Ketika Sistem CAT BKN Dipuji Dunia



Kita baru saja melewati salah satu momen penting nggak penting di negeri ini. Momen penuh drama yang diawali dengan euforia, tetapi berakhir dengan banyak orang yang pulang dengan tangan hampa. Momen tersebut tak lain dan tak bukan adalah seleksi CPNS 2018. Dengan diikuti oleh lebih kurang empat juta peserta dari seluruh Indonesia di berbagai instansi dan berbagai formasi, ini membuktikan bahwa menjadi PNS masih menjadi pekerjaan idola kaum milenial. Termasuk  teman-teman sekantor saya yang berstatus non-PNS (seperti saya, uhuk), kenalan, dan bahkan adik saya juga ikut PNS tahun ini. Mungkin belum rezekinya di PNS, kebetulan semua teman dan kenalan dan kerabat tidak ada yang lulus. Penyebabnya tentu saja karena tidak memenuhi nilai passing grade sesuai yang diminta, padahal saya tahu sebagian dari mereka sudah berusaha mati-matian dan habis-habisan. Mulai dari belajar secara otodidak dari buku-buku, video-video, bahkan ada yang sampai mengeluarkan uang dalam jumlah banyak untuk membayar tutor untuk belajar secara privat. Wow!

Walau ada yang melemparkan kritikan karena menilai passing grade score yang dianggap terlalu tinggi sehingga banyak pelamar yang tidak lulus, tetapi di sisi lain, saya pribadi sangat mengapresiasi cara kerja CAT (Computer Assisted test). Hal ini pernah saya bincangkan dengan suami saya usai melihat cara kerja perekrutan CPNS kali ini. Maklum, ketika pertama kali CAT dipakai saat perekrutan CPNS tahun 2014, saya sedang tidak di Indonesia. Apa saja? CAT membuat sistem rekrutmen CPNS berjalan lebih transparan, adil, dan akuntabel. Adik saya misalnya. Dia adalah seorang guru honorer di Pulau Simeulu Aceh, mengajar mata ajar Kimia di sebuah sekolah negeri. Karena sudah lama tinggal dan menikah dengan orang Simeulu, tentu saja pilihannya menjadi CPNS adalah di sebuah sekolah di Simeulu juga. Usai mendaftarkan diri dan melewati tahap untuk mengikuti tes CPNS, adik saya langsung mengetahui berapa orang sainganya untuk jatah satu orang guru di sekolah sasaran. Demikian juga ketika selesai mengikuti tes, hasil CAT langsung menyatakan dia tidak lulus karena nilai TKP yang sedikit lagi tidak mencukupi. Tentu saja dia sedih karena cita-citanya adalah menjadi guru PNS. Tetapi di sisi lain, hatinya menjadi sedikit terhibur karena saingannya di sekolah sasaran juga tak satupun ada yang lulus. Hahaha. Terhibur karena nilai TKP-nya enggak jelek-jelek amat. Jika dilakukan perangkingan, besar kemungkinan dia akan lulus.


Melihat pengalaman pelamar CPNS tahun ini, saya jadi teringat akan pengalaman ketika di tahun-tahun lalu pernah mengikuti tes CPNS juga. Tetapi tahulah bagaimana sistem di zaman dahulu kala itu. Sangat sarat dengan KKN dan ketika itu kami menunggu pengumuman kelulusan dalam waktu lama.

CAT bukan istilah baru lagi di kalangan pelamar CPNS saat ini. Hasilnya yang jujur apa adanya meskipun itu terasa menyakitkan karena tidak lulus, lol (coret), kabar baiknya, transparansi CAT menuai pujian dari dunia internasional.  Oktober lalu, Bank Dunia merilis "Global Report: Public Sector Performance" dengan salah satunya menobatkan CAT sebagai produk unggulan Indonesia kategori Civil Service Management yang berhasil mereformasi kualitas sistem rekrutmen CPNS di Indonesia.

