Mimpi Kami, Rencana Masa Depan Kami


Sejak menikah di tahun 2008, saya dan suami tidak tinggal serumah dengan orang tua sebagaimana lazimnya pasangan baru menikah di Aceh.  Begitu selesai prosesi nikahan di kampung kami di Aceh Selatan, kami kembali ke kota Banda Aceh. Ya, Tuhan menjodohkan saya dengan lelaki yang berasal dari daerah yang sama di Aceh.
Kembali ke Banda Aceh, kembali ke aktifitas kami masing-masing. Saya saat itu sedang mengambil kepaniteraan klinik keperawatan di rumah sakit umum Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, jadi dengan tergesa-gesa selepas semua acara, kami langsung kembali ke Banda Aceh. Kami memulai hidup baru sebagai sepasang suami istri benar-benar dari nol. Sehabis lamaran sampai nikahan, lalu mengontrak sebuah mungil, membeli peralatan rumah dan peralatan memasak seadanya, suami hanya menyisakan sedikit uang. Sementara saya sama sekali tidak punya tabungan.
Suami saya bukan seorang PNS, juga bukan pegawai  atau karyawan tetap sebuah kantor manapun. Suami akan memiliki pekerjaan jika ada order. Jadi, suami saya bekerja hanya berdasarkan ada atau tidaknya orderan. Jika tidak ada, maka pusinglah kami. Apalagi saat itu, boleh dibilang saya sedang dalam proses pendidikan meskipun sudah sarjana. Seperti halnya sarjana kedokteran yang belum diakui menjadi dokter jika belum mengikuti kepanitaraan klinik, begitu juga dengan sarjana keperawatan. Mengikuti kepaniteraan butuh biaya yang tidak sedikit. Jika sebelumnya saya dibiayai oleh orangtua, maka setelah saya berstatus sebagai istri, otomatis hidup dan mati saya menjadi tanggung jawab suami, termasuk soal pendidikan yang sedang saya jalani. Suami saya juga ingin menunjukkan kalau dia adalah suami yang bertanggung jawab, meski kadang tak jarang kami mengalami masa-masa sulit dalam hal keuangan. Tapi semua kami lalui dengan sabar dan ikhlas. Saya belajar dari suami saya. Meski kami sedang tak punya uang, di luar orang-orang tiada akan menduga jika kami sedang tidak punya. Suami saya selalu menyikapi persoalan hidup dengan santai dan tawakal
“Untuk apa dipikir, capek pun kita pikir, sampai stress, uang gak akan datang dengan sendirinya,” begitu selalu kata suami saya.
Saat itu kami memang masih mengontrak rumah. Meski demikian, sejak hari pertama saya dan dia hidup serumah, kami sudah bermimpi bisa memiliki rumah sendiri. Ketika putra pertama kami lahir, keinginan untuk memiliki rumah semakin kuat, apalagi ketika kami mendengar bahwa tak lama lagi anak si pemilik rumah akan menempati rumah yang kami kontrak. Untungnya tak jadi, sehingga kami sedikit lega. Tapi terpikir oleh kami, sampai kapan kami akan terus seperti itu? Dihantui kecemasan setiap kali menjelang akhir masa kontrak rumah yang kami tempati. Hingga anak kami berumur lebih setahun dan saya sudah mendapatkan pekerjaan di sebuah universitas, kami masih mengontrak rumah yang sama. Kesulitan keuangan belum lepas dari kehidupan kami. Berbagai daftar  rencana mimpi-mimpi kami, belum bisa kami wujudkan.
Memiliki rumah sendiri merupakan daftar pertama dari semua daftar impian kami. Kami belajar dari pengalaman, terutama dari orangtua saya yang hingga saat ini belum bisa menempati rumah sendiri karena rumah tersebut belum selesai dibangun. Kenapa hal ini bisa terjadi? Papa saya seorang polisi. Sepanjang berdinas, Papa sering berpindah-pindah tempat tugas dan tinggal di asrama polisi. Karena keseringan berpindah tugas dan keenakan tinggal gratis di asrama, orangtua saya tidak memikirkan untuk menyisihkan dana atau berpikir mengambil pinjaman di bank untuk membangun rumah. Dulu, pernah saya tanyakan pada Papa, kenapa Papa tidak melakukan hal itu? Kata Papa, jangankan untuk berpikir mengambil pinjaman di Bank, lha untuk makan sehari-hari saja susah. Mungkin Papa ada benarnya. Papa adalah tulang punggung keluarganya juga pencari nafkah utama keluarga kami karena Ibu tidak bekerja. Papa beradik kakak ada sembilan orang dan Papa anak pertama. Anak pertama, juga anak satu-satunya yang berhasil menjadi ‘orang’. Maksud saya, di antara sembilan beradik kakak, hanya Papa yang berhasil menamatkan SMA, tamat dari pesantren, plus akhirnya menjadi seorang polisi. Sementara adik Papa yang lain, bahkan ada yang SMP pun tidak tamat. Saat itu, hidup sangat susah karena kakek saya sudah almarhum. Adik Papa, terutama yang perempuan, jadi bergantung banyak sama Papa. Sementara Papa sendiri punya empat anak. Ya, begitulah yang terjadi hingga bertahun-tahun. Uang tidak pernah dirasa cukup. Hingga akhirnya, Papa pindah ke daerah yang sangat jauh dari Aceh, yaitu Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sejak pindah ke sini, ekonomi keluarga kami sudah sedikit membaik. Tapi, saya dan dua adik saya sudah mulai kuliah di Banda Aceh. Jadi, otomatis perhatian Papa beralih untuk membiayai kuliah kami bertiga. Setelah selesai konflik di Aceh, Papa kembali pindah ke Aceh. Papa mulai merancang impian ingin membangun rumah sebagai tempat bernaung di hari tua. Tapi impian beliau harus terbentur dengan semakin membengkaknya kebutuhan hidup dan kebutuhan biaya kuliah kami. Lalu satu persatu kami selesai kuliah hingga saya menikah. Dua tahun lalu, Papa mulai membangun rumah dengan mengambil kredit pegawai. Meski sampai sekarang rumah tersebut belum selesai sepenuhnya, tapi saya selalu berdoa supaya rumah tersebut bisa segera dinikmati oleh Papa sebelum beliau pensiun tiga tahun lagi.
Tidak bermaksud mengungkit kelemahan orangtua, tapi kami semua belajar dari pengalaman yang saya rasakan bersama oragtua hingga saya menikah. Terkait masalah rumah, orangtua saya sempat berpesan pada kami bahwa jika kami memiliki rejeki lebih, sesegera mungkin memiliki rumah sendiri, jangan sampai menunggu anak-anak masuk sekolah apalagi sampai mereka besar.
