Ultrabook New Series, Ultrabook Terbaru dari Samsung


Meskipun notebook yang saya pakai sekarang memiliki sejarah yang sangat berarti buat saya, namun sudah lama saya berpikir ingin menggantinya dengan yang baru; yang lebih tipis, lebih ringan, lebih seksi, pokoknya yang desainnya eleganlah. Niat ini menjadi tertunda karena selama ini saya berada di luar negeri. Bukankah saya bisa membelinya di luar negeri? Bukan apa-apa, niat saya ini dibarengi dengan niat lainnya, yaitu jika saya sudah membeli notebook baru, maka notebook lama (yang masih saya pakai sekarang) akan saya berikan untuk adik saya yang tahun ini menjadi mahasiswa di tingkat pertama sebuah universitas. Selain itu, tak elok rasanya pada saat pulang ke Indonesia saya membawa dua notebook sekaligus, yang lama dan yang baru. Apalagi notebook jadul saya ini, yang saya beli pertengahan 2007 lalu, beratnya minta ampun deh.  
Waktu itu, bisa punya laptop atau notebook adalah sesuatu yang wah.  Masih langka. Hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja, misalnya akademisi, orang kantoran, atau orang-orang yang berduit saja. Saya sendiri cukup beruntung bisa memiliki komputer jinjing  dengan tanpa meminta uang dari orangtua, meskipun saat itu saya masih mahasiswa. Dengan kegiatan dunia tulis menulis yang saya geluti sejak 2005, saya bisa membeli notebook tanpa memintanya dari orangtua. Kini, sudah enam tahun notebook hitam ini bersama saya. Sebagian besar tulisan saya, saya ketik di notebook ini. Sebagai penulis, saya merasa sangat terbantukan dengan adanya teknologi komputer jinjing ini, sehingga bisa dibawa ke manapun saya pergi.  Begitu ada ide untuk menulis, saya bisa langsung menuliskannya di notebook saya, di manapun saya berada. Namun karena agak berat, saya merasa agak kurang cocok dengan tubuh mungil saya. Saya merasa cepat lelah jika membawanya.
Sejak April lalu, saya sudah kembali ke Indonesia. Saat saya sedang browsing spesifikasi notebook terbaru lewat internet, saya terdampar ke website-nya Samsung. Dan kebetulan sekali Samsung sedang mengadakan lomba blog review produk terbaru mereka, yaitu Samsung Ultrabook New series 5 Ultra dan Samsung Ultrabook New series 7 Ultra. Wah, saya menjadi sangat tertarik dengan produk yang mereka tawarkan ini. Tampilannya itu yang bikin saya jatuh cinta; ringan dan sangaaat tipis.
As we know, selama ini Samsung sudah membuktikan bahwa mereka adalah raja di bidang gadget dan smartphone. Lihat saja beragam gadget dan smartphne yang menyerbu pasar teknologi sekarang, produk-produk tersebut didominasi oleh Samsung. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini sedang berjaya di beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia. Dan dengan hadirnya dua produk inovasi terbaru dari Samsung ini, Samsung seolah ingin membuktikan bahwa mereka tetap terdepan dalam teknologi komputer dan gadget.  Produk terbaru Samsung ini adalah Ultrabook.
Apa itu ultrabook?
1.    Ultrabook adalah notebook dengan desain yang tipis, dengan ketebalan uantara 3 mm diukur dari sisi tertipis dan memiliki berat antara 1,12 kg sampai 1.36 kg. Ultrabook telah menggunakan processor core i5 dan core i7. Selain itu baterai ultrabook tidak dapat dilepas dan sudah menyatu dengan casing atau unibody (Wikipedia)
2.    Ultrabook merupakan perangkat PC terbaru, super tipis, dan lebih ringan dari notebook biasa. Ultrabook memadukan kekuatan dan kegunaan sebuah notebook dengan kemampuan yang responsif, ukuran dab berat yang setara dengan tablet (www.intel.co.id)  
Nah, sudah tahu kan sekarang apa bedanya Ultrabook dengan notebook atau laptop biasa. Tanpa basa-basi lagi, yuk kita tilik apa saja kelebihan dua produk Ultrabook terbaru dari Samsung ini.

