Betapa Senangnya Ngeblog

Saya mulai ngeblog sejak 2006 di Blog Multiply. Banyak manfaat kurasakan sejak ngeblog; selain bisa punya banyak teman juga bikin saya rajin menulis.  Malu dong sama teman-teman yang selalu update cerita-ceriti yang heboh, lucu dan mengharu biru (emang haru warnanya biru ya :-D) sementara saya cuma komen-komen saja. Padahal apa yang mereka tulis di blog, saya juga mengalaminya, meski tidak sama persis.  Maka, mulailah saya yang awalnya pemalu, yang awalnya cuma komen-komen saja, mulai berani berbagi cerita. Pengalaman memalukan ketika naksir cowok, pertama sekali jatuh cinta, pontang-panting menjadi anak kost dan mahasiswa, dan lain sebagainya.
Gambar dari SINI
Awal tahun 2012, saya membuat akun blog di blogspot dengan tetap eksis di multiply. Jadi untuk saat ini, saya mengelola dua blog. Dari dua blog ini, jaringan pertemanan saya menjadi lebih luas. Melalui blog, saya mengenal secara akrab beberapa blogger Indonesia yang telah lama eksis. Tentu saja akrab di dunia maya tanpa pernah bertemu sebelumnya atau sesudahnya. Blog menepis sejauh apapun jarak antara mereka dengan saya yang berada di Aceh.
Saat pertama membuka laptop dan tersambung dengan internet, yang pertama saya lakukan adalah login ke blog saya. Saya suka blogwalking dan meninggalkan sedikit jejak dengan komen berharga, masukan, saran, atau hanya sekadar bertanya ‘Apa Kabar?’ Saya lakukan ini karena saya sendiri merasakan betapa senangnya jika ada yang berkunjung ke blog saya atau ke salah satu entry tulisan di blog saya lalu meninggalkan jejak yang sama seperti yang saya lakukan terhadap blog teman-teman saya.
Akhir-akhir ini banyak blogger yang mengadakan giveaway. Giveaway ini digagas dengan berbagai tujuan dan keperluan. Wedding anniversary, bertambahnya umur si empu blog, ingin bagi-bagi buku gratis, atau karena merayakan bertambahnya usia blog seperti giveaway yang dilakukan oleh Mas Azzet, adalah jenis-jenis giveaway yang bertebaran di blog. Dan tulisan inipun saya tulis dalam rangka mengikuti giveaway dari Mas Azzet. Hadiah giveaway ini bermacam-macam. Mulai dari buku, merchandise suatu produk, voucher suatu produk atau jasa, flashdisk, dan banyak lagi.
Akhir-akhir ini juga, banyak sekali lomba menulis yang salah satu syaratnya harus dipublikasi dalam blog masing-masing. Hal ini tentu saja bagus untuk memotivasi para blogger bisa menulis sesuai tema yang diinginkan oleh panitia lomba.
Saya memang senang ikut kuis, giveaway, dan sejenisnya, terlebih, saya senang dengan hadiahnya, hehee. Apalagi jika kuisnya adalah kuis menulis. Serasa ikut lomba menulis di blog. Saya pernah mendapatkan hadiah buku  dari kuis menulis di blog dan ini membuat saya bersemangat. Buat saya, baik kuis atau giveaway yang notabene merupakan lomba kecil-kecilan maupun lomba menulis di blog yang hadiahnya gede-gedean, saya tetap melakukan hal yang sama; yaitu menulis dengan jujur, apa adanya, dan menyajikan tulisan yang enak dibaca.  Buat saya follower blog saya adalah segalanya.
Sebagai penulis pemula, mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan menulis, baik berupa lomba ataupun kuis seperti ini, merupakan sebuah ajang melatih diri untuk menulis. Saya tak akan malu mengikuti hal yang bagi sebagian orang dianggap remeh temeh. Seseorang tak akan bisa membuat sebuah prestasi besar seseorang jika tidak membangunnya dari prestasi-prestasi kecil. Bolehlah saya sebut prestasi, jika berhasil memenangkan sebuah kuis menulis tentang sesuatu, meski tidak mendapat apapun. Setidaknya, prestasi karena sudah menghasilkan sesuatu, yaitu sebuah tulisan yang dinilai bagus oleh penyelenggara giveaway, kuis, atau lomba menulis lainnya.
Gambar dari SINI
Terhitung sejak 2006, berarti tahun ini genap enam tahun saya ngeblog. Jika membuka kembali postingan-postingan lama di blog pertama saya, saya suka ketawa-ketawa sendiri. Ampuuuun deh, tulisan jadul saya benar-benar kacau balau. Jadi malu bacanya sekarang. Dulu, asal nulis aja langsung deh saya posting ke blog. Tapi dari situlah saya berproses. Menulis adalah proses. Tak akan langsung menjadi sesuatu jika tidak dimulai dari sesuatu sebelumnya. Mungkin tulisan-tulisan saya di blog bukanlah sesuatu yang luar biasa. Hanya berisi curhatan seorang mahasiswa yang sedang berada di negeri orang dengan meninggalkan anak dan suami, curhatan seorang ibu dan istri, catatan perjalanan, dan review buku. Hanya sebuah catatan sederhana. Tapi melalui catatan sederhana inilah saya ingin mengenangnya kelak jika saya tua. Blog adalah catatan yang tak akan usang dimakan waktu. Dia adalah pengingat di kala lupa. Catatlah dan posting di blog, maka kau sedang berusaha melawan lupa, begitu pesan manis di header blog seorang teman blogger.
Dalam perjalanan ngeblog, selain memperluas jaringan pertemanan, belajar mengutak-atik dan bagaimana mempercantik blog, saya juga mendapat banyak ilmu dan hikmah dari catatan ringan penuh makna teman-teman blogger. Ilmu berserak di mana-mana, termasuk dari blog. Berbagai tipe blogger saya temui berdasarkan tulisannya. Ada yang menulis dengan gaya kocak sehingga setiap membacanya selalu terpingkal-pingkal, ada yang menulisnya dengan bahasa gaul tetapi masih bisa dipahami, ada juga yang menulis dengan gaya serius. Tak ada keharusan harus begini atau harus begitu, itu yang membuat menulis di blog manjadi pilihan yang fleksibel. Saya suka kagum dengan teman-teman blogger dengan tipe apapun mereka (berdasarkan gaya menulis), tetapi ketika ada yang meninggalkan komentar, mereka tetap membalasnya dengan gaya santun dan menghargai si komentator. Serasa ingin mengunjungi blog-nya terus dan terus. Beneran deh, ngeblog itu sangat menyenangkan!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

