Buku 'How to be A Writer': apa yang kamu harap bisa dapatkan dengan membaca buku ini?



Buku ‘How to be a Writer’di atas adalah judul buku baru Primadonna Angela, salah seorang penulis novel laris di Indonesia. Tulisan ini saya buat dalam rangka mengikutsertakannya di kuis yang diadakan oleh Primadonna Angela di fanpage facebook miliknya. Saya memang senang ikut kuis, terlebih, senang dengan hadiahnya, hehee. Apalagi jika kuisnya adalah kuis yang mengharuskan pesertanya menulis tentang tema yang diinginkan oleh yang memberi kuis. Buat saya, sebagai penulis pemula, mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan menulis, baik berupa lomba ataupun kuis seperti ini, merupakan sebuah ajang melatih diri untuk menulis. Saya tak akan malu mengikuti hal yang bagi sebagian orang dianggap remeh temeh. Seseorang tak akan bisa membuat sebuah prestasi besar jika tidak membangunnya dari prestasi-prestasi kecil. Bolehlah saya sebut prestasi, jika seseorang memenangkan sebuah kuis menulis tentang sesuatu, meski tidak mendapat apapun. Setidaknya, prestasi karena sudah menghasilkan sesuatu, yaitu sebuah tulisan yang dinilai bagus.
Selain sebagai ajang untuk melatih kemampuan menulis supaya menjadi lebih baik, seperti saya sebut di awal, saya senang jika menang dan mendapat hadiah. Yeah...saya tak bisa pungkiri, motivasi kedua saya mengikuti lomba atau kuis menulis adalah hadiah. Motivasi ini yang membuat saya bertekad membuat tulisan yang terbaik untuk saya ikutkan di lomba atau kuis. Tentunya motivasi ini harus pula dibarengi dengan kerja keras. Seseorang tentu akan mendapat ganjaran yang baik jika dia mampu menghasilkan atau membuat sesuatu yang terbaik atas kerja kerasnya tadi. Jadi, jangan menganggap sesuatu yang buruk jika teman kita memiliki motivasi seperti saya ini. Di antara hadiah yang paling saya senangi adalah hadiah berupa buku. Sesuatu yang terasa berbeda buat saya dibandingkan hadiah berupa uang atau barang lainnya.
Well, di tulisan ini saya bukan hendak mengulas buku ‘How to be A Writer’. Saya bahkan belum memiliki bukunya, apalagi membacanya. Karenanya, temanya adalah apa yang kamu harap bisa dapatkan dengan membaca buku ini.
Lalu saya coba googling, obok-obok fanpage-nya mbak Donna serta langsung ke web-nya GPU, karena ingin mengetahui sekilas tentang buku ini. Maka inilah info sekilas tentang buku ini:
-       Ini adalah buku kedua puluh yang ditulis oleh Primadonna Angela dan sedikit berbeda dibandingkan buku-buku sebelumnya. Berbeda karena buku ini memakai konsep 2 in 1 di mana dalam satu buku terdiri dari dua bagian, yaitu fiksi dan non fiksi. Kedua bagian ini sama-sama menceritakan tentang dunia kepenulisan
-       Di bagian fiksi merupakan tulisan bergenre teenlit yang notabene merupakan bacaan remaja sementara di bagian non fiksi  adalah tulisan tentang materi dan tips-tips kepenulisan yang bisa dibaca oleh siapa saja, tidak hanya remaja.
-       Menurut beberapa ulasan yang saya baca, di bagian fiksi, buku ini menceritakan tentang seorang siswa, Zoya, yang bercita-cita menjadi penulis. Siswa ini mendapati dua hal yang berbeda dari dua guru Bahasa Indonesianya. Guru pertama adalah guru yang selalu memuji tulisan-tulisannya. Namun ketika guru pertama mengambil cuti hamil dan digantikan oleh guru Bahasa Indonesia yang lain, Zoya selalu mendapat coretan dan kritikan pada tulisan-tulisannya. Sementara pada bagian nonfiksi, beberapa ulasan menyebutkan bahwa materi dan tips yang ditulis oleh Primadonna Angela dalam buku ini sangatlah inspiratif, terutama buat siapa saja yang sedang belajar menjadi penulis.