The Ultimate Design for On the Go
Yang pertama adalah Samsung Ultrabook New series 5 Ultra. Samsung Ultrabook New series 5 Ultra memiliki berat hanya yang 1,52 Kg, jauh lebih ringan dibandingkan notebook jadul saya sehingga saya rasa tipe ini cocok bagi siapa saja yang suka menenteng-nenteng notebook ke mana-mana. Selain mudah dibawa ke mana-mana, pertimbangan lainnya adalah apakah ini aman jika dibawa ke manapun. Nah, Anda tidak perlu khawatir soal kemananan. Dengan taglineProfessional Durability & Style’, Samsung Series 5 ULTRA menggabungkan gaya profesional dan ketahanan dengan kecanggihan eksterior yang terbuat dari cool metallic dan bagian bawah terbuat dari  fiber glass, sehingga aman dibawa ke manapun. Kedua material eksterior ini bersifat ringan, tidak membuat berat, dan lebih penting lagi, notebook Anda akan terlindung dari benturan, goncangan, atau kerusakan saat Anda bepergian. Wow, cool!
Samsung Ultrabook New series 5 Ultra
 
Bagituuuuuuuu...tipis.
Bentuknya yang tipis memang khusus didesain bagi mereka yang suka bepergian dengan notebook. Ini nih saya banget, suka bepergian tapi tetap pengen bawa notebook. Lalu bagaimana dengan charger-nya? Saya sendiri kadang suka kesal jika ketika saya sedang dalam pesawat, kereta api, atau bus, sementara saya berinteraksi dengan notebook (apakah menonton atau membaca jika posisi saya tertidur seperti dalam kereta api), lalu tiba-tiba notebook-nya mati karena baterai yang sudah tidak tahan lagi. Nah, Samsung memberi solusi  On the Go – Without Stopping to Recharge. Dengan ketahanan baterai hingga 7 jam, Anda tidak perlu khawatir pekerjaan Anda akan terganggu. Canggihnya lagi, teknologi Samsung Battery Life Plus memiliki battery life hingga 1.500 cycles/3 tahun. Apa arti angka tersebut? Jadi begini, umur sebuah baterai biasanya dihitung berdasarkan life/chargecycle-nya. Setiap kali baterai habis dipakai dan di-charge ulang sampai satu kali pengisian penuh, itu dihitung sebagai 1 kali life/charge cycle. Contohnya nih, kapasitas baterai notebook anda adalah 1000 mAh (milli ampere hours), maka setiap satu kali  life/chargecycle-nya (satu kali pengisian penuh), baterai tersebut harus menghabiskan 1000 mAh juga. Bila cuma digunakan 500 mAh misalnya, dan lalu diisi ulang kembali, maka setelah anda menghabiskan 500 mAh lagi, baru itu dianggap sebagai 1 kali life/chargecycle-nya. Untuk baterai, mAh menunjukkan kapasitas tenaga yang dapat disimpan dan diberikan alat tersebut untuk menggerakkan gadget atau notebook. Besaran angka life/chargecycle ini lebih untuk menunjukan seberapa lama alat tersebut mampu bertahan dalam penggunaan yang terus-menerus. Itu artinya, semakin besar angka mAh berarti semain besar pula kapasitas baterai gadget atau notebook Anda, dan semakin besar mAh tentu semakin lama pula daya tahan baterai tersebut. Artinya lagi, semakin besar kapasitas mAh baterai Anda, maka akan semakin lama pula kemampuan gadget atau notebook Anda bertahan tanpa diisi ulang.  Saat ini, umumnya baterai memiliki kapasitas 1000 mAh.
Jadi, dengan kapasitas baterai sebesar 1.500, Samsung Ultrabook terbaru ini bisa bertahan lebih lama. Sangat cocok seandainya dibawa bepergian seharian ke tempat-tempat yang jauh dari sumber listrik untuk isi ulang baterai. 

Samsung Fast Solutions
Dengan tagline Samsung Fast Solution, Samsung menawarkan berbagai kecepatan akses yang dimilikinya mulai dari menyalakannya hingga kecepatan akses saat anda melakukan browsing. Samsung seri ini bisa menyala dalam waktu 2 detik saja dari keadaan sleep mode. Bayangkan waktu secepat itu, hanya seperti sekedipan mata. Hanya sekali menutup dan membuka kelopak mata, notebook-nya sudah menyala. Begitu juga pada saat Anda sedang browsing, kecepatan browsing-nya menjadikan halaman web yang sering dilihat akan dijalankan 2 kali lebih cepat. Hingga Anda tak perlu melihat halaman kosong saat menunggunya, atau membuka halaman lainnya untuk menunggu halaman yang Anda buka selesai dibuka. Tinggal bookmark saja web-web yang sering Anda kunjungi lalu nikmati kecepatan aksesnya. Dengan kecepatan seperti ini, waktu Anda tentu akan lebih efisien dalam bekerja atau having fun dengan notebook Anda. Rasakan nikmatnya kecepatan mengakses notebook dari mulai meng-start notebook hingga Anda menyelesaikan semua urusan Anda dengan notebook ini. Excellent!