9 comments

Write comments
Vie Rynov
AUTHOR
7 Juli 2012 14.53 delete

Memang nah,,kakak lon yang satu ini luar biasa...Aceh menunggumu pulang dan Bireuen mengharapkan kehadiranmu...
We will wait you here sista

Reply
avatar
7 Juli 2012 14.56 delete

Moga sukses, Mba Ekyy....
aku jg jadi semangat ngeblog klo ada lomba-lomba nulis.. :D

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
7 Juli 2012 17.41 delete

Mbak leyla: Amiiin.
Makasih mbka leyla. Yuuk..kita sama-sama berkompetisi ngikut lomba menulis di blog.
*tersemangati lihat penulis senior menang lomba blog, hihihiii..

Vie Rynov:
Kamu juga luar biasa sist, terlebih dengan ide rangkang sastra yang sedang dirimu dan suamimu rintis.
Insya Allah kita akan bertemu di Aceh dan membangun dunia literasi bersama-sama :)

Reply
avatar
9 Juli 2012 09.48 delete

Memang benar ya mbak Ecky, ngeblog bikin kita lama-kelamaan bisa terlatih menulis ya. Oya, juga dalam mendapatkan ide menulis. Apalagi kalo ada GA spt ini, jadi cari idenya lebih rajin :)

Sukses ya GA-nya

Reply
avatar
9 Juli 2012 11.55 delete

Ngeblog memang menyenangkan ya, Mbak. Apalagi sudah enam tahun, hmmm.... banyak sekali hal yang menjadi kebahagiaan. Ohya, saya sudah membaca dengan cermat artikel di atas dan langsung saya DAFTAR ya, Mbak. Sungguh, makasih banyak ya, Mbak.

[sebelumnya saya mencoba berkomentar di sini pake blog saya yg di WP, tapi kok susah, akhirnya pake yang ini]

Reply
avatar
ke2nai
AUTHOR
9 Juli 2012 19.29 delete

ngeblog memang asik bgt ya.. sy juga suka ketawa kl liat tulisan pertama sy.. tp memang menulis itu ketrampilan ya harus diasah terus :)

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
9 Juli 2012 19.54 delete

mak Ke2nai:
Iya benar mbak, terasa sekali perbedaan tulisan jadul di blog sebelumnya :)

mas Azzet:
Makasih atas kunjungannya mas. Seang sekali sudah dikunjungi oleh mas Azzet dan mau dibaca (ya iyalah harus dibaca, namanya juga mau dinilai ya Mas, hehee)

Mbak Niar:
Beneeeer mbak. Aku mau ngikutin jejak mbak Niar yang rajin ikutan GA dan rajin dapet hadiahnya, hihihiiii...

Reply
avatar
Vanda
AUTHOR
18 Juli 2012 03.56 delete

Lama menelantarkan blog, sekarang semangat lagi setelah ketemu emak2 yg pada rajin ngeblog, apalagi ternyata banyak ajang lombanya:D Sukses ya mbak, semoga menang ^_^

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
18 Juli 2012 05.40 delete

Yuuk semangat mbak vanda, saya termasuk yang lama menelantarkan blog. Lhaaa... ngeblog-nya sejak 2006, tapi mulai aktif kembali awal tahun 2012 setelah hampir tiga tahun vakum.
Ini ikut lomba-lombi untuk semangat menulis aja mbak, soal menang itu perkara terakhir, hehee
Makasih atas kunjungannya ya mbak :)

Reply
avatar

My Instgram