“Kalau anak-anak sudah besar, sudah masuk sekolah, pasti sebagian besar kebutuhan adalah untuk sekolah. Apalagi sekolah di jaman sekarang mahalnya minta ampun. Jadi, pesan Papa, sesegera mungkinlah kalian memiliki rumah. Selagi masih cuma ada Abel (nama putra saya) dan dia belum bersekolah.”
Ya, anak kami memang  masih satu dan umurnya masih tiga tahun.
 Setelah kami cermati, pesan orangtua saya ada benarnya. Mungkin orangtua saya tidak ingin anaknya seperti mereka, di mana di hari-hari menjelang pensiun, mereka belum memiliki rumah yang benar-benar layak untuk ditempati. Orang tua saya berniat membangun rumah saat saya sedang kuliah. Tapi niat tersebut harus diurungkan karena harus membiayai kuliah saya. Tahun-tahun berikutnya, niat tersebut belum juga terealisasi karena satu persatu adik saya menyusul saya ke ibukota propinsi, juga untuk melanjutkan kuliah. Maka, lengkaplah sudah rencana penundaan orangtua saya untuk membuat rumah. 
Maka dari itu, menjadi kuatlah alasan kami untuk segera mewujudkan mimpi memiliki rumah sendiri, bahkan kalau bisa sebelum anak kami bersekolah TK. Jika dilihat biaya pendidikan saat ini yang bahkan untuk masuk TK saja sudah begitu mahalnya, usaha menabung dengan gigih kami lakukan sejak dini. Tapi ternyata, ada saja kebutuhan yang mendesak. Uang kami simpan, kemudian kami ambil lagi. Simpan lagi, ambil lagi. Begitu seterusnya. Tabungan tidak pernah mencapai jumlah yang maksimal. Lalu kami  berpikir, kami tidak mungkin bisa membeli rumah hanya dengan mengandalkan tabungan yang tidak tetap begitu. Terbersit niat untuk mengambil pinjaman di bank dengan menggunakan layanan perbankan berupa KPR. Saya dan suami sepakat mengurus KPR setelah dua tahun kemudian, yaitu setelah saya menyelesaikan pendidikan S2 saya. Bukan apa-apa, kami hanya ingin menyelesaikan tugas satu persatu. Tekad kami saat itu, setelah saya selesai S2 nantinya, kami berencana membeli rumah dan menyekolahkan anak.
Tahun 2011 lalu, seorang pemilik rumah di kompleks perumahan kami, tempat di mana  kami mengontrak rumah, berniat menjual rumahnya dengan harga murah. Memang, rumah di tempat kami tinggal masih sangat murah harganya jika dibandingkan dengan harga rumah di kota Banda Aceh karena tempatnya yang agak jauh di pelosok kampung. Meski agak kampung dan jauh di pelosok, saya menyukai lingkungan yang seperti ini. Selama hampir empat tahun saya tinggal di sini, boleh dibilang daerah tersebut termasuk daerah yang aman dibandingkan daerah lain. Sumber airnya bersih dan jernih, tidak berbau, asin, atau kekuningan seperti banyak tempat di kota Banda Aceh. Daerah ini juga bukan daerah bekas tsnunami. Daerah bekas tsunami merupakan salah satu pertimbangan penting orang-orang Aceh ketika akan membeli rumah atau tanah. Semakin jauh daerah tersebut dari daerah bekas tsunami, maka semakin mahal harga rumah atau lahan kosongnya.
Mendengar bahwa salah satu rumah di kompleks kami akan dijual dengan harga yang sangat murah, tentu saja membuat kami ‘terpesona’. Rumah tersebut kosong tanpa ditempati karena pemiliknya tinggal di rumahnya di kota lain. Kami ingin membelinya. Sempat kami utarakan pula niat kami tersebut pada sang pemilik rumah. Sayang sekali, meski harganya sangat murah, namun tabungan kami belum mencukupi sejumlah harga rumah tersebut sementara saya sedang dalam masa pendidikan S2 yang notabene akan menghabiskan banyak dana. Jadinya, saat itu kami hanya sempat mengutarakan niat tanpa mampu untuk membelinya. Kami kembali ke niat semual, biarlah saya menyelesaikan S2 saya dulu.
Namun, beberapa hari kemudian kami mendapat telepon dari pemilik rumah. Beliau mengatakan bahwa jika kami memang menginginkan rumah tersebut, kami boleh membayar setengahnya saja dulu. Sisanya boleh dibayar dengan cicil sedikit demi sedikit. Subhanallah. Alhamdulillah. Segenap puji dan syukur tak henti-henti kami pohonkan. Tuhan mendengar doa-doa kami.
Pemilik rumah sebenarnya sedang kepepet  uang. Tiga anaknya yang sedang kuliah di tiga universitas swasta berbeda di Banda Aceh sedang membutuhkan uang dalam waktu cepat sementara usaha beliau sedang seret. Jadilah beliau berpikir cepat dengan menjual rumah tersebut. Tapi karena lokasi rumah berada jauh di pelosok kota, penduduk masih sepi, selain karena rumah tersebut juga masih dengan bentuk dasar, jadi orang kurang tertarik membelinya. Sementara itu beliau sedang butuh dana dalam waktu cepat. Lalu beliau menawarkan ke kami, sementara kami berpikir menunggu dulu sampai saya menyelesaikan kuliah S2 karena masih memerlukan banyak uang untuk kuliah. Dan beliau bermurah hati dengan memberikan cara pembayaran seperti yang saya sebut di atas.
Kini, kami sudah memiliki rumah sendiri.
Tepat ketika kami memiliki rumah tersebut, sang pemilik rumah tempat kami mengontrak rumah mengabari bahwa beliau tak akan mengontrakkan lagi rumahnya karena akan ditempati oleh anaknya yang baru menikah. Saat itulah rasa syukur kami semakin besar. Rupanya inilah dibalik hikmah kami mendapat penawaran pembelian rumah dengan murah dan dengan cara yang menguntungkan karena kami memang harus segera keluar dari rumah kontrakan tersebut. See? Allah merencakan semuanya untuk hidup kami. 
Inilah bentuk rumah kami saat ini:
Di kompleks, boleh dibilang rumah kami adalah yang paling sederhana dibandingkan rumah-rumah lainnya yang sudah banyak mengalami penambahan dan rehab di sana sini sehingga terlihat mentereng. Tapi buat saya dan suami, ini adalah istana terindah yang pernah kami miliki. Mungkin saya terlalu berlebihan dalam menuliskan hal ini. Tapi buat saya pribadi, yang sedari kecil hingga remaja selalu mengikuti ke manapun orangtua berpindah tugas, yang tidak pernah merasakan bagaimana enaknya tinggal di rumah sendiri, ini adalah sesuatu yang sangat istimewa. Saya merasa seperti memiliki istana meski jika dilihat oleh orang lain bentuknya masih seperti ‘gubuk’. Kegembiraan saya meluap-luap. Berhari-hari saya tidak bisa tidur tenang karena terlalu gembira.