Expandable and upgradable features
Samsung Series 5 ULTRA memiliki HDD (max 500GB) dengan kapasitas 2 kali lipat lebih besar dibandingkan notebook tipis lainnya dan memiliki memori hingga 4 GB yang dapat di-upgrade. Jadi tidak perlu khawatir jika Anda memiliki banyak data dan file-file penting yang harus disimpan dalam notebook Anda. Dengan adanya upgradable features, ini akan sangat  membantu Anda untuk secara lebih efektif melakukan multi-tasking.  Sepertinya, notebook ini akan menjadi solusi yang cerdas untuk penggemar film dan musik seperti saya. Buat saya yang belum memiliki extension hardisk dan pencinta drama-drama Korea, pilihan notebook dengan kapasitas menyimpan file yang besar, tentunya menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli notebook. Dengan Samsung Ultrabook New series 5 Ultra, saya tentunya tak perlu khawatir jika ingin men-download drama Korea yang berpuluh-puluh episode itu dan saya tak tahu menyimpan di mana. Great!

Samsung Superior Display Technology
Samsung Series 5 ULTRA memiliki layar Anti-Reflective dengan Super Bright Screen dan teknologi Image Enhancer. Dengan teknologi layar Super Bright, mata Anda akan dimanjakan saat melihat tampilan foto-foto, video, dan apapun dokumen yang anda miliki, yang kesemuanya akan terlihat sangat menakjubkan. Super Bright ini memiliki layar 50%, lebih cerah, yang membuat Anda mampu melihat warna-warna cerah tanpa silau. Anda mungkin pernah melihat image di komputer atau notebook yang warnanya sangat cerah sehingga membuat mata Anda silau dan lelah ketika melihatnya. Dan layar seperti ini hanya ada di  Samsung Series 5 ULTRA. Ditambah dengan adanya tambahan layar Anti-Reflective, Anda bisa menikmati video dan image dengan sangat jelas bahkan saat Anda berada di bawah matahari tanpa didera rasa lelah. Yang bikin menakjubkan, tampilan resolusi HD tinggi Samsung Series 5 ULTRA akan memberikan area tampilan gambar yang lebih luas, serta gambar dan teks yang sangat tajam. Jadi, Anda tak perlu harus menatap tak berkedip pada layar notebook Anda ketika sedang menimmati film atau image. Semua bisa Anda nikmati sambil mengerjakan pekerjaan lain, seperti menyeterika misalnya, tanpa harus kehilangan setiap detail kecil dari gambar dan film favorit Anda.  Satu lagi kelebihannya, yaitu adanya Speaker stereo JBL. Dengan Speaker stereo JBL, Anda akan dimanjakan dengan kualitas suara yang super duper keren. Dengan adanya teknologi speaker ini, rasakan sensasi menonton film seolah-olah Anda sedang berada di bioskop beneran.  Awesome!

Nah, saya sudah membahas apa saja kelebihan yang dimiliki ultrabook terbaru  Samsung Ultrabook New series 5 Ultra. Selanjutnya mari kita lihat apa saja spesifikasi yang dimiliki oleh ultrabook seri ini. Melihat spesifikasi apa saja yang dimiliki sebuah notebook, adalah hal penting saat Anda ingin membeli notebook baru. Chek it out data di bawah ini, ya! (Sumber: www.samsung.co.id

