Tips Memaksimalkan Blog

Hai bloggers… saya ecek-eceknya mau kasih tips ngeblog. Tips bagaimana supaya blognya maksimal. Sebetulnya ini adalah bagian dari tulisan pengenalan domain baru saya, minggu lalu. Cuma karena tulisan tersebut menjadi sangat panjang sekali, akhirnya saya potong saja bagian tips ini, dan bikin postingan baru. Itung-itung nambah postingan blog lah ya, hahaa… By the way, saya menulis ini bukan karena saya pakar blogging, ini hanya sekadar berbagi pengalaman saja selama ngeblog dan juga hasil baca-baca :D

Content
Semua tentu setuju kan ya bahwa the best tips untuk ngeblog itu adalah content, yang mana orisinal, kalau bisa unik, dan ditulis dengan gaya sendiri. Lebih jauh tentang content yang orisinal, ini bukan berarti harus berbeda sama sekali jika memang tidak ada ide yang baru.  There is nothing new under the sky. Misalnya kayak hari ini saya menulis tentang tips bagaimana agar blog maksimal. Saya yakin, di luar sana ada ratusan blogger yang menulis hal yang serupa. Bedanya, saya menulis saja terus begini dengan bahasa saya sendiri, tanpa sedikitpun mengikuti gaya bahasa blogger lain. Ide boleh jadi sama, tetapi eksekusinya pasti berbeda. Tidak ada kalimat yang persis sama misalnya. Kalaupun kebetulan sama, misalnya lagi, pasti penempatannya berbeda.

Rajin update
Content sudah bagus, eh giliran update blog udah kayak ujian anak kuliahan, di mana ‘update’ ilmunya tiap enam bulan sekali pas mau ujian semester. Masih mending ini mah, malah ada teman saya update blognya setahun sekali. Kalau blognya gratis, entahlah kan, suka-suka orang dong, ah. Tapi ini kan,  sudah pakai domain sendiri tapi  update blog pakai gaya ujian semesteran. Rugi atuh, mah. *ini kenapa saya jadi logat Sunda gini, ya*  In conclusion, peduli content dan rajin update itu harus seiring sejalan. Kayak ‘aku dan kamu’. Iya, kayak ‘kita’ yang harus saling support.

Jangan pasang musik di blog
Ini hasil pengalaman pribadi sih. Dulu awal-awal pindah ke blogspot, saya tergoda pasang musik. Saya pilih lagu era 90-an tetapi yang tetap enak didengar oleh mereka yang tumbuh di era 2000-an dan tetap enak didengar oleh siapa saja, yaitu As Long As You Love Me-nya Back Street Boys. Maklum, saya penggemar berat BSB. Saya pikir, selera musik bisa saja berbeda, tetapi mungkin saja lagu ini akan disukai oleh semua orang. Memang banyak yang suka sih, lagunya memang enak. Tetapi suatu hari, seorang teman bilang ke saya; “pas blogwalking, saya buka blog kamu di kantor, selesai loading, terkejut seisi kantor mendengar musik dari laptop saya.” Bhuahahaa…  maklum, dulu ngeblog masih alay-alay gitu :v.  Akhirnya saya setop musik di blog saya. Ini baru ngomongin soal ‘terkejut’, belum lagi soal selera musik. Saya sih penggemar BSB, pembaca blog saya kan belum tentu, ya.  

Desain blog yang user friendly dan mobile friendly.
Sekarang, orang-orang sudah mobile, orang buka internet pakai ponsel biar nggak repot nenteng-nenteng laptop. Ibaratnya, dunia sudah dalam genggaman. Kalau desainnya berat, nggak user friendly, susah dibuka via mobile sehingga ketika membacanya harus di-zoom in zoom out terlebih dahulu dan berbagai tindakan lainnya yang sangat merepotkan, maka mungkin kapan-kapan blog tersebut akan susah dikunjungi oleh orang-orang via mobile. Kebetulan beberapa waktu, Pakde Cholik ada kasih tahu bagaimana melihat apakah blog kita mobile friendly atau tidak. Silakan ke SINI.
Ini hasil penampakan blog saya 