Bentuknya masih seperti bentuk awal perumahan ini dibangun sekitar tahun 1998 lalu. Sementara rumah-rumah lain sedang berlomba mempercantik diri, rumah ini masih bertahan seperti ini karena tidak ditempati oleh pemiliknya. Ini adalah rumah type 36 dengan dinding dari batako yang belum terplester luar dan dalam, belum ada plafon, belum ada dapur, dan lantai semen yang tidak rata. Tapi di sinilah kami memulai kebahagiaan kami sebagai keluarga yang tidak lagi mengontrak rumah.
Saat ini, tujuh bulan berlalu sejak kami membeli rumah ini.
Sebagai manusia yang terus bergerak dan memiliki cita-cita, tentu kami tak ingin terlalu larut dengan kegembiraan. Kami harus melanjutkan mewujudkan mimpi dan rencana kami yang lainnya, yaitu rencana membuat rumah kami lebih layak huni dan mulai memikirkan untuk menyiapkan tabungan dan asuransi untuk putra kami.
Untuk mewujudkan semua mimpi, kami berusaha untuk tidak berutang kepada orang lain karena memang begitulah konsep yang kami sepakati bersama kecuali jika keadaannya terdesak. Begitu juga dengan rencana membangun rumah ini sehingga nantinya menjadi lebih layak huni. Berutang membuat hidup tidak tenang, begitu kata orang bijak. Memang benarlah demikian adanya saat kami sedang dalam keadaan mencicil biaya rumah. Alhamdulillah, saat ini utang kami pada pemilik rumah sudah lunas.
Saat ini kami berencana ingin menggunakan layanan perbankan untuk mewujudkan mimpi dan rencana kami. Saya ingin sekali lahan 9 x 3,5 meter yang tersisa di belakang rumah segera dibangun menjadi sebentuk bangunan. Awalnya, suami saya ingin membangun dapur yang sederhana saja, jadi saya tidak perlu menggunakan kamar yang kedua (karena rumah ini hanya terdiri dari dua kamar) sebagai dapur. Nanti suatu saat kami bisa merenovasi lagi menjadi bentuk yang lebih bagus. Tapi saya berpikir untuk membangun lahan sisa dengan bangunan yang langsung bagus, jadi tidak dua kali kerja serta menghabiskan dana yang lebih banyak. Begini, awalnya kami berpikir untuk membangun dapur seadanya saja dulu seperti yang dilakukan tetangga saya dengan hanya menggunakan dinding seng supaya ada ada dapur, namun setelah kami hitung-hitung ternyata akan menghabiskan banyak dana juga. Belum lagi seandainya kami ingin membangun dapur ini menjadi lebih bagus, tentu saja harus membongkar yang dasar.  Jadi akhirnya, kami berpikir untuk membiarkan saja dahulu lahan tersebut kosong sampai kami bisa menggunakan produk perbankan untuk menunjang pembangunan dan rehab rumah kami ini.
Nah, begitulah rencana kami untuk rumah yang baru kami beli tujuh bulan lalu ini.
            Sekarang, marilah kita berbicara tentang impian dan rencana masa depan kami selanjutnya. Yaitu rencana pendidikan terbaik untuk buah hati kami dan rencana kebebasan finansial.
Saya dan Abel, putra saya
Untuk pendidikan anak, saya dan suami sepakat tanpa bantah bahwa menyiapkan bekal untuknya sedini mungkin adalah hal yang mutlak. Meski kami sangat ingin mendampinginya dan mendidiknya kelak hingga dia dewasa, melihatnya menjadi manusia yang  berguna, tapi kami juga sadar bahwa manusia hanya bisa berencana namun Tuhan yang menentukan. Kami tidak pernah tahu sampai di mana batas waktu kami bisa mendampinginya, seberapapun panjang kita hidup di dunia ini, kita tidak pernah rahasia itu, yaitu kematian. Itu baru berbicara perkara umur. Bagaimana jika dalam perjalanan ini kami bertemu badai, bertemu ombak yang ganas, atau bertemu ikan besar yang siap menelan kami hidup-hidup? Begitulah tamsilan saya untuk berbagai persoalan hidup yang akan menghadang kami. Bahwa tiada hidup tanpa masalah, itu adalah benar. Tapi bagaimana kita menghadapi masalah sehingga hidup ini bisa terus berlanjut tanpa stagnan di satu tempat. Kita tidak pernah tahu kondisi kita di depan, apakah kita akan selamanya kuat mencari uang, apakah kita akan selamanya sehat?  Oleh sebab itulah, saya dan suami perlu memikirkan keberlangsungan hidup buah hati kami sedini mungkin karena kami, kita semua, tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depan. Bekal yang harus kami persiapkan tersebut adalah tabungan rencana pendidikan untuknya.
Melalui website www.bca.co.id saya mendapat informasi bahwa di bank BCA ada jenis tabungan bernama Edusave, yaitu sebuah program yang dikembangkan oleh BCA untuk rencana pendidikan anak-anak kita. Dengan kemudahan transaksi yang ditawarkan oleh BCA, Edusave boleh jadi sebuah pilihan untuk orangtua yang ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Edusave adalah solusi perbankan untuk pendidikan anak-anak Indonesia.
Impian dan rencana kami selanjutnya adalah saya dan suami ingin sekali punya usaha yang bisa menunjang keberlangsungan hidup kami hingga kami tua. Intinya, kami ingin memiliki kondisi kebebasan finansial di mana kami tidak perlu lagi pusing dengan masalah keuangan seperti sekarang. Dalam hal ini, saya dan suami punya orientasi yang berbeda. Jika saya lebih cenderung ingin memiliki usaha dalam bidang berdagang, suami saya justru sebaliknya, dia tidak suka berdagang. Impian terbesarnya adalah bisa memiliki kebun sawit yang luas. Saya mendukung keinginan tersebut setelah melihat saudara suami yang sekarang memiliki kebun sawit di daerah Nagan Raya (nama sebuah Kabupaten di Aceh). Boleh dibilang mereka sekarang berada pada kondisi kebebasan finansial. Si suami, meski sudah tua tapi beliau tidak perlu lagi pusing memikirkan uang. Dia memiliki aset hasil kebun sawit yang selalu menunjang hidup mereka. Itulah yang diinginkan suami saya.
Itulah sekilas cerita dan impian saya. Semoga bisa menginspirasi banyak orang untuk terus menjadi orang-orang yang senantiasa berusaha dan pantang kalah oleh beban hidup.  

