Kebahagiaan Nyak Sandang, Kebahagiaanku Juga



Malam ini saya bahagia.

Penyebabnya ada dua.       

Yang pertama adalah berita tentang Nyak Sandang yang akhirnya berangkat ke Ibukota untuk bertemu dengan Presiden Jokowi. Tentang siapa Nyak Sandang, saya kira saya tidak perlu menuliskannya lagi, sudah banyak portal dan media online yang menuliskannya. Tetapi saya menyarankan kalian untuk membaca tulisan yang menjadi rujukan awal dan kemudian viral, silakan ke tulisan INI. Tulisan tersebut ditulis oleh seorang teman blogger bernama Rahmat Aulia. Rahmat juga sudah bergabung di Steemit, tetapi dia tidak menulis lagi  di Steemit setelah postingan perkenalan diri. Entah kenapa. Mungkin dia sedang sibuk di dunia lain.

Kembali ke topik Nyak Sandang.

Saya mendapat kabar keberangkatan Nyak Sandang berangkat ke Jakarta melalui status Whatsapp Rahmat. Status pendek tersebut berisi foto Rahmat bersama Nyak Sandang sedang duduk di bangku pesawat Batik Air, hari ini. Nyak Sandang adalah salah satu pemodal pesawat cikal bakal Garuda Indonesia, tetapi hari ini, hari pertamanya naik pesawat, Nyak Sandang tidak naik Garuda. Tujuan Nyak Sandang ke Jakarta cuma satu, bertemu dengan Jokowi. Tadi sore Rahmat mengabari lewat WAG bahwa Nyak Sandang akhirnya bisa bertemu Jokowi. Permintaan Nyak Sandang kepada Jokowi tidak muluk-muluk, ia ingin  naik haji dan mendapatkan operasi katarak. Sebuah permintaan yang layak dipenuhi jika mengingat jasanya di masa lalu terhadap keberlangsungan republik ini. Malah kalau bisa, pemerintah harusnya memberi lebih dari apa yang diminta Nyak Sandang. Di antara permintaan pribadi, Nyak Sandang juga meminta presiden agar membangun masjid di kampung halamannya di Lamno.  Kabarnya, presiden akan memenuhi semua permintaan Nyak Sandang. Sungguh sebuah jalan hidup yang tak terduga buat Nyak Sandang. Di usia senja, Nyak Sandang memetik buah keihklasan yang ditanamnya ketika muda.


Sebagai sesama orang Aceh, saya tentu bahagia mendengar kabar ini. Untuk merayakan kebahagiaan tersebut, saya ingin ikut ambil bagian dengan mengabarkannya pada dunia, apalagi saya dan sebagian kecil teman-teman di lingkaran pertemanan Rahmat adalah orang-orang pertama yang mengetahui kabar tersebut, selain orang-orang istana. Tentu ini akan menjadi kabar viral selanjutnya setelah kabar ditemukannya Nyak Sandang di Lamno oleh tim ACT (Aksi Cepat Tanggap). Dan media sosial yang cocok untuk melakukan ini adalah Twitter.

Maka saya melakukan kultweet tentang Nyak Sandang. Setelah mendapat izin dari Rahmat, saya menggunakan foto selfie Rahmat bersama Nyak Sandang dalam pesawat sebagai tweet pembuka.  Foto-foto selanjutnya saya ambil ketika Rahmat bersama tim ACT  untuk pertama kali menyambangi rumah Nyak Sandang.  Saya mengabarkan apapun kabar yang saya dapat dari Rahmat melalui pesan pribadi di Whatsapp. Saya katakan pada Rahmat bahwa saya menginginkan foto Nyak Sandang bersama Presiden Jokowi sebagai bukti ke publik bahwa Nyak Sandang sudah bertemu presiden. Sayangnya, kata Rahmat, foto-foto tersebut masih di tim ACT lainnya, jadi Rahmat belum bisa memberikannya malam ini. Gagal mendapatkan foto dari Rahmat, saya menghubungi ‘orang dalam’ di Istana. Jangan tanya kenapa saya bisa berhubungan dengan orang-orang di istana, karena itu adalah rahasia negara (LOL). Beruntungnya, tidak pakai lama, saya dan 4 orang lainnya dari tim Aceh, langsung mendapatkan foto-foto Nyak Sandang bersama Jokowi. Senang karena kami termasuk orang-orang pertama yang mendapatkan foto-foto tersebut. Setelah itu saya langsung melakukan kultweet tentang Nyak Sandang dengan menggunakan foto-foto kiriman sdari Istana. Saat ini, foto-foto tersebut sudah tersebar dengan luas seantero jagad maya. 



Sampai saat saya membuat tulisan ini, ponsel saya masih terus berbunyi  karena notifikasi re-tweet (RT) dari tweet-tweet saya malam ini. Saya sempat terkaget-kaget. You know what? Selama enam tahun main Twitter, baru kali ini tweet-tweet saya di-RT sampai sedemikian banyaknya. Tidak lama setelah itu, saya mendapat kabar bahwa Nyak Sandang sudah menjadi Trending Topic  di twitter. Tanpa menggunakan hashtag, hanya ingin berbagi kabar, dan di-RT sampai puluhan kali, Nyak Sandang sukses menjadi Trending Topic  yang natural di Twitter.  



Saya sungguh-sungguh tidak menyangka. Inilah kebahagiaan kedua yang saya maksud setelah yang pertama tadi. Mungkin tidak sebanyak RT akun kepunyaan presiden yang sampai puluhan ribu RT, tetapi tetap saja itu membuat saya seolah-olah sedang terbang tinggi di antara mega-mega. Silakan bilang saya lebay, saya terima kok, hahaha.

Sekian dan terima traktiran.    
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Latest
Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
Inda Chakim
AUTHOR
23 Maret 2018 18.43 delete

Aku ngikutin berita nyak sandang mbk. Ikut seneng. Seneng banget. Sehat selalu buat nyak sandang amiinn

Reply
avatar
Efi Fitriyyah
AUTHOR
30 Maret 2018 11.28 delete

Semoga dimudahhkan semua keinginannya Nyak Sandang ya, Ecky. Aku pun kalau twit direply seleb femes udah girang bukan main. Apalagi kalau twit tanpa tagar jadi trending. Kayaknya bakal nyari trampolin biar puas loncat-loncat girang hahahaha *lebay*

Reply
avatar
zaenudin
AUTHOR
16 April 2018 08.52 delete

nyak sandang ? jadi penasaran pengen baca kisahnya.. tapi sebelumnya saya komen dulu ya mba.. semoga bisa dipenuhi beneran sama bapak jokowi.

Reply
avatar

Instagram @fardelynhacky