu.


Okay, deh. Happy travelling, yaaa….
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

8 comments

Write comments
Dian Radiata
AUTHOR
19 April 2016 07.38 delete

Ditunggu di Batam, mbak Ekyyy... :)

Reply
avatar
Katerina. S
AUTHOR
19 April 2016 09.17 delete

Aku kapan ya ke Batam? Barengan yuk mbak :D

Reply
avatar
19 April 2016 09.35 delete

kayaknya bagus2 nih tempatnya.

Reply
avatar
indobotol
AUTHOR
20 April 2016 09.30 delete

hemm... saya juga sama mbak di undang ke batam sama kakak aku tapi belum bisa k sana...
hehee... :D

Reply
avatar
berkah
AUTHOR
24 April 2016 08.54 delete

bicara batam bagi sya tidak ada habismya, selain menawarkan keindahan bahari, pariwisata namun juga disini tempat mudah ditemukannya barang2 dengan harga miring, hehhe. bnar kan mbak

Reply
avatar
Purwasuka
AUTHOR
7 Mei 2016 14.07 delete

pengen banget maen ke batam, temen kecil saya udah pindah ke batam soalnya..hmm

Reply
avatar
Tunis
AUTHOR
23 Juni 2016 12.25 delete

Hawa lah saya kesana...

Reply
avatar
17 Oktober 2016 22.52 delete

nambah lagi kak, kalo ke batam jangan lupa mampir ke lucky plasa, pusat jual beli hp terbesar di batam. harganya dah pasti miring

Reply
avatar

My Instgram