Iljimae, Pahlawan Rakyat Korea Serupa Robin Hood

Sumber gambar: http://wikipedia.com


Judul: Iljimae
Sutradara: Lee Yeong-seok
Pemain utama:
-       Lee Joon Ki sebagai Iljimae/Yong Wo/Gyeom
-       Park Shi Hoo sebagai Ja Dol/Shi Ho
-       Han Hyo Joo sebagai Eun Chae
-       Lee Moon Shil sebagai Sew Dol

Iljimae’ dalam bahasa Korea berarti ‘Setangkai Bunga Mae Hwa’ (‘Il’ = satu, ‘Ji’ = cabang/tangkai,  ‘Mae’ = bunga Mae Hwa). Nama Iljimae kemudian dipakai oleh seorang pemuda keturunan bangsawan pada masa dinasti Joseon, Korea, yang aslinya bernama Gyeom. Istilah ‘Iljimae’ memiliki sejarah yang berkaitan dengan masa kecil Gyeom. Di halaman rumah Gyeom terdapat banyak pohon bunga Mae Hwa. Di bawah pohon inilah  Gyeom menghabiskan masa-masa bahagia bersama keluarganya dan di bawah pohon ini juga ayahnya dibunuh di depan matanya.  Lee Won Ho, ayah Gyeom difitnah sebagai pemberontak terhadap raja Joseon yang memerintah pada masa itu. Nasib membawa Gyeom menjalani hari-hari yang berat bersama keluarga miskin di sebuah desa, yang mengangkatnya sebagai anak dan menyembunyikan identitas Gyeom sebagai anak lelaki Lee Won Ho. Gyeom berubah nama menjadi Yong Wo.
Iljimae adalah pahlawan berpakaian hitam dan bertopeng pembela rakyat atas kezaliman raja beserta kroni-kroninya, yang berkuasa atas rakyatnya yang menderita dan kelaparan. Iljimae kerap melakukan aksi perampokan di rumah-rumah pejabat istana lalu membagi-bagikan hasil rampokannya pada penduduk miskin. Iljimae adalah Robinhood-nya zaman Joseon. Bedanya, Iljimae melakukan aksi tersebut karena dilatarbelakangi kisah balas dendamnya terhadap pembunuh ayahnya yang dilakukan oleh sebuah kelompok bernama Jeonwoohoe. Iljimae hanya mendatangi dan merampok di rumah para anggota Jeonwoohoe. Dalam setiap aksi perampokan yang dilakukannya, Iljimae selalu meninggalkan lukisan ‘setangkai bunga Mae Hwa’ sebagai penanda, di rumah-rumah yang dirampoknya.
Joenwoohoe adalah nama kelompok yang terdiri dari enam orang pemberontak termasuk Lee Won Ho, ayah Iljimae/Gyeom/Yong Wo. Kelompok ini diketuai oleh seorang lelaki yang kemudian diangkat menjadi raja. Sayang sekali, hingga episode terakhir saya tidak menemukan siapa nama pria yang ikut memberontak dan akhirnya menjadi raja dinasti Joseon ini. Mereka menggulingkan raja sebelumnya yang bernama Gwang Hae.
Ambisi menduduki tahta yang begitu besar, membuat raja yang menggantikan raja sebelumnya, gelap mata. Raja mendengarkan sebuah ramalan dari seorang peramal buta bahwa di masa depan akan ada sebuah matahari lain yang bersinar sangat cerah dan megah. Matahari yang dinanti-nantikan oleh rakyat Joseon. Akibat ramalan tersebut, raja mulai membunuh satu persatu teman sekomplotnya dulu yang sama-sama melakukan pemberontakan. Raja ini sangat paranoid, takut jika ada yang ingin merebut tahtanya. Ketakutan yang bersembunyi di balik jubah kekuasaannya dan para pembunuh yang setia dengannya. Perbuatan paling keji yang dilakukannya adalah dengan membunuh anaknya sendiri. Raja berpikir, jangan-jangan matahari yang dimaksud termasuk di dalamnya adalah anak kandungnya. Padahal seharusnya anaknya yang akan meneruskan tahta kerajaan, hanya saja raja tidak rela jika tahta tersebut direbut sebelum waktunya.
Bagi masyarakat dinasti Joseon, raja dianggap sebagai matahari, pemimpin tertinggi yang akan menerangi mereka. Dalam sejarah Joseon, jika ada dua ‘matahari’, maka salah satunya harus mati untuk membuat ‘matahari’ satunya lagi tetap hidup dan bersinar. Apapun cara akan ditempuh untuk melenyapkan ‘matahari’ satunya lagi. Cerita tentang ini menjadi salah satu latar belakang cerita drama ‘The Moon that Embraces the Sun’ yang pernah saya review di SINI.
***
Lee Joon Ki. Sumber dari SINI
Sebenarnya, saya sedang menonton drama terbaru Korea, ‘Arang and the Magistrate’, yang juga berlatar belakang sejarah dan legenda terkenal di Korea, namun saya mesti menunggu sampai drama tersebut selesai tayang di Korea sono (mudah-mudahan nanti saya bisa membuat resumenya). Dari ‘Arang and the Magistrate’, saya terpesona dengan akting sang aktor yang keren sekaliiiii... selain wajah tampannya yang terlihat keren.