Tulisan ini diikutsertakan dalam event Berbagi Cerita Bersama BCA




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

47 comments

Write comments
dimas geel
AUTHOR
2 Juli 2012 14.49 delete

Wah gapapa mbak yang penting rumah sendiri dan renovasi bisa dicicil. yang penting ga kehujanan dan gak kepanasan.
sukses juga ya utk event bcanya :)

event ngeblog: menulis di blog dapet android, ikutan yuk!

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
2 Juli 2012 22.19 delete

Amin. Alhamdulillah senantiasa disyukuri apa yang sudah ada. Terima kasih kunjungannya mas
Langsung meluncur balik nih ke event lomba di atas :)

Reply
avatar
Lisa Tjut Ali
AUTHOR
3 Juli 2012 10.57 delete

selamat mengapai cita-cita dan impianmu sobat

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
3 Juli 2012 12.58 delete

Amin. terima kasih ya Lisa :)
Sukses dengan blog barunya

Reply
avatar
4 Juli 2012 15.50 delete

Iiih, Kak Eqi produktif sekaleeee. Surprise lihat blog Kak Eqi hari ini. Cantik dan seru! Walaupun Aini lebih dulu buat akun di blogger, kayaknya mesti belajar lagi sama Kakak.
Postingannya juga oke punya. Tulisan ini pasti bisa menginspirasi banyak orang dan hm, kayaknya menang, deh! :D wish you luck, Kakak!

Reply
avatar
ke2nai
AUTHOR
4 Juli 2012 16.27 delete

Rumah sederhana tp kalau di dalamnya diisi dengan hal2 yg indah akan jd spt istana ya :)

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
6 Juli 2012 15.09 delete

Mak ke2nai:
Alhamdulillah mbak, biar sederhana senantiasa penuh cinta *halah, hehee

Aini wanna be:
Aiiiih..ayo atuh Ainiii..aktif di blog-nya :D
Nulis lagi yuuuuk..biar saya juga semangat
Makasih atas kunjungannya ya Aini. Semoga menginspirasi
Amin.

Reply
avatar
joyce meyer
AUTHOR
9 Juni 2015 04.24 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
4 Agustus 2015 20.11 delete

Ini adalah kesempatan bagus dibawa ke anda oleh perusahaan pinjaman Starla. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk tujuan apapun? Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 3% dan proses pinjaman membutuhkan waktu 2 hari dari aplikasi untuk pendanaan. Hubungi kami sekarang melalui email: starlaloanfirm@gmail.com

Reply
avatar
Linda Mark
AUTHOR
3 Maret 2016 13.57 delete

Halo, saya Ibu Linda Mark, pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Apakah Anda dalam utang yang buruk? Anda tertarik untuk mendapatkan apapun jumlah pinjaman? Anda ingin memperluas bisnis Anda, membayar tagihan Anda, renovasi rumah, atau jika Anda memerlukan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang dipahami.
hubungi perusahaan (kita) melalui email: (lindamarkloancompany@gmail.com)

Reply
avatar
maryan sani
AUTHOR
22 April 2016 03.02 delete

Halo, aku Mrs. Maryam Sani pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Perusahaan kami menyediakan pinjaman pada tingkat rendah 2%. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Layanan ini akan memberikan baik perorangan, perusahaan, bisnis pria dan wanita. Namun, peluang keuangan pada langkah pintu Anda, jadi hubungi kami hari ini via email di: maryansaniloancompany@gmail.com

Reply
avatar
NATALIE Adam
AUTHOR
2 Mei 2016 01.16 delete

Apakah Anda membutuhkan pinjaman? jika ya hubungi kami hari ini via email: oceanloanfirm@postribe.com

Reply
avatar
maryan sani
AUTHOR
4 Mei 2016 05.56 delete

Halo, Saya Mrs.Maryan Sani pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Perusahaan kami menyediakan pinjaman pada tingkat rendah 2%. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Layanan ini akan memberikan baik perorangan, perusahaan, bisnis pria dan wanita, kami memberikan pinjaman jangka panjang, Namun, peluang keuangan pada langkah pintu Anda, jadi hubungi kami hari ini via email di: maryansaniloancompany@gmail.com

Reply
avatar
ford amanda
AUTHOR
9 Mei 2016 01.34 delete

Adakah anda sedang mencari pinjaman perniagaan, pinjaman peribadi, pinjaman rumah, pinjaman kereta, pinjaman pelajar, pinjaman penyatuan hutang, pinjaman tanpa cagaran, modal teroka,
dan lain-lain .. Atau anda menolak pinjaman oleh bank atau kewangan
institusi untuk satu atau lebih reasons.You di tempat yang betul untuk
penyelesaian pinjaman anda! Saya sedang pemberi pinjaman swasta, saya memberi pinjaman kepada
syarikat dan individu pada kadar faedah yang rendah dan berpatutan
2%. Faedah. Sila hubungi kami melalui e-mel grass2graceloanfirm@gmail.com

Reply
avatar
Queen Daniel
AUTHOR
10 Mei 2016 12.23 delete

Saya Mrs Queen pemberi pinjaman pinjaman pribadi, kami memberikan pinjaman pada tingkat 2%
Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar utang Anda?
Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis,
pinjaman untuk membayar tagihan,
Kami di sini untuk memberikan pinjaman dari jumlah apapun, silahkan hubungi kami melalui alamat perusahaan:
queendanielloanfirm@gmail.com Tuhan memberkati.