In Indonesia, the Civil Service Agency (BKN) succeeded in introducing a computer-assisted testing system (CAT) to disrupt the previously long-standing manual testing system that created rampant opportunities for corruption in civil service recruitment by line ministry officials. Now the database of questions is tightly controlled, and the results are posted in real time outside the testing center. Since its launch in 2013, CAT has become the defacto standard for more than 62 ministries and agencies."
– Kutipan summary report Bank Dunia

Menurut Edwin Ariadharma, Perwakilan World Bank Indonesia, terpilihnya  CAT BKN mewakili Indonesia, selain karena kepercayaan publik atas transparansinya, CAT juga dinilai sudah memenuhi unsur Improving Public Sector Performance dengan empat aspek utama sebagai produk inovasi di sektor publik, yaitu:
-       Aspek political leadership, diinisiasi oleh Kepala BKN tahun 2010 hingga ditetapkan penggunaannya dalam proses perekrutan CPNS oleh Wakil Presiden tahun 2014, hingga kini CAT telah digunakan dalam dua kali proses perekrutan CPNS
-       Aspek teknologi, pemanfaatan dan pengembangan teknologi untuk mereformasi sistem rekrutmen. Reformasi mental dimulai dari reformasi birokrasi yes.
-       Aspek transparasi, dalam hal ini, proses rekrutmen CPNS bisa dipantau langsung oleh masyarakat. No tipu-tipu, no manipulasi!
-       Aspek kapasitas institusi, CAT dinilai siap baik dari sisi infrastruktur dan skema mekanisme tes sebelum diaktualisasikan secara nasional dalam proses perekrutan CPNS

Keren kan ya produk inovasi Indonesia. Semoga menyusul dengan produk-produk inovasi lainnya di kancah dunia. Terakhir, saya ucapkan selamat untuk CAT BKN atas penghargaan ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

8 comments

Write comments
21 November 2018 15.46 delete

Kak Hacky kelihatan kayak adik dibandingkan adiknya sendiri, alias lebih muda Kak Hacky. Hehehe

Reply
avatar
1 Januari 2019 12.52 delete

Udah bagus juga sistemnya ya kak, mudah-mudahan jadi pemicu semangat untuk dapat PNS yang bagus

Reply
avatar
zalina dianto
AUTHOR
30 Juli 2019 17.46 delete

WhatsApp ::: + 447456405237
DAFTAR SEKARANG:info@aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
situs web ::: https: //www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site

Berita Mendesak! Berita Penting !! Berita Penting
Nama saya Zalina Dianto, saya telah mengirim pesan di blog ini 3 tahun yang lalu. Saya ingin memberi tahu semua orang bahwa semua kesaksian pinjaman dan saran pinjaman semuanya palsu dan semua pembohong. Saya ditipu oleh banyak orang di blog ini, Sebelumnya , saya diperkenalkan ke perusahaan pinjaman terkemuka yang terdaftar dan memiliki situs web. Perusahaan pinjaman ibu muslim terkemuka memberi saya pinjaman sebesar RP 3,5 Triliun dengan tingkat bunga sangat rendah 1%. AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM PERUSAHAAN NYATA DAN 100% TERJAMIN. tolong, saya punya banyak expirience dengan pemberi pinjaman pinjaman palsu saya telah menunjukkan bagaimana mengetahui pemberi pinjaman palsu, harap baca ini akan membantu dan menyatukan Anda .insya allah
BAGAIMANA CARA MENGETAHUI KREDIT PINJAMAN YANG PALSU
(1) Peminjam palsu tidak perlu meminta collatera dan tidak ada situs web
(2) Peminjam palsu tidak memiliki sertifikat bisnis
(3) Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk pinjaman
(4) Peminjam palsu tidak menggunakan gmail, tidak ada domine
(5) Peminjam palsu tidak memiliki alamat kantor fisik
(6) Pemberi pinjaman palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya trans
Daftar Sekarang "<<<<<<<< (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
Untuk info .... zalinadiato@gmail.com