Dan begini penampakannya jika dibuka pakai ponsel. 
Silakan mencoba pada blog masing-masing :D


Tulisannya nggak usah panjang-panjang sekali kayak novel, soalnya capek booo baca tulisan sepanjang buku di layar komputer atau hape :D

Penggunaan Font
Tidak ada standar berapa ukuran font untuk blog, yang penting jangan terlalu kecil lah ya. Sayangilah pembaca blogmu, jangan bebani mata mereka bekerja di luar batas maksimal :D Untuk warna font, umumnya hitam atau putih jika background-nya hitam. Jika background bukan hitam, tetap usahakan font warna hitam.  Misalnya background pink, tetap pakai font hitam. Kasus; beberapa waktu lalu pas blogwalking, ketemu sama satu blog yang pemiliknya pencinta berat warna ungu. Yeah… kami tahu kau menyukai warna-warna tertentu, dan itu akan memengaruhi warna blogmu, dari header sampai footer. Tapi please, jangan mentang-mentang cinta mati sama warna ungu misalnya, sampai-sampai untuk font pun di-setting menjadi ungu. Gubraks!!! Jujur, untuk blog yang tulisannya warna-warni kayak pelangi meski background-nya putih bersih, saya malas bacanya. Perih mata hati ini :D Padahal tulisannya bagus. Sayang kan jadi nggak bisa dibaca. Saya suka merah dan hijau, tapi bukan berarti saya harus pakai baju merah, jilbab merah, tas merah, dan sepatu merah secara bersamaan, kan? Begitu juga blog, tidak harus dari header footer sampai semua tulisan berwarna merah keleuuus :D Pengecualian pada kata-kata tertentu yang merujuk ke sebuah link, saya selalu kasih warna agar tampak beda.

Bikin snippet di ‘Homepage’
Setting ‘Read More’ untuk tiap postingan untuk tampilan di halaman depan blog. Jangan menampilkan sehalaman penuh isi postingan di ‘Homepage’. Saya kalau  mengunjungi sebuah blog, terutama untuk blog yang baru pertama sekali saya datangi, sehabis baca isi postingan, saya hampir selalu datang ke ‘Homepage’-nya. Mau lihat-lihat ‘rumah’nya secara keseluruhan gitu lho. Nggak asik banget kan, halaman depan malah menampilan secara keseluruhan isi postingan tulisan, apalagi kalau tulisan terbaru isinya panjang banget.  Mau lihat tulisan yang lain, jadi malas. Capek boooo scroll ke bawah. Kayak ‘Homepage’ blog saya ini misalnya. Saya setting untuk menampilkan 10 postingan di ‘Homepage’ dan tak lupa ‘Read More’. Jadinya pendek-pendek gitu.



Sub judul dalam postingan
Kalau misalnya tulisannya terlaluuuuuu panjang *iya, ini saya banget kalau menulis review buku*, siasati dengan membuat sub judul dalam postingan. Dulu saya nggak peduli dengan hal-hal begini, saya pernah bikin review buku sampe 10 halaman, trus posting aja gitu di blog. Sekarang, saya baca-baca lagi tulisan tersebut, lumayan capek ternyata, hahaa… Jadi, sub judul ini berfungsi untuk memberi jeda, khususan untuk tulisan yang terlaluuuuu panjang.  

Sidebar Blog
Sidebar blog sebaiknya di sebelah kanan. Ini lebih karena kita membaca dari kiri ke kanan (yang menggunakan abjad ‘English Letter’). Saya ada baca di mana gitu saya lupa, bahwa menurut hasil penelitian, sidebar sebelah kiri akan menurunkan rank blog.  Makanya kenapa blog para blogger pemain SEO, bisa dipastikan sidebar blognya tidak pernah di sebelah kiri. Coba perhatikan juga portal-portal berita online, semua ditaroh sebelah kanan, kan?  Tapi ini saya masih penasaran dengan hasil penelitiannya, belum sempat ubek-ubek jurnal soalnya. Semoga kapan-kapan saya bisa mengumpulkan beberapa referensi terkait ini, ya.
Gambar: torquemag.io
Share ke media sosial
Ini kayaknya hampir semua tahu tentunya, hehee. Hari gini, apa sih yang tidak kita share di medsos. Maunya dari bangun pagi sampai mau tidur lagi, tetap eksis terus, ya :D Intinya, share dari wall sendiri sampai ke grup-grup blogger.