Sistem Operasi
Windows 8 (64-bit)
Display
Super Bright 300nit HD LED Display (1366 x 768), Anti-Reflective
Ports
ü  1 VGA (VGA Adapter Option)
ü  1 HDMI
ü  1 USB3.0, 2 USB2.0 (Sleep-and-Charge)
ü  3-in-1 (SD, SDHC, SDXC) Multi-media Card Reader
ü  1 Headphone out/Mic-in Combo
ü  1 RJ45 (LAN)
ü  1 DC-in
Dimension
315,1 x 218,9 x 14,9 ~ 17,6mm (12,41" x 8,62" x 0,59" ~ 0,69")
Processor/Chipset
ü  Intel® Core™ i3 Processor 3217U (1,80GHz, 3MB L3 Cache)
ü  Intel HM76
Memori
ü  4GB DDR3 System Memory at 1.600MHz (on BD 4GB)
ü  1 SODIMM
Multimedia
ü  Stereo Speakers ( 2W x 2 )
ü  SoundAlive™
ü  Internal Mic
ü  1,3 megapixel HD Webcam
Input
ü  Island-type keyboard
ü  Touchpad
Berat
1,52Kg (3,35lbs)
Grafis
Intel® HD Graphics 4000
Hard Drive
500GB S-ATAII Slim Hard Drive (5.400RPM) with ExpressCache 24GB
Komunikasi
ü  Intel® Centrino® Advanced-N 6235, 2 x 2 802.11abg/n (up to 300Mbps)
ü  Widi Support
ü  Bluetooth V4.0
ü  Gigabit Ethernet [10/100/1.000]
Power
ü  4 Cell (45Wh)
ü  40 W AC Adapter
Perangkat lunak
ü   S Player
ü   S Gallery
ü   S Camera
ü   PowerDVD
ü   Settings
ü   Support Centre
ü   SW Update
ü   Recovery
ü   Norton Internet Security (60 days Trial)
ü   Norton Online Backup (30 days Trial)
ü   Software can be changed without notice.
Multimedia
ü   JBL Stereo Speakers (2W x 2)
ü   SoundAlive™
ü   Internal Digital Mic
ü   720p HD Web Camera

Nah, saya sudah mereview tentang Samsung Ultrabook New series 5 Ultra.  Lalu bagaimana dengan kembarannya Samsung Ultrabook New series 7 Ultra? Sebenarnya, kedua seri ultrabook terbaru dari Samsung ini tidak begitu jauh berbeda. Sama seperti halnya Samsung Ultrabook New series 5 Ultra, Samsung Ultrabook New series 7 Ultra juga bisa dibawa ke mana saja karena terbuat dari bahan eksterior cool metallic dan fiber glass yang berfungsi untuk ketahanan dan keamanan. Bedanya, Samsung Ultrabook New series 7 Ultra didesain lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan Samsung Ultrabook New series 5 Ultra sehingga akan lebih muda dibawa ke mana-mana. Memori penyimpanan juga lebih kecil jika dibandingkan dengan Samsung Series 5 ULTRA (128 GB pada Samsung Series 7 Ultra dan 500 GB pada Samsung Series 5 Ultra). Memori yang lebih kecil ini dikarenakan Samsung Series 7 Ultra lebih mengedepankan performa multimedia dibandingkan seri sebelumnya.  Jadi jangan heran, bagi mereka yang lebih mementingkan kepuasan menikmati performa multimedia, mungkin mereka akan lebih memilih Samsung Series 7 Ultra. Dengan Samsung Serie 7 Ultra, Anda akan lebih dimanjakan ketika Anda menikmati gambar dan video dengan suara yang sangat memukau. Teknologi Super Bright Screen pada Samsung seri ini memiliki tingkat kecerahan yang lebih besar yaitu 75%. Tadi saya sudah menjelaskan bagaimana Anda akan merasa takjub melihat gambar yang cerah dan bikin silau tetapi tetap bisa dilihat tanpa mengalami kelelahan mata atau silau dengan layar yang 50% lebih lebih cerah, lalu bandingkan dengan yang ini, 75% lebih cerah, tentunya Anda akan lebih dimanjakan dan dibikin terkagum-kagum dengan detail gambar dan video, bahkan di bawah sinar matahari. Meskipun lebih tipis dan lebih ringan, namun kerja komputasi memiliki efektifitas yang sama seperti halnya Samsung Serie 5 Ultra. 


Untuk Samsung Ultrabook New series 7 Ultra, saya tidak akan menampilkan lagi apa saja detail spesifikasinya, karena hanya terdapat perbedaan yang sedikit saja, seperti; kapasitas mennyimpan memori yang lebih kecil (seperti yang sudah saya sebutkan di atas), lebih ringan (Samsung Series 5 Ultra:  1,52 Kg dan Samsung Series 7 Ultra: 1, 46 Kg), lebih tipis (Samsung Series 5 Ultra:  19,5 mm  dan Samsung Series 7 Ultra: 17,5 mm), dan layar Super Bright yang 75% lebih cerah. 