Reply
avatar
Elite Finance
AUTHOR
14 Mei 2016 13.21 delete

halo

Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda dalam utang? Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri dan membutuhkan modal? Anda membutuhkan pinjaman atau pembiayaan untuk alasan apapun? bantuan Anda akhirnya di sini, dan kami memberikan pinjaman kepada semua orang di tingkat murah dan terjangkau bunga hanya 2% jika Anda tertarik silahkan hubungi kami hari ini di elitefinance2000@gmail.com


Terima kasih dan Tuhan memberkati
ELITEFINANCE2000@GMAIL.COM
FINANCE ELITE

Reply
avatar
15 Mei 2016 04.53 delete

Halo semua, tolong saya saran Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di setiap perusahaan pinjaman di situs ini, semua orang di sini adalah palsu dan curang, bahkan beberapa kesaksian di sini semua palsu, mereka adalah orang-orang yang sama melakukan itu semua, mereka masih orang yang sama melakukannya. jadi harap berhati-hati untuk tidak jatuh korban baik-baik saja, saya telah ditipu 5 kali dari sekitar 50 juta untuk semacam biaya transfer, Asuransi dan semua, tapi setelah pembayaran saya saya tidak mendapatkan pinjaman saya, sebaliknya mereka meminta saya untuk membayar lebih dan lagi. Tapi Allah begitu bersyukur bahwa saya kemudian mendapat pinjaman dari Perusahaan yang teman saya bekerja di Uni Emirat Arab, (Obi Esther Pinjaman Firm), mereka adalah perusahaan terkemuka sekarang di Asia, mereka berada di sini untuk membantu kita semua yang memiliki telah scammed, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman lebih baik pergi ke perusahaan di Uni Emirat Arab atau jika Anda memiliki teman kemudian memberitahu mereka untuk membantu Anda dalam menghubungi mereka untuk pinjaman oke, yang sangat sederhana untuk mendapatkan dan hanya 2% tanpa jaminan. Ini adalah email mereka obiesther.loanfirm@gmail.com Anda dapat menghubungi mereka baik-baik saja hanya dengan Aplikasi Anda dengan mereka Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu 24 jam, saya melakukan semua ini untuk membantu negara saya dari penipuan,
email saya adalah susankirana0@gmail.com hubungi saya untuk info lebih lanjut, saya bersedia untuk membantu
Tuhan memberkati kalian semua

Reply
avatar
Fatma Fatma
AUTHOR
15 Mei 2016 16.19 delete

Halo semua, saya fatma dari Indonesia menyenangkan aku saran Anda semua di sini tidak untuk mengajukan pinjaman di setiap perusahaan atau pemberi pinjaman di situs ini, orang-orang ini di sini adalah palsu, penipu dan penipuan, bahkan beberapa kesaksian di sini adalah semua palsu mereka orang yang sama yang melakukan itu semua, mereka masih orang yang sama melakukannya. jadi harap berhati-hati untuk tidak jatuh sebuah tertipu atau menipu sesama Indonesia, saya ditipu empat kali sekitar Rp200.000.000 juta untuk biaya pendaftaran, biaya transfer, biaya pajak dan biaya asuransi, tapi setelah pembayaran saya saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi,

 Ini akan menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa tidak ada undang-undang keuangan atau aturan untuk biaya ini dalam memperoleh pinjaman dari bank, pemberi pinjaman atau perusahaan selain Allah bersyukur bahwa saya kemudian menerima pinjaman sebesar $ 100.000 dari perusahaan yang seorang teman saya yang memperkenalkan saya ke nyata dan perusahaan pinjaman dapat diandalkan, (THERESALOANCOMPANY), mereka adalah perusahaan terkemuka sekarang di Asia, mereka berada di sini untuk membantu kita semua yang telah scammed dan ditipu, jadi jika Anda membutuhkan kredit yang lebih baik pergi ke perusahaan di

(THERESALOANCOMPANY) atau jika Anda memiliki teman-teman dan memberitahu mereka untuk membantu Anda untuk menghubungi mereka untuk pinjaman, oke, Anda bisa mendapatkan yang sangat sederhana untuk mendapatkan serendah 2% dari pinjaman tanpa agunan atau penjamin. Ini adalah email mereka

(THERESALOANCOMPANY@GMAIL.COM) Anda dapat menghubungi mereka dengan aplikasi Anda baik-baik saja dengan mereka Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu 24 jam, Genuine cepat dan saya harus membantu penipuan negara saya, email saya adalah (Feyzilfatma@gmail.com) hubungi saya untuk info lebih lanjut, saya siap untuk membantu Tuhan memberkati Anda CATATAN all.PLEASE. NO BIAYA PENDAFTARAN, NO BIAYA TRANSFER, biaya NO PAJAK, NO ASURANSI FEE) pemberi pinjaman real atau perusahaan tidak mengumpulkan charges.Allah ini memberkati kita TRANSFER BIAYA, BIAYA NO PAJAK, NO ASURANSI FEE) Lender nyata Perusahaan ATAU TIDAK mengumpulkan penutup biaya Singer .

Reply
avatar
Widya Okta
AUTHOR
15 Mei 2016 18.25 delete

Saya Widya Okta, saya ingin memberi keterangan kerja yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada bangsaku yang sedang mencari untuk pinjaman di Asia dan bahagian lain perkataan, kerana ekonomi yang buruk di beberapa negara. Adakah mereka sesiapa yang mencari pinjaman di antara kamu? Kemudian, anda perlu berhati-hati kerana banyak syarikat pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih tulen sekali dalam syarikat pinjaman palsu. Saya telah menjadi mangsa yang 6 kredit peminjam penipuan, saya hilang begitu banyak wang kerana saya mendapatkan pinjaman daripada syarikat mereka. Saya hampir mati dalam proses kerana saya ditahan oleh rakyat hutang saya sendiri, sebelum i adalah pembebasan dari penjara dan seorang kawan saya yang saya menerangkan keadaan saya kemudian memperkenalkan saya kepada sebuah syarikat pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam tempoh 24 jam yang i digunakan, Jadi saya membuat keputusan untuk berkongsi kerja yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat anda jika anda memerlukan pinjaman anda lebih baik hubungan SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui e-mel:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel saya di (widyaokta750@gmail.com) jika anda mendapati sukar atau mahu prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Reply
avatar
Jane kruger
AUTHOR
17 Mei 2016 05.43 delete

Halo, aku Mrs. Jane Kruger, pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Apakah Anda dalam utang yang buruk? Anda ingin memperluas bisnis Anda, membayar tagihan Anda, renovasi rumah, atau jika Anda perlu assistance.Our tujuan keuangan adalah untuk memberikan kehidupan yang lebih baik kepada orang-orang di seluruh Globe. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang dipahami.
hubungi kami melalui email: (krugerloans@gmail.com)