Hmmm… apalagi, ya? Kapan-kapan kalau ketemu tips lagi, ditulis lagi, deh :D Nah, temans, apa kau punya tips lain untuk memaksimalkan blogmu? Boleh berbagi di sini :D

Happy blogging 


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

52 comments

Write comments
Sary Melati
AUTHOR
19 Maret 2015 21.20 delete

Saya kalo nemu blog yang pasang musik pas bw biasanya langsung saya close, mak. Apalagi kalo musiknya autoplay. Ngagetin dan ngabisin bandwith hehehe.
Btw, yang paling bawah imut banget yak ngajak ngeblognya? Hahaha

Reply
avatar
19 Maret 2015 21.42 delete

Makasih masukannya neh wah kudu setting readmore diblogku

Reply
avatar
Mimi Affandi
AUTHOR
19 Maret 2015 22.29 delete

Sebagian sudah dilakukan, sebagian belum :D Tipsnya bagus bingit :D

Reply
avatar
Dewi Rieka
AUTHOR
19 Maret 2015 23.46 delete

sukaaa tipsnyaa...iyaa, blog yang ada musiknya sering ngga jadi kujelajahi hihihi, bukanya beraat..*ngos2an modemku

Reply
avatar
20 Maret 2015 10.16 delete

Eyampuuuun...
Itu ngapain Jong Suk nongkrong disiniiiih!
*cubit lho!*

Aku setujuuu masalah konten mbaaak...
Tapi hanya sanggup update seminggu sekali aja siiih...hiks..
*sok sibuk padahal mah riweuh nge-drama doang hidupnya*

Reply
avatar
20 Maret 2015 10.19 delete

aku setuju yang tentang pasang musik itu kak soalnya aku juga pernah ngalamin kayak gitu, pas lagi kuliah iseng blogwalking eh pas buka blog orang lain ternyata musiknya kenceng banget, ampunn malu banget aku kak sama temen sekelas plus dosen :(

btw blog ungu itu bukan blog aku kan #ge er banget gue hahahaa (eh tapi font blog aku bukan ungu kok hahaha #jangan usir aku kak eky #lirikmanjaalasyahrini) =D

Reply
avatar
20 Maret 2015 11.22 delete

Sudah cocok Mbak Ecky ngasih tips ngeblog karena terlihat sekali banyak perubahan pada blognya (perkembangan) berarti empunya blog senang belajar dan langsung praktik. Sekarang blog ini lebih simple daripada yang dulu ya .... tapi jadinya pemanfaatannya jadi makin maksimal :)

Reply
avatar
20 Maret 2015 13.38 delete

Iyaaaa mbak, itu sengaja dipadang cowok keceh itu, biar semangat ngeblognya, ahahahaaaa.... *gak nyambung :ng

Reply
avatar
20 Maret 2015 13.38 delete

Iya mak, khususnya untuk tulisan yang panjang-panjang benget. kalo pendek mungkin nggak apa kali yak :D

Reply
avatar
20 Maret 2015 13.39 delete

Makasih mbaaaaaak :ng

Reply
avatar
20 Maret 2015 13.39 delete

Makasih mb Dedew :ng

Reply
avatar
20 Maret 2015 13.41 delete

Ituuuuuh....Lee Jong Suk sengaja dipadang di situuuuh, supaya mbak Erry nongol di mariiih, bhuahahahaaaa.....
Btw, update seminggu sekali itu mah udah rajin sekali mbak, xixixiii

Reply
avatar
20 Maret 2015 13.43 delete

Bukaaaaaan cut, bukan Icut. Entu contoh kasusnya untuk blog yang kebetulan aku baru pertama kali pulak main ke blognya, xixixiiii...
Iyaaa...mana mungkin aku mengusirmu icuuuuut, kamu kan penggemar akuuuu *ter-Yoona* :ng

Reply
avatar
20 Maret 2015 13.44 delete

Iya mbak, learning by doing. baca-baca langsung praktik, hahaa...
Makasih mbak Niar :ng