Agaknya, karena hal-hal di atas, saya sudah mulai bisa meraba, kira-kira apa yang saya harap bisa dapatkan dengan membaca buku ini. Pertama, saya ingin menambah wawasan menulis saya dengan, tentu saja, banyak membaca. Saya suka menulis fiksi, jadi saya harus banyak membaca karya-karya fiksi orang lain. Kedua, saya ingin mendapatkan inspirasi yang sama dengan yang sudah membaca buku ini yaitu inspirasi untuk terus menulis dan menulis. Inspirasi bisa didapat dari mana saja termasuk membaca tips sukses yang ditulis oleh penulis sukses juga. Ketiga, karena buku ini merupakan panduan dua konsep –fiksi dan non fiksi– tentu  rasanya akan berbeda jika kita membacanya. Saran saya yang belum membaca buku ini, sebaiknya membaca bagian non fiksi terlebih dahulu baru bagian fiksi. Kenapa? Menurut saya, dua bagian ini seperti bagian teori dan bagian praktik. Non fiksi teorinya, fiksi praktiknya, hehee. Jadi, penulis tidak hanya omong doang dengan teori-teori tanpa membuktikan dengan praktiknya. Praktiknya tentu saja berupa karya yang dihasilkan. Tapi, mau membaca bagian manapun terlebih dahulu, itu terserah pembaca, saya sih hanya menyarankan saja, hehe. Udah gitu, teori dan praktiknya adalah dua hal yang sangat nyambung sekali. Dua-duanya berbicara tentang dunia kepenulisan. Keempat, meski sudah banyak yang menulis buku non fiksi yang mengulas tentang teori menulis, tapi saya jarang sekali mendapati buku fiksi yang menulis tentang dunia kepenulisan. Atau, saya yang ketinggalan ya, hehee. Makanya, saya ingin tahu, bagaimana sih dunia kepenulisan dalam tulisan fiksi. Dan, kelima, seumur-umur, saya hanya baru sekali membaca buku mbak Donna. Sudah lama sekali dan sekarang, hasilnya sudah rada lupa, hehe. Jadinya, saya ingin tahu dan belajar lagi dari gaya menulisnya mbak Prima. Biasanya saya suka mendapat suatu ide atau inspirasi tertentu setelah membaca karya-karya orang lain terlebih dahulu. Makanya, jika saya sedang mentok ide, saya mencoba mengumpulkan buku banyak-banyak, baik yang saya beli atau pinjam di perpustakaan di daerah saya, lalu saya habiskan beberapa waktu hanya untuk membaca saja.
Ahirnya, semoga saja buku ini bisa memberi manfaat seperti apa yang saya harapkan.  
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
lebah Jakarta
AUTHOR
23 April 2012 21.37 delete

Buzzz Buzzzz Buzzz
lam kenal

nice posting, aku baru blajar ngeblog n nulis makaci referensinya, mampir donks www.lebahjakarta.tk

Salam Madu juga Sengat

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
24 April 2012 17.40 delete

Terima kasih sudah berkunjung di mari
Aku juga baru belajar nge-blog nih. Yuuukk..kita belajar sama-sama :)
Insya Allah akan mampir ke blog-nya deh :)

Reply
avatar
saptorini
AUTHOR
12 Mei 2012 17.31 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
saptorini
AUTHOR
12 Mei 2012 17.33 delete

Assalamualaikum. Terima kasih dah join di blogku ya. Aku juga baru saja baca buku ini. Bukunya berguna buat belajar nulis. Di antara sekian banyak teori dan buku ttg bagaimana menulis, buku ini paling aku suka.

http://resensi-buku-buku.blogspot.com/2012/05/pronto-antonio.html?showComment=1336818137759#c1892034579972679555

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
13 Mei 2012 16.33 delete

terima kasih sudah mampir mbak Rini.
Aku baruuu aja selesai membaca buku ini. Mudah-mudahan bisa buat review-nya deh.
*langsung meluncur ke blog-nya mbak Rini*

Reply
avatar

My Instgram