Drama yang disutradarai oleh Lee Yeong-seok ini memasangkan aktor Lee Joon Kin sebagai pemeran utama, yang sebelumnya sukses besar dengan perannya sebagai banci dalam film ‘The King and the Clown’. ‘The King and the Clown’ adalah salah satu film Korea yang  membawa nama besar industri perfilman Korea ke kancah piala Oscar di tahun 2006. Film ini memecahkan rekor sebagai film terlaris Korea dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang sejarah perfilman Korea. Di negerinya sendiri, Lee Joon Ki menerima 10 penghargaan  dari film tersebut. Sayang sekali, dalam Iljimae, Lee Joon Ki hanya menyabet dua penghargaan saja. Namun kemampuan akting Lee Joon Ki telah lama dilirik oleh industri perfilman Jepang. Lee Joon Ki terkenal di Jepang sejak bermain dalam film ‘Virgin Snow’di tahun 2007. Tak berlebihan rasanya jika saya mengatakan akting Lee Joon Ki semakin lama semakin memikat, hingga baru-baru ini (September 2012) Lee Joon Ki menerima penghargaan dari Jepang atas sebuah program televisi di Korea yang diproduksinya sendiri. Selain Lee Joon Ki, drama ini juga melibatkan aktor Park Shi Hoo yang kemudian menjadi populer setelah mendapat peran utama dalam drama ‘Princess Man’, serial Romeo dan Juliet versi dinasti Joseon, Korea.  Peran Park Shi Hoo sebagai bangsawan baru melengkapi peran Lee Joon Ki sebagai preman pasar urakan. 
Park Shi Hoo. Sumber dari SINI

Komentar saya tentang Iljimae:
-   Ceritanya biasa saja, tentang pembunuhan lalu balas dendam oleh anak yang dibunuh

-   Terlalu banyak tokoh dalam cerita ini sehingga membuat saya harus mengulang ke beberapa adegan sebelumnya untuk memastikan kembali siapa sebenarnya tokoh tersebut. Saya tidak begitu hapal dengan nama-nama Korea kecuali nama pemeran utama

-    Meski berlatarkan cerita dengan intrik politik pada masa dinasti Joseon setelah kejatuhan raja Gwanghae, cerita tetap tidak lepas dari kisah cinta sang pahlawan rakyat bersama seorang putri bangsawan, Eun Chae, yang ternyata anak salah seorang yang ikut terlibat dalam aksi pembunuhan ayah Iljiame. Cerita ini sudah bisa ditebak sejak awal ketika Iljimae kecil (Gyeom) bertemu dengan putri tersebut di bawah pohon bunga Mae Hwa. Sayang sekali, saya tidak menemukan ‘chemistry’ antara keduanya. Tokoh Eun Chae yang diperankan oleh  Han Hyo Joo sukses membuat saya tidak menyukai perannya. Saya memang belum pernah melihat akting Han Hyo Joo di drama lainnya, tapi menurut saya, aktingnya di drama ini terlalu dibuat-buat, kaku, dan sedikit jaim. Mungkin itu sebabnya saya tidak menemukan chemistry antara Iljimae dan kekasihnya Eun Chae.  