Reply
avatar
ika koentjoro
AUTHOR
20 Maret 2015 14.04 delete

Masalahku sekarang kalau posting selalu panjang. Susah nahan tangan biar bisa nulis pendek-pendek. Padahal tulisan panjang tuh susah di indekx google -_-

Reply
avatar
Ade Anita
AUTHOR
20 Maret 2015 14.05 delete

Iya bener..aku paling sebel kalo bw lalu nemuin blog yg punya musik auto play...aduhhh... brrisik banget secara . Sama...itu...nganu..... tulisan yang kelewat panjang jadi mirip ensiklopedia...duh...cape banget. Eh tapi...kok banyak yang menang model ini kalo lomba blog? Jadilah makin banyak yg nilis macam nyusun ensiklopedia sekarang ini.

Reply
avatar
Santi Dewi
AUTHOR
20 Maret 2015 14.48 delete

itu.... di bawahnya ada foto siapa? wkwkwkwk... sampe kaget saya :)
waktu pertama punya blog, saya juga pake musik mak, tapi skrg, sudah enggak lagi hehe

Reply
avatar
Yudi Randa
AUTHOR
20 Maret 2015 16.52 delete

jadi yang dibilang temen itu yang ngeblog setahun sekali itu saha kak? :))

Reply
avatar
Katerina. S
AUTHOR
20 Maret 2015 20.53 delete

Tips berguna ini. Mesti dibookmark :)

Reply
avatar
21 Maret 2015 01.39 delete

Masalahku juga ini mbak, huhuhuuu... susah menahan diri untuk mengeluarkan isi kepala :D
Jadi sekarang menyiasatinya dengan bikin sub judul, dan lihat2 lagi, kira-kira kalo ada satu atau dua paragraf yang nggak ada hubungan dengan konten, saya cut dan taroh di lembar lain. kembangkan jadi tulisan lain. lumayan kan buat nambah postingan lain, hahaaa... Kayak postingan ini contohnya, ini adalah pengembangan dari tulisan sebelumnya :D

Reply
avatar
21 Maret 2015 01.41 delete

Iyaaaa mbak Ade, kalau untuk menulis lomba blog, kayaknya umumnya panjang-panjang ya mbak. Dan biasanya yang menang-menang ya yang panjang ini. Soalnya komplet gitu kan? Kurasa pengecualian lomba blog kali yak, tapi mesti disiasari juga kali yak dengan bikin jeda misalnya, hehee

Reply
avatar
21 Maret 2015 01.43 delete

Samaaaaa mbak, toss lah, dulu aku juga, padang musik barat, ahahahaaaaa.... *tutup muka =D *

Btw, itu yang paling bawah adalah adek ganteng saya mbak, wkwkwkwkw.... :ng
namanya Lee Jong Suk mbak, ganteng kan mbak ^_^

Reply
avatar
21 Maret 2015 01.44 delete

Ada deh, nggak boleh bilang siapa. Aib, hahahaa.... :p

Reply
avatar
21 Maret 2015 01.44 delete

Aseeeeeek, hahaaaaa :ng

Reply
avatar
21 Maret 2015 03.16 delete

yaampoonnn lagi serius baca tiba-tiba ada jong suk! >.< hahaha

Reply
avatar
Ety Abdoel
AUTHOR
21 Maret 2015 16.42 delete

Oye deh tips ngeblognya. Seneng bacanya apalagi ditemenin sm yg bening di bawah ntu.

Reply
avatar
21 Maret 2015 22.54 delete

Hahahaaaa....biar ada yang ganteng di tulisan ini :v *apa sih?*

Reply
avatar
21 Maret 2015 22.54 delete

Iyaaa....sama-sama mbak, meski banyak yang fokus sama yang di bawah itu yak, wkwwkkwk :ng

Reply
avatar
22 Maret 2015 13.26 delete

Dipost di portal kayak vivalog langsung traficnya bejibun, mba. Kalo socmed sebenernya kurang ngaruh.