Pilih Mana, Samsung Ultrabook New series 5 Ultra atau Samsung Ultrabook New series 7 Ultra?
Setelah membaca review dalam tulisan ini, Anda mungkin akan bingung memilih mana yang sebaiknya Anda pilih. Dua seri Samsung Ultrabook Terbaru ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi Anda yang memiliki banyak data-data penting, Anda seorang akademisi, atau seseorang yang bekerja sepanjang waktu dengan komputer atau notebook, produk dari seri pertama (Samsung Ultrabook New series 5 Ultra) mungkin bisa Anda pertimbangkan. Namun bagi Anda yang memiliki hobi dan pekerjaan di dunia grafis, Anda seorang yang suka having fun saja dengan komputer atau notebook, atau seseorang penikmat film, fotografer, mungkin produk dari seri kedua (Samsung Ultrabook New series 7 Ultra) bisa Anda miliki. Meski demikian, tidak menutup kemungkin, Anda yang berada di posisi kedua memilih dan memutuskan untuk membeli Samsung Ultrabook New series 5 Ultra. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Anda tetap akan terpuaskan dengan tampilan layar notebook ini.
Buat saya sendiri, sepertinya saya akan memilih Samsung Ultrabook New series 5 Ultra. Semua kelebihan multimedia pada Samsung Ultrabook New series 7 Ultra  juga dimiliki Samsung Ultrabook New series 5 Ultra. Pertimbangan utama saya memilihnya adalah karena kapasitas menyimpan memori yang lebih besar.
Kalau Anda, pilih yang mana? Silakan tentukan pilihan Anda di :

***
Referensi:
1. http://www.samsung.com
2. http://droid-indonesia.blogspot.com
3. http://www.bloggergundul.com/2012/12/arti-mah-pada-baterai-dan-powerbank.html
4. http://www.intel.co.id/content/www/id/id/learn/meet-the-ultrabook.html
5. http://en.wikipedia.org/wiki/Ultrabook

Sumber gambar:
1. http://www.samsung.com
2. http://maschuznet.blogspot.com/2013/04/ultrabook-terbaru-dari-samsung.html




 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

18 comments

Write comments
Lisa Tjut Ali
AUTHOR
15 Mei 2013 21.54 delete

lisa juga pingin punya laptop yang lebih tipis dan seksi agar ga berat bawa2 ke kampus, sukses ya lombanya

Reply
avatar
afrida arfah
AUTHOR
15 Mei 2013 21.58 delete

Pilih mana yaaa???? hehehehehe... Samsung emang keren lah pokoknya

Reply
avatar
Haya Nufus
AUTHOR
15 Mei 2013 22.24 delete

Itu beneran tipis ya kak? Wah specnya juga keren2 ya... sukses buat lombanyakak.

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
17 Mei 2013 13.34 delete

Lisa:
iya sa, itu juga yang bikin pengen ganti laptop sejak lama, hehee

Fida:
iyaaa...aku juga pake smartphone Samsung maaaak :D

coffe:
aku juga nih, mudah-mudahan dapet, hehehe...

Reply
avatar
22 Mei 2013 10.45 delete

wah... wah... kemecer saya lihat tipis sekaligus spesifikasinya yang oke....

Reply
avatar
22 Mei 2013 23.13 delete

Lomba lagi mak? Sukses ya :)

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
24 Mei 2013 18.08 delete

Mas Azzet:
saya jugaaaa mas Azzet :D

Mak Hana:
Iya mak, lomba SEO. Aamiin :)

Reply
avatar
25 Mei 2013 19.08 delete

Tergantung kebutuhan ya mbak.
EH, ini buat lomba kah? Kalo buat lomba, moga menang yah, ulasannya super lengkap :)

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
31 Mei 2013 16.25 delete

Iya mbak niar, belum au menang atau gak :D

Reply
avatar
keke naima
AUTHOR
1 Juni 2013 16.57 delete

mantep kyknya kalo pk ultrabook ya :)

Reply
avatar
lukman
AUTHOR
4 April 2014 00.47 delete

wah,,lengkap banget keteranganya,mantap,jadi pengin punya ini,hehe

Reply
avatar
14 November 2016 14.05 delete

wah keren, selain tipis dan ringan RAM nya juga sampai 4 GB :D

Reply
avatar
15 November 2016 10.26 delete

Kalau yang tipis tipis biasa nya mudah rusak kak

Reply
avatar
15 November 2016 11.28 delete

wahhh kereeen lahhh inii

Reply
avatar
15 November 2016 13.50 delete

iyaa lah kereen sapa dulu

Reply
avatar

My Instgram