Reply
avatar
Zainab Omar
AUTHOR
20 Mei 2016 01.57 delete

Nama saya Mrs Omar Zainab, Saya seorang pemberi pinjaman uang pribadi yang terdaftar sah dalam memberikan pinjaman kepada individu, bisnis pria, wanita dan juga untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan bantuan keuangan di Indonesia dan di seluruh dunia. Kami di sini untuk memberikan baik jangka panjang atau jangka pendek pinjaman, pribadi atau hipotek, pinjaman Anda dapat ditransfer melalui kertas kerja atau check Kami akan memberikan yang terbaik ketika Anda menghubungi perusahaan kami. Di bawah ini adalah email kontak kami
(Zainabomarloanfirm@gmail.com) atau (omarzainabloanfirm@outlook.com)

Reply
avatar
Siti Fajriyah
AUTHOR
22 Mei 2016 18.18 delete

semua orang menjadi sangat carefull dalam laman web ini. saya amat gembira untuk membuat keterangan mengenai bagaimana i mendapat pinjaman saya pemberi pinjaman pinjaman legit, i telah menderita di tangan peminjam internet palsu dalam laman web ini khususnya, saya telah digunakan dalam beberapa firma pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah bertanya kepada saya untuk pembayaran dan selepas pembayaran saya, saya tidak akan mendapatkan apa-apa pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Ghana, UK dan juga India. i dalam kesakitan kerana hutang saya, dan pembayaran yang saya dibayar lain untuk mendapatkan pinjaman yang dibuat hutang saya lebih besar. i amat gembira apabila rakan saya memberitahu saya bahawa dia mendapat pinjaman daripada internet, dia adalah orang yang memberitahu saya tentang Esther Jones Peminjam dari United Arab Emirates, dan saya memohon pinjaman sebanyak RM88,000, saya mengikuti semua prosedur , saya berfikir bahawa saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tetapi saya amat gembira apabila pinjaman saya telah diluluskan dan dihantar ke akaun bank saya secara langsung dalam masa 2 hari menyapu. i telah membayar semua hutang saya sekarang dan i am kewangan yang stabil kerana saya menulis mesej ini. Oleh itu, jika mana-mana anda berada di sini untuk memohon pinjaman, anda perlu menghubungi Esther Jones di Amerika Arab E-mel, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman pinjaman sebenar, yang lain adalah palsu. Hanya ikut semua prosedur dalam Esther Jones dan saya memberi jaminan kepada anda bahawa anda juga akan mendapat pinjaman anda seperti saya dan frined saya. anda perlu bijak supaya anda tidak akan kehilangan wang seperti saya, hubungi Esther Jones kini dalam e-mel mereka jika anda benar-benar memerlukan pinjaman dalam estherjones.lenders@gmail.com
hubungi saya terlalu jadi saya boleh memberi anda maklumat lanjut .. sitifajriyah9988@gmail.com
Terima kasih kasih kerana membaca kesaksian saya dan Membantu saya bersyukur kepada Allah

Reply
avatar
Christy Mark
AUTHOR
23 Mei 2016 14.30 delete


Halo
Hal ini untuk memberitahu Anda bahwa Mrs. Christy Mark , pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki peluang keuangan terbuka untuk semua orang . Kami memiliki hal yang jelas dan mudah dipahami dan kondisi individu , perusahaan dan perusahaan memberikan pinjaman dengan bunga 2 % . Hubungi kami hari ini oleh e -mail : ( chrismazzy99@gmail.com ) Ayo , mari kita mengakhiri masalah keuangan Anda .

Reply
avatar
Elsie Oktavia
AUTHOR
23 Mei 2016 18.17 delete

!!! KABAR BAIK INDONESIA !!!
Nama saya Elsie Oktavia, seorang Muslim oleh agama. Saya menggunakan kesempatan ini untuk memperingatkan para pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati scammers. Saya telah scammed 4 kali oleh beberapa perusahaan pinjaman di internet, sampai seorang teman disebut saya Mrs. Stella Alex yang menyediakan pinjaman EUR100,000.00 dan di atas tanpa tekanan, dalam contoh pertama itu seperti melamun sampai aku pinjaman saya dari Rp750 , 000,000. Saya ingin menggunakan media ini untuk mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk silahkan hubungi Ibu Stella Alex melalui: stellaalexloanfirm@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: elsiaoktavia770@gmail.com
Goodluck UNTUK ANDA SEMUA.

Reply
avatar
24 Mei 2016 04.54 delete

100% Modal Pendanaan / Loan sebesar 3% per Tahun
Hubungi kami sekarang Via Email: usworldloanltd@usa.com

Reply
avatar
24 Mei 2016 05.11 delete

100% Modal Pendanaan / Loan sebesar 3% per Tahun
Hubungi kami sekarang Via Email: usworldloanltd@usa.com

Reply
avatar
Ryan Fletcher
AUTHOR
24 Mei 2016 20.51 delete

Bagaimana saya mendapat Diinginkan Jumlah Pinjaman saya dari Perusahaan Pinjaman Handal dan Trust (adrianfinancefirm@yahoo.com)

Halo semua, Nama saya Ryan Fletcher, saya tinggal di Texas, Amerika Serikat, di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Tuhan, bagaimana dia membuat saya mendapat pinjaman saya dari Adrian Keuangan Badan {(adrianfinancefirm@yahoo.com)} setelah berkunjung scammed Dua kali dari berbagai pemberi pinjaman internasional yang mengaku sebagai pemberi pinjaman di sini, di forum ini, saya pikir pinjaman mereka itu nyata dan saya diterapkan tetapi mereka tidak pernah memberi saya pinjaman. Aku putus asa dan frustrasi sampai seorang teman saya memperkenalkan saya kepada Bapak Alexander Adrian direktur Adrian Keuangan Firm, yang berjanji untuk membantu saya dengan pinjaman dari keinginan saya dan dia benar-benar seperti yang dijanjikan tanpa bentuk keterlambatan, saya punya keraguan tetapi saya tidak pernah merebut untuk percaya. Saya tidak pernah berpikir masih ada diandalkan dan tulus pemberi pinjaman sampai saya bertemu Mr Alexander Adrian, yang benar-benar membantu saya dengan pinjaman sebesar $ 349,000.00usd dan mengubah hidup saya menjadi lebih baik. Aku tahu masih banyak pencari pinjaman luar sana, mencari tidak lebih dan menghubungi Tuhan manusia takut untuk pinjaman hari ini. Mr Alexander Adrian, peduli dan pemahamannya. jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak atau ingin pendanaan untuk proyek-proyek Anda cepat dan cepat, Jadi jangan ragu untuk menghubungi Adrian Badan Keuangan melalui alamat email (adrianfinancefirm@yahoo.com) atau Teks: 1 205-291-2541. Saya percaya dia juga akan membantu Anda karena ia telah membantu banyak orang di seluruh dunia, Terima kasih.