Reply
avatar
22 Maret 2015 20.04 delete

Nah ya Ila, ini bisa menjadi bagian dr share juga dalam rangka menaikkan traffick blog ya, hehee

Reply
avatar
22 Maret 2015 21.23 delete

Daku juga ngikik gejeeeh ngeliat gambar paling bawah ntuuuh :))

Tipsnya boooo, cethaaarr semuaaahh... Ma'aciiih ya mak

Reply
avatar
23 Maret 2015 08.42 delete

Jiahahahaaaa.....malah jadi pada fokus sama si ganteng yang di bawah iniiiii :ng

Reply
avatar
Pakde Cholik
AUTHOR
23 Maret 2015 11.03 delete

Terima kasih tipsnya yang sangat bermanfaat.
Cintent is the King, kata para pakar blogging.
Sekali waktu, blogger perlu menulis artikel yang panjang dan mendalam. Itu yang disebut Pillar Article.
Soal bosan membaca sih tergantung siapa pengunjungnya.
Jika artikel bermanfaat pasti disukai.
Salam hangat dari Jombang

Reply
avatar
24 Maret 2015 05.17 delete

Benar skali pakde. saya malah suka membaca tulisan yang ditulis deengan pemikiran yang tajam dan mendalam. maksud saya panjang di sini adalah sepanajng novel lho pakde, hehehe...

Reply
avatar
Una
AUTHOR
24 Maret 2015 15.06 delete

Kalau blognya saya suka, nggak pakai read more pun nggak masalah XD
Terima kasih tipsnya Mbak...

Reply
avatar
Lela S
AUTHOR
27 Maret 2015 05.38 delete

Tips yang mujarab harus praktek nih betul sekali rajin posting tapi kadang saya sendiri suka ga update kalau lagi datang penyakit nulisnya

Reply
avatar
27 Maret 2015 05.47 delete

Nah iya mbak, betul, itu bisa juga. Ini mungkin disarankan buat menarik pembaca yang pertama kali datang aja mbak :D

Reply
avatar
31 Maret 2015 15.02 delete

thanks banget mbaak, dirangkum jadi 10 tips gini, salam kenal yaa ;)

Reply
avatar
1 April 2015 12.23 delete

salam kenal kembali mba Istiana. Terima kasih sudah berkunjung ya :D

Reply
avatar
Pipit Widya
AUTHOR
1 April 2015 12.35 delete

Sudah sy laksanakan, Mba.
Tapi skrg jarang apdet, hihihi.

Reply
avatar
3 April 2015 23.22 delete

hihiii....semoga bermanfaat :D

Reply
avatar
clara
AUTHOR
12 April 2015 01.42 delete

Kasih juga table of con yg berisi jump links ke topik artikel, atau bisa dgn pagination

Reply
avatar
13 April 2015 18.39 delete

Pada intinya setiap strategi yang kita lakukan membutuhkan kesabaran dalam melaksanakannya, memang tidak mudah tapi ya begitulah adanya... ^_^

Reply
avatar
E. Novia
AUTHOR
26 Juni 2015 14.32 delete

mak,, ini kolom komentarnya ada emoticon.. gimana caranya? *lho OOT. hehe

Reply
avatar
26 Juni 2015 23.20 delete

Iya betul mbak, cara tersebut juga bisa mbak :D
Makasih atas tambahannya ya mbak

Reply
avatar
26 Juni 2015 23.21 delete

Iya mak, ini blog saya memang ada kolom emoticonnya mak. Soalnya ini memang bawaan templatenya mak. Kalo template bawaan blogger gak ada mak. hanya template-template tertentu aja mak :D

Reply
avatar
9 September 2015 13.47 delete

Makasih Mak tipsnya, sangat bermanfaat ^^

Reply
avatar
4 Februari 2016 22.46 delete

Tips blogging yang keren mbak. Setuju banget sama yang ditulis.
Kalau soal tulisan panjang sebenarnya bisa diakali dengan yang mbak bilang, subheading itu ya. Biar orang gak bosan juga bacanya.

Reply
avatar
asi booster
AUTHOR
20 Oktober 2016 13.46 delete

setuju mbak,, tapi menurut saya yg paling penting content dan rajin update hehe

Reply
avatar

My Instgram