-      Saya suka pelajaran pedang yang diberikan oleh guru Iljimae yang bernama Kong He dan guru Shi Ho yang bernama Chun. Shi Ho adalah saudara seayah dengan Iljimae, namun keduanya menerima ilmu menggunakan pedang dengan cara yang bertolak belakang. Jika Iljimae mendapat ajaran  menggunakan sebagai untuk menolong orang sementara saudaranya mendapat ajaran menggunakan pedang untuk membunuh orang. Ini termasuk adegan yang saya suka; satunya memanah kelinci dengan anak panah tumpul, satunya lagi menggunakan anak panah yang tajam sehingga kelinci tersebut mati. Dua pelajaran yang berbeda membuat dua saudara seayah ini saling bermusuhan di awal cerita.
Lee Moon Shik. Gambar dari SINI

-     Saya menyukai akting ayah angkat Iljimae (Sew Dol) yang diperankan oleh Lee Moon Shik. Menjadi pria miskin dengan menghidupi seorang anak angkat dan seorang perempuan yang sama sekali tidak mencintainya tidak membuat hidup Sew Dol patah semangat dan berkecil hati. Pekerjaan sampingannya sebagai pencuri membuat Sew Dol memiliki bakat besar menguasai trik-trik menipu si tuan rumah. Menariknya, Iljimae mempelajari teknik-teknik mencuri pertama sekali justru dari Sew Dol. Peran Lee Moon Shik justru menjadi menarik karena dia digambarkan sebagai lelaki miskin, bodoh, polos, dan tak berdaya, tetapi memiliki hati yang mulia terhadap seorang anak yang bukan anak kandungnya.  Kematian Sew Dol sebagai kematian orang kesekian yang berarti dalam hidup Iljimae sehingga menjadi alasan kuat bagi Iljimae untuk menuntut balas kepada penguasa.
Menariknya, ini bukan pertama kalinya Lee Moon Shik beradu akting dengan Lee Joon Ki. Sebelumnya mereka pernah dipertemukan dalam drama ‘101st Proposal’ dan film ‘Fly Daddy Fly’. Keduanya tayang tahun 2006. 

-     Adegan yang paling mengharukan buat saya adalah ketika Iljimae harus menyaksikan kakak kandungnya mati di tiang gantungan setelah Iljmae gagal pada percobaan memotong tali gantungan. Iljimae terpaksa menyaksikan kakaknya mati di tiang gantungan dan tidak bisa berbuat apa-apa demi menutupi identitas aslinya saat Iljimae menjadi buronan kerajaan. Adegan mengharukan lainnya adalah saat Iljimae dibunuh oleh raja di tempat yang sama saat raja membunuh ayah Iljimae sambil menatap langit dan memanggil-manggil ayahnya. Iljimae terlihat begitu menikmati proses kematiannya. 

-    Iljimae menjadi cerita yang tidak biasa karena endingnya yang cantik. Karena ini cerita dengan motif utama balas dendam, awalnya saya pikir ending cerita akan berakhir membosankan seperti ini:  Iljimae membunuh raja setelah semua pengikutnya dibunuh, menikah dengan Eun Chae, berdamai dengan Shi Ho, dan hidup bahagia selamanya. Ternyata, penulis skenarionya tidak segampang itu membuat ending. Saya mungkin termasuk satu di antara ribuan orang yang gemas dengan ending terbuka seperti ini dan bertanya-tanya serta mereka-reka sendiri, Iljimae hidup atau mati? Baiklah, saya menerka dia hidup karena beberapa tahun setelahnya, nama Iljimae masih dibicarakan dengan aksi-aksi pencurian yang dilakukannya. Hanya saja, Iljimae setelah ending adalah Iljimae yang berbeda dari sebelumnya. Dia seperti bayangan dan tak ada seorangpun yang tahu keberadaannya.  

Secara kesulurahan, Iljimae merupakan drama yang layak tonton jika anda menyukai cerita dengar latar belakang Saeguk dari versi rakyat jelata. Saya memberikan 3 bintang untuk cerita plus akting para pemain, serta setengah bintang lagi karena ada aktor Lee Joon Ki di dalamnya :D
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

21 comments

Write comments
Haya Nufus
AUTHOR
9 Oktober 2012 16.40 delete

Wuahhhhh ngomongin drama korea bisa sepanjang ini kak Eqi? Nufus juga suka tapi nggak terlalu hafal aktor-aktornya.... tampan sih mereka tapi tetep lebih tampan tiga lelaki di rumahku he..he...

Btw ceritanya mirip si Pitung juga ya :D tapi latar belakangnya berbeda.

Reply
avatar
Mugniar
AUTHOR
9 Oktober 2012 16.42 delete

Wedew .... yang ini nge-jleb banget mbak: aktingnya di drama ini terlalu dibuat-buat, kaku, dan sedikit jaim.