Reply
avatar
Ayesha Sadeeq
AUTHOR
24 Mei 2016 21.44 delete

Halo, aku Mrs. Ayesha Sadeeq, manajer Pinjaman Sadeeq invetments, Apakah Anda dalam utang yang buruk? Anda ingin memperluas bisnis Anda, membayar tagihan Anda, renovasi rumah, atau jika Anda perlu tujuan keuangan assistance.Our adalah untuk memberikan kehidupan yang lebih baik kepada orang-orang di seluruh Globe dengan tidak ada biaya untuk kebijakan aplikasi pinjaman Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga 2% kepada individu dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang dipahami.
hubungi kami melalui email: (sadeeqinvestmentplan@gmail.com)

Reply
avatar
Maria Jorge
AUTHOR
25 Mei 2016 01.28 delete

Apakah Anda mencari pinjaman? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Terbatas memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui: (augustaibramhim11@gmail.com)

Reply
avatar
26 Mei 2016 19.58 delete

Halo Dear, Aplikasi Kredit
Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman @ 2%? Jika ya,? email kami sekarang untuk informasi lebih lanjut tentang uang yang Anda butuhkan sebagai pinjaman. Sekarang silahkan hubungi kami di: flooresloaningcoperate@gmail.com bersama-sama dengan informasi di bawah.
Penawaran kami $ 3,000.00 ke $ 20,000.000.00 juga berlaku untuk informasi lebih lanjut
{Lengkapi formulir di bawah pinjaman}
Nama Anda: ===========
COUNTRY: ===========
NEGARA ===========
ALAMAT: ===========
GENRE: ===========
Jumlah yang dibutuhkan: ===========
PERIODE: ===========
NOMOR TELEPON: =========== ============

Hubungi kami di e-mail ini: flooresloaningcoperate@gmail.com Salam

akun yang lebih baik dari perusahaan yang sah.

Reply
avatar
maris fatma
AUTHOR
27 Mei 2016 04.19 delete

Halo, aku Mrs. Maris Fatma, pinjaman perusahaan pinjaman pribadi. Kami adalah pakar dalam
memberikan pinjaman ke akhir tahun, pinjaman Natal, pinjaman baru untuk
Anda membayar kembali koperasi pinjaman bahwa Anda berada di sekarang, kami meminjamkan
seumur hidup kesempatan bagi Anda untuk membayar tagihan Anda dan pinjaman pribadi dan memiliki
bisnis. pinjaman kepada individu dan perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah
2%. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail:
(Marisfatmaloancompany@gmail.com)

Reply
avatar
27 Mei 2016 04.27 delete

Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya mendapat dibakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal yang disebut pinjaman tanpa jaminan AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM sebesar Rm 250 juta dalam waktu kurang dari 14 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dan belajar lession dari kesalahan mereka. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda dapat juga menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan

Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Reply
avatar
Prince Joe
AUTHOR
27 Mei 2016 05.33 delete

Apakah Anda memiliki semua jenis masalah keuangan? Apakah Anda Perlu pinjaman untuk membayar
utang off? adalah Anda dalam krisis keuangan? mempercayai kami untuk memperlakukan semua jenis
pinjaman, lihat di bawah. Kami terdaftar dan
Perusahaan berwenang untuk mengeluarkan pinjaman sebesar 2%, dengan durasi minimal
6 bulan dan durasi maksimal 30 tahun.
Kami memberikan pinjaman untuk minimum pada tahun 2000 untuk maksimal 50 juta.
menawarkan layanan yang berbeda BAWAH *
Pinjaman pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
* Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
* Perbaikan rumah
* Pinjaman Inventor
* Auto Pinjaman
* Pernikahan Mortgage
* Kesehatan Loan, dll
Jadi .. jika Anda tertarik, silakan kembali ke kami melalui email kami
princejoeloanfirm@gmail.com
Allah segala sesuatu mungkin

Reply
avatar
Glory Chilly
AUTHOR
29 Mei 2016 17.56 delete

Halo,
Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: gloryloanfirm@gmail.com. mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________

silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

Reply
avatar
31 Mei 2016 22.17 delete

Kami adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
masalah, jika Anda memiliki kekacauan finansial dan Anda perlu dana untuk
memulai bisnis Anda sendiri atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
tagihan, memulai bisnis yang baik atau Anda merasa sulit
mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via e - email
rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

Reply
avatar
maris fatma
AUTHOR
1 Juni 2016 02.41 delete

Halo, aku Mrs. Maris Fatma, pinjaman perusahaan pinjaman pribadi. Kami adalah pakar dalam
memberikan pinjaman ke akhir tahun, pinjaman Natal, pinjaman baru untuk
Anda membayar kembali koperasi pinjaman bahwa Anda berada di sekarang, kami meminjamkan
seumur hidup kesempatan bagi Anda untuk membayar tagihan Anda dan pinjaman pribadi dan memiliki
bisnis. pinjaman kepada individu dan perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah
2%. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail:
(Marisfatmaloancompany@gmail.com)

Reply
avatar
CARO WHITE
AUTHOR
3 Juni 2016 18.13 delete

KESAKSIAN mengamankan A PINJAMAN DARI PRUDENT DAN RAHASIA KREDIT LAYANAN, ANDA TERLALU BISA MENJADI bagian dalamnya!