Reply
avatar
nadia sisworo
AUTHOR
1 Agustus 2019 21.31 delete

Saya ingin memulai dengan bersyukur kepada Tuhan atas karunia kehidupan.
Nama saya Nadia Sisworo dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang ibu Rossa Stanley Favor perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya manis.
Saya mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima gaji saya.
Dan saat itulah hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
Tetapi ketika saya berpikir hidup saya sudah berakhir, saya benar-benar mencoba bunuh diri, saat itulah ALLAH menggunakan teman saya dan Neighbor Annisa aBerkarya yang sekarang pindah ke Singapura, dia membantu saya untuk menghubungi ibu Rossa Stanley yang katanya seorang teman dari India menghubungkannya dengan ibu Rossa, jadi saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen saya yang saya ajukan dan sebelum saya mengetahuinya permintaan pinjaman saya untuk Rp120.000.000,00 disetujui, sebelum itu saya telah mencoba tiga perusahaan pinjaman online yang berbeda tetapi tidak ada bantuan positif, tetapi ibu rossa Stanley melalui perusahaan pinjamannya ROSSATANLEYLOANCOMPANY mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan bahwa sampai saya mati saya akan terus membagikan kisah ini sehingga sesama warga negara saya dapat memperoleh manfaat darinya, jangan hubungi pemberi pinjaman palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita pinjaman palsu, Setelah itu saya proses persetujuan kredit selesai dan saya menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyatakan bahwa saya harus memberikan rincian bank saya. Saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman yang saya minta. mother rossa stanley adalah satu-satunya pemberi pinjaman nyata, tulus dan tulus di seluruh dunia jadi jangan ragu untuk menghubungi ibu Rossa Stanely di saluran ini

ROSSASTANLEYLOANCOMPANY@GMAIL.COM
TEKS MEREKA HANYA 12133153118

Ini adalah kesaksian saya dan dapat diverifikasi dengan rincian akun saya yang di bawah jika Anda ragu

itulah bagaimana hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi berita sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan yang baik yang mengubah situasi saya.
Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya kepada saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: nadiasisworo@gmail.com
Dan di bawah ini adalah detail akun saya yang dikreditkan dengan pinjaman dari rossastanleyloancompany,

Alamat bank: Cabang Jatinegara Jakarta Timur
Nama akun: Nadia Sisworo
Nomor akun: 0504482516
Nama Bank: Bank Negara Indonesia (BNI)

Reply
avatar
Ahmed Neni
AUTHOR
11 Agustus 2019 12.30 delete

Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com
🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧
Selamat siang

Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

BBM: D8E814FC

Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

Allahu akbar

Reply
avatar
Ahmed Neni
AUTHOR
11 Agustus 2019 12.33 delete

Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com
🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧
Selamat siang

Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

BBM: D8E814FC

Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

Allahu akbar

Reply
avatar
Sarah
AUTHOR
14 Oktober 2019 16.05 delete

Halo semuanya, nama saya Sarah Adia dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada ALLAH yang telah mewujudkan impian saya, saya telah mencari pinjaman selama 2 tahun terakhir sekarang sampai teman saya yang namanya LILOW BELUM memperkenalkan saya kepada Anthony Yuliana Lenders pemberi pinjaman yang andal, di mana saya akhirnya mendapatkan pinjaman sebesar Rp350 juta, saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum Anthony Yuliana Lenders mentransfer pinjaman sebesar Rp350 juta ke dalam akun saya, saya akan suka untuk menggunakan kesempatan ini untuk menasihati mereka yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena 70% dari pemberi pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata. jika Anda tertarik pada pinjaman, saya ingin memberi nasihat bahwa Anda harus menghubungi pemberi pinjaman yang andal melalui email (anthony.yulianalenders@gmail.com)
atau melalui BBM INVITE (E37F9BCC)
  atau melalui whatsapp +13234026088,
  email saya untuk informasi lebih lanjut (sarahadia234@gmail.com)

Reply
avatar

Instagram @fardelynhacky