Adduuhh .. koq bisa yaa :D

Review film asing harus rajin me-rewind ya mbak Ecky, supaya keutuhan ceritanya nangkap dengan baik. Salut buat mbak Ecky :)

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
10 Oktober 2012 04.54 delete

Itulah mbak niar, aku kalo mereview tokoh terlalu subjektif, hahaha..apalagi ini tokoh yang baru pertama kali aku lihat aktingnya. harusnya gak boleh gitu. Minimal aku udah pernah lihat akting dia di film atau drama-drma lainnya sehingga bisa menjadi perbandingan tentang bagus nggaknya akting si tokoh utama perempuan.
Harusnyaaaaa, xixixi...

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
10 Oktober 2012 04.57 delete

Nufus:
kalo menurut baca-baca sih, mirip cerita Robinhood ya. Apakah mirip juga dengan si Pitung? wah, udah lupa saya cerita si Pitung, hihihi...
Saya juga, biar kata si Oppa Lee Joon Ki entu ganteng habis, tetap lebih ganteng dua pria di rumah saya :D

Reply
avatar
17 Oktober 2012 12.55 delete

whuaaa.. komplit :D

satu yang menurut saya susah. menghafal nama-nama mereka ..

hehehe

Reply
avatar
Ari Tunsa
AUTHOR
18 Oktober 2012 16.56 delete

wuaaaa.. drama korea identik dengan aktor/aktrisnya :D
saya kurang suka, tapi tak apalah kalo dipaksa, haha
salam

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
18 Oktober 2012 18.01 delete

Mbak Hana: saya dulu juga gitu mbak. Susaaah sekali menyebut nama mereka. Tapi begitu menyukai satu film atau drama, dan suka dengan akting aktor/aktrisnya, langsung bisa ingat nama mereka. tapi eh, ternyata lebih susah menyebut nama orang Thailand lho mbak. Nama mereka udah panjang, kadang double huruf mati lagi lagi. Lebih mudah menyebut nama orang Korea jadinya, hehee..


Mas Ari: Wah, ada kunjungan tamu. Terima kasih atas kunjungannya mas ari. Saya lihat blog ini dari blognya bang Dmilano.
Soal drama korea, duluuuuu saya juga begitu. Saya pikir sama seprti drama-drma Indonesia, tapi setelah melihatnya pertama sekali, ternyata beda sekali. Pantes jika korea sekarang booming dengan K-Pop nya :D

Reply
avatar
18 Oktober 2012 18.45 delete

Masih terus belajar untuk menyebut nama dengan menggunakan bahasa Korea dengan benar. Entah samapai kapan lancarnya nih Mba.

Sukses selalu

Salam Wisata,

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
19 Oktober 2012 02.17 delete

Hahhaaa..kalo saya lebih tertarik sama budayanya dan sikap kerjakkeras mereka mbak. Kalau soal nama, saya baru akan mudah nyebutnya jika saya nonton film atau dramanya. Apalagi kalau yang berkesan, serasa mudah nyebut nama-nama korea itu, hahaa...
Thank atas kunjungannya mbak :)

Reply
avatar
Etha C
AUTHOR
6 Februari 2013 15.04 delete

seharusnya park shi hoo yang jadi pemeran utamanya. soalnya suka dengan dia sih

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
6 Februari 2013 15.30 delete

Saya jug suka dengan Park Shi Ho. apalagi setelah menonton Cheongdongdam Alice. tapi, saya lebih suka Lee Joon Ki sih, hehehe...

Reply
avatar
rara
AUTHOR
19 Februari 2013 00.21 delete

Aku 2th baru bisa move on dari iljimae...

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
20 Februari 2013 10.12 delete

Ohya? kenapa bisa begitu? saking cintanya sama Iljimae-kah? :D

Reply
avatar
moocensusan
AUTHOR
14 Agustus 2013 10.46 delete

Wah aku juga penggemar berat film korea,... Il Ji Mae emang bagus banget... ada lagi yang bagus Warior Baek Dong So. di :LBS Korea

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
18 Agustus 2013 01.52 delete

Aku malah belum nonton Warrior Baek Dong So mbak :D

Reply
avatar
iwan01
AUTHOR
6 September 2013 10.24 delete

Informasi yang sangat BERMANFAAT..
Terima kasih..
Semoga SUKSES & salam KENAL dari :
==============================

Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
~
..Bukan SULAP bukan SIHIR
Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
~
Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
murah & mempunyai tingkat pengembalian modalyang sangat singkat.
Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
~
Anda akan mendapatkan :
-. Gerobak
-. Peralatan masak bakar
-. Peralatan masak goreng
-. Kompor, tabung gas & regulatornya
-. Brosur
-. Spanduk
-. Poster
-. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
-. Kaos
-. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
Materi inti :
~ Tata cara persiapan pembukaan outlet.
~ Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
~ Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
~ Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
~
Silakan kunjungi web kami:
~
www.tulanglunakgerobakan.com
~
atau :
SMS Center: 085781037499
Telpon & HP : 081318374450 (Telkom)
08561070103 (Indosat)
081806396669 (XL)
021-94946600 (esia)
021-70264774 (Flexi)
Kantor: 021-4759274
PIN BB : 28C97C54
email : bumi.amrita@ymail.com
~
& dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
Menu-menu andalan kami adalah :
1. Ayam Bakar Tulang Lunak
2. Ayam Goreng Tulang Lunak
3. Pepes Ayam Tulang Lunak
4. PepesCeker Tulang Lunak
5. Bebek Bakar & Goreng
~
Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
- Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
- ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
~
Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
1. Program Dalam Kota
2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
Terdiri :
-. Paket Usaha Standar
-. Mesin Presto
-. Training Produksi
Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
Info lebih lanhut bisa dilihat di :
http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
~
Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
2 pepes ayam tulang lunak
2 pepes ceker ayam tulang lunak
2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
~
Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
& dan calon mitra bisa langsung diskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
~
Tunggu apa lagi langsung silakan order…
~
SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
~
~

Reply
avatar
Ginny Laura
AUTHOR
23 Juli 2014 13.45 delete

WOW Keren nie artikernya
Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi deh !
Agen Bola, Bandar Bola Online, Situs Taruhan Bola, 7meter

Reply
avatar
1 Juli 2016 10.18 delete

Aku belum penah lihat drama ini... lain kali deh kalo internet lancar coba streamning hehe

Reply
avatar
dee diana
AUTHOR
17 Agustus 2016 09.47 delete

baru liat komentarnya. kenapa bukan park shi ho jadi aktor utamanya? lee jun ki pada saat itu adalah aktor senior. shi ho masih hobae. lee jun ki sendiri merupakan aktor yang kalau bagian saeguk dia sangat menguasai. lagipula dalam review diatas di sebutkan tentang king and the clown. kalau orang tahu bagaimana sangat berhasilnya film itu di korea dan mengangkat nama lee jun ki sendiri sebagai aktor terbaik maka sebenarnya shi ho di sini di pakai di iljimae untuk menaikkan karirnya. dan memang setelah iljimar park shi ho banyak di lihat para insam perfilman korea dan akhirnya bisa menyamai kepopuleran lee jun ki sendiri walau akhirnyashi ho sendiri harus jatuh karena masalah kekerasan seksualnya yang beberapa waktu kayaknya. lalu masalah pemeran yang kaku, memanh hyo joo itu aktingnya memang kurang bagus diantara para pemain yang lain.

Reply
avatar
29 Agustus 2016 10.44 delete

Hai Dee Diana, maaf, baru lihat komennya juga :D
Dengan semua yang kamu bilang, saya setuju. Pada waktu Iljimae dibuat, Park Shi Ho baoleh dibilang belum gilirannya mendapat peran utama. Kalo saya bilang sih, dia baru mau mulai naik daun (ulat kaleus naik daun :D) tapi belum sejauh itu. Pada saat Iljimae, Lee Joon Ki masih di atas Park Shi Ho, jadi wajar dooong jika Lee Joon Ki yang jadi pemeran utamanya. Nah, setelah main di Princess man, barulah Park Shi Ho yang naik. Gitu kira0kira mb Etha :D
Lagipula, kita kan tidak bisa memaksakan harus si anu atau si ono yang kita suka untuk menjadi pemeran utama di sebuah drama atau film. Kru film pasti lebih tau lah dari kita, mereka pasti punya pertimbangan yang sesuai dengan suasana prfilman di sana

Reply
avatar
Hana Han
AUTHOR
4 September 2016 09.21 delete

Duhh pdhl suka ma han hyo joo tp didrama ini dia baru yaa makanya ada yg bilang jelek?? Tahun ini drama dia bersaing ma drama junki ahihihih tapi masih bagusan drama W krn pemeran utamanya sama2 cakep aktingnya..

Reply
avatar

My Instgram