Halo Setiap Satu, saya Mrs. Caro Putih dengan nama, warga negara Amerika Serikat. Aku segera ingin menggunakan media ini untuk menyiarkan kesaksian bagaimana Tuhan membawa saya ke pemberi pinjaman dan pinjaman nyata Legit yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, dari tingkat kemalangan untuk wanita sukses yang sekarang dapat membanggakan kaya, hidup bahagia kaya dan sehat tanpa stres atau kesulitan keuangan. Hari ini saya sekarang dianggap sebagai wanita kehormatan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, itu tidak berhasil dan saya kebetulan jatuh di tangan penipuan, yang scammed saya jumlah $ 2000. Dan ketika hal ini terjadi, saya jadi bingung dan putus asa dan berdoa kepada Tuhan untuk mencari saya untuk nyata, legit dan asli pemberi pinjaman kredit online yang tidak akan menambah rasa sakit saya. Jadi aku memutuskan untuk memanggil seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas tentang masalah ini dan untuk kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr Russell Raymond yang merupakan CEO dari RAYMOND RUSSELL INTERCONTINENTAL FINANCE WORLDWIDE. Jadi saya mengajukan pinjaman untuk jumlah ($ 506,000.00), dengan tingkat bunga serendah 3% per tahun, dan saya memberi mereka corporation maksimum dan mematuhi petunjuk yang diberikan kepada saya oleh Lembaga, dan segera, pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres atau keterlambatan, dan semua persiapan yang dibuat mengenai kredit transfer dan dalam waktu kurang dari dua (2) hari dari pinjaman disetorkan ke Rekening Bank saya. orang saya jauh dan dekat, apakah ini bukan kesaksian besar? Ini sekarang membuat saya percaya bahwa di mana ada yang buruk masih ada yang baik dan jujur. Jadi saya ingin saran Anda yang ada yang ingin mengamankan nyata dan pinjaman asli, untuk silahkan hubungi Russell Raymond Intercontinental Keuangan melalui alamat email berikut: (Russellintercontinentalfinance@gmail.com), saya selalu berdoa agar Tuhan di Sorga untuk memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Sekali lagi, berhati-hatilah saat mencari pemberi pinjaman pinjaman online banyak yang penipuan! Satu hal yang saya selalu memberitahu orang-orang adalah bahwa mengajukan pinjaman di lembaga ini, Anda harus memiliki itikad baik Utmost dan Trust layak.

Terima kasih dan Tuhan memberkati

Tertanda
Ibu Caro Putih

Reply
avatar
lisa ivan
AUTHOR
27 Oktober 2016 16.48 delete

halo saudaraku dan adik saya harap berhati-hati tentang bagaimana Anda mengajukan pinjaman di internet karena hampir pemberi pinjaman di internet adalah semua palsu dan mereka yang bersaksi adalah testifers semua palsu yang merupakan karya tangan dari orang-orang yang sama yang mengaku menjadi pemberi pinjaman tetapi hanya untuk merobek orang yang membutuhkan bantuan mereka uang mendapatkan keras saya adalah korban untuk banyak dari pemberi pinjaman palsu dan saya penipuan lebih RM15,000 karena saya sedang membutuhkan uang untuk melunasi utang saya dan meningkatkan bisnis saya lagi saya surffer sakit banyak dari ini orang palsu yang mengaku sebagai pemberi pinjaman sampai saya memperkenalkan kepada ibu Dewi Ahmad oleh seorang teman dari reza cindy saya yang mengatakan kepada saya bagaimana dia mendapat pinjaman nya dari ibu Dewi Ahmad perusahaan maka saya menghubungi ibu tapi masih takut dalam diri saya karena pengalaman masa lalu saya dan saya menghindari menjadi korban pemberi pinjaman palsu ini dan teman saya itu dia mendapat pinjaman dari padanya dan saya dapat melihat bukti dalam dirinya dan shoowed saya bukti yang loanwas nya trasfer padanya dan saya mengajukan formulir permohonan pinjaman dan dalam waktu kurang dari 24 jam saya mendapat pinjaman saya di kredit saya itu seperti mimpi untuk saya tidak pernah percaya bahwa ada pemberi pinjaman kredit benar dalam internet tapi todaythe ibu Dewi Ahmad telah menempatkan mengakhiri ketidakstabilan keuangan saya dan sekarang iand keluarga saya hidup bahagia itu sebabnya saya memutuskan untuk membuat kesaksian ini sehingga Anda orang kita sangat hati-hati tentang bagaimana Anda mengajukan pinjaman karena hampir semua pemberi pinjaman ini semua palsu sehingga Borthers sayangku dan adik jika Anda membutuhkan pinjaman silakan tidak membuat kesalahan terburu-buru sekarang dan hubungi ibu Dewi Ahmad sekarang di via email dewiahmad.loanfirm@gmail.com nowyou juga dapat menghubungi saya di lisaivan070@gmail.com
terima kasih dan Tuhan memberkati Anda semua

Reply
avatar
9 November 2016 12.02 delete

Hello, Saya Puan Romina Elizabeth wang pemberi pinjaman swasta, Adakah anda dalam hutang yang tidak baik? Adalah keperluan peningkatan standard kewangan anda, pinjaman Krismas, saya Beroperasi yang berdaftar dan kerajaan institusi kewangan yang diluluskan. Saya memberi pinjaman kepada syarikat-syarikat dan individu pada kadar yang lebih rendah sebanyak 2%. Saya memberi pinjaman melalui pemindahan akaun dan tidak memerlukan banyak kertas kerja. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mel:
(Rominaelizabethloanfirm@gmail.com). Datang dan mengalami perbezaan dalam perkhidmatan kami.

Reply
avatar
9 November 2016 13.52 delete

Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Reply
avatar
widaya
AUTHOR
13 November 2016 19.05 delete

Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

Reply
avatar
Sulis Susanti
AUTHOR
23 November 2016 16.59 delete

Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

Reply
avatar
27 November 2016 02.04 delete

Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Reply
avatar
Sulis Susanti
AUTHOR
30 November 2016 01.10 delete

Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

Reply
avatar
6 Desember 2016 02.04 delete

JANGAN Ignor SARAN INI
Halo setiap orang yang melihat ini di seluruh dunia, situs ini memiliki banyak scammers, lakukan akan menipu seperti saya lagi, saya punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pinjaman saudi. Aku baru saja pinjaman dari AASIMAHA Adila PINJAMAN PERUSAHAAN sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian satu Mrs mimosa Wijayanti dari Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang ^aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com^~~V jadi saya langsung email mereka dan mereka menanggapi email saya . Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya untuk bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah, pinjaman dari $ 620.000 dolar amerika serikat i diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak pada tingkat 1% saya mendapat cepat Ada biaya. Tidak ada penjamin diperlukan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari jumlah mendesak tulus untuk mendapatkan pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin terutama terima mimosa Wijayanti untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silahkan menyebarkan berita baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. terima kasih, email mereka lagi ^aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
^, Kontak saya adalah omogbudeabundance@gmail.com,
 Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, biaya transfer, biaya asuransi, biaya hipotek, kartu ATM pin dan biaya pajak, becareful, semua adalah scam. mungkin allah memberkati Anda semua.

Reply
avatar
9 Desember 2016 12.21 delete

Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Reply
avatar
Mrs Tracy
AUTHOR
9 Desember 2016 17.57 delete

Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

Reply
avatar

My Instgram