'Feedjit', untuk apa, sih?



Sesekali saya suka merhatiin siapa saja tamu yang datang berkunjung melalui Feedjit Live Traffic Feed, sebuah real-time widget yang saya taruh di sidebar kiri blog saya. Kunjungan paling banyak ya tentu saja kunjungan dari blogger Indonesia, terdeteksi nama provinsinya (bahkan nama daerah di provinsi tersebut), dengan sesekali mendapat kunjungan dari teman blogger yang berada di luar negeri, lengkap dengan warna benderanya dan judul postingan yang dikunjungi. Saat ini, rasanya bukan lagi hal yang aneh dan surprise lagi jika sesekali dikunjungi oleh teman-teman blogger yang berada di luar negeri. Adanya internet, adanya blog dan sosial media, membuat saya yang tinggal di ujung pulau Sumatera dan seorang teman di Atlanta, misalnya, menjadi seperti tak berjarak. Begitu kecilnya dunia dengan hanya membuka layar komputer dan menyambungkannya dengan internet.
Sebenarnya, apa sih fungsinya Feedjit ini? 
Feedjit merupakan mediasi pemantau siapa saja yang berkunjung ke blog kita. Bukan hanya memantau, Feedjit juga merekam jejak yang ditinggalkan di blog kita meski si pengunjung hanya sedetik saja berada di blog kita dan tak meninggalkan komen sama sekali. Dari negara mana (dilambangkan dengan bendera), apa nama tempat di negara tersebut, waktunya kapan, dan di postingan yang mana. Jika widget statistik blog hanya menampilkan jumlah total tayangan laman (perhari atau keseluruhan tayangan laman, tergantung widget yang dipasang), maka fungsi Feedjit adalah merekam data spesifik pengunjung blog kita. Hanya itu saja? Biasa aja mungkin, ya. Tapi coba klik ‘Real-time view’ di bagian paling bawah Feedjit. Maka kita akan diantarkan ke sebuah URL Feedjit milik kita. Seperti ini hasilnya:




Gambar di atas adalah URL Feedjit milik saya, yang saya ‘view’ dini hari menjelang pagi tadi. Jadi, dengan menekan  ‘Real-time view’ ini, di URL ini kita akan diberi info yang lebih spesifik lagi dari sekadar bendera negara, nama tempat, dan postingan yang dikunjungi. Untuk setiap pengunjung, kita akan diberi info lebih jelas tentang; operating sistem yang digunakan (ragam seperti dalam gambar), browser apa yang digunakan (Mozilla atau Chrome?), dari web apa si pengunjung mengunjungi  kita ('direct' untuk langsung, melalui google, blog atau web lain, atau 'blogger' jika mengunjungi dari dashboard blog).  Jika pengunjung melihat blog kita dari blog lain atau dari sebuah web, maka blog atau web tersebut juga akan ikut terekam. Yang menakjubkan adalah, jika si pengunjung mengunjungi blog kita melalui Google, si Feedjit akan merekam ‘KATA KUNCI’ apa yang digunakan oleh si pengunjung sehingga dia ‘terdampar’ di blog kita. Tulisan yang berwarna PINK adalah KATA KUNCI yang diketik di Google. Jadinya kita akan tau postingan mana yang populer dengan kata kunci tersebut. Asyik, kan?
Seorang blogger pernah memposting tulisan bahwa keberadaan widget feedjit di blog, seperti mata-mata untuk seorang pengunjung. Begitu ter-klik dengan si blog yang dikunjungi, mesin Feedjit ini langsung mendeteksi dan menayangkannya di sidebar anda. Tapi buat saya, melihat asal si pengunjung merupakan keasikan tersendiri. Karena saya berada di Thailand, jadi jika saya membuka blog saya, otomastis bendera Thailand juga ikut terekam di mesin Feedjit. Lalu jika beberapa jam lagi saya membuka blog lagi saya, namun bendera Thailand ini masih berada di posisi paling atas, berati dalam sehari itu belum banyak yang mengunjungi blog saya. Selain, tentu saja, dengan melihat jumlah total tayangan laman di bagian statistik blog. Apakah saya menyoalkan banyak atau sedikti pengunjung? Oh, sama sekali tidak. Maksud saya, sukur-sukur jika blog ini ada yang ngunjungin, kalo tak ada pun, ya tak apa juga. Tapii..tentu saja saya berharap yang pertama, hahaa..
Meski dunia seakan sudah tak berjarak, namun terkadang saya masih suka surprise jika melihat rekaman mesin Feedjit yang menunjukkan nama suatu daerah atau negara yang belum pernah terdeteksi sebelumnya. Misalnya, minggu lalu si Feedjit merekam sebuah tempat bernama Antananarivo dengan warna bendera yang kurang familiar buat saya, sehari setelah postingan saya tentang ODHA Berhak Hidup Sehat dan Layak. Wah, nama tempatnya unik. Di negara mana itu, ya? Begitu pikir saya saat melihat hasil rekaman Feedjit. Sebenarnya saya tak terlalu memikirkan siapa, blogger atau bukan, yang penting seperti yang saya bilang tadi, cuma pengen tau aja, ada yang berkunjung atau tidak setelah postingan saya yang terakhir :D Untungnya si pengunjung dari Antananarivo ini meninggalkan jejaknya di postingan tersebut. Oalaaaah...ternyata doi adalah si cantik Haya Nufus, teman blogger dan teman dunia nyata yang sekarang menetap di Madagaskar. Atau, misalnya, suatu ketika si mesin Feedjit merekam suatu tempat di daerah Papua sana, wah, saya merasa senang dong, ya, dikunjungi oleh orang yang tinggal di Papua :D  
Itu saja sih keasikannya buat saya, bukan soal mau memata-matain :D.
Nah, kalo sobat blogger, apakah memasang feedjit juga di blognya dan untuk apa?
***
Ohya, berhubung ada pendatang baru di dunia blog yang beberapa waktu lalu sempat nanya gimana cara masang Feedjit ini, caranya gampang kok. Ikuti aja langkah berikut:
1. Klik aja 'Live Traffic Feed' yang ada di sidebar kiri blog saya ini atau dari blog mana aja pun boleh.


 2. Akan muncul URL yang ini. Klik 'Choose Your Feedjit'


3. Klik 'Sign Up' di kolom completely free


4. Klik 'Get Your Traffic Feed'



5. Klik yang ini:


6. Klik beberapa yang saya beri tanda panah. Di bagian 'Blogger Blog', klik panah ke bawah lalu pilih platform blog sobat ya. Lalu klik 'GO'


7. Klik yang ini:


8. Klik yang ini:
9. Tambahkan ke widget blog sobat dengan meng-klik html/javascript

Nah, gampang, kan? Selamat mencoba :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

21 comments

Write comments
Katerina S
AUTHOR
19 Desember 2012 07.25 delete

Saya juga senang dengan keberadaan si feedjit ini, mbak Eki :D

Oh iya mbak, terkadang ada juga pengunjung yang tidak ingin terdeteksi lokasinya. Biasanya mereka meng-klik real time view, dilanjut dengan mengklik remove IP. Nah, kalau sudah begini, kehadirannya tak diketahui.

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
19 Desember 2012 10.31 delete

Wah mbak Rien, tambahan ilmu buat saya, berarti si pengunjung juga bisa menghapus 'rekam jejaknya' di blog kita juga ternyata.
TFS ya mbak

Reply
avatar
ade anita
AUTHOR
19 Desember 2012 14.49 delete

hehehe.. tutorialnya ngajarin untuk make feedjit yang gratis. Bukan tenaga pemasaran yang baik nih.. hahahaha.. tapi aku juga suka lliat perkembangan feedjit ini.. asyik aja kalau lihat bendera lain selain merah putih nongol di deretan nama pengunjungnya. atau nama kota lain selain kota jakarta (qiqiqiq, suka curiga, jangan2 yang datang dari jakarta itu aku sendiri lagi.. hahahaha).

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
19 Desember 2012 16.32 delete

wkwkwk...mbak ade ada aja ding. kalo ngasih tutorial untuk feedjit berbayar, saya bisa ditagih nanti sama yang masang, wkwkwk...
btw, kalo aku sih gak bisa curiga mbak ade, soalnya aku ndak punya teman blogger yang tinggal di Thailand, jadi bisa saya pastikan bahwa itu adalah saya, hahaa...

Reply
avatar
Sii Isni
AUTHOR
19 Desember 2012 22.05 delete

Isni nggak suka pasang feedjit kak, bikin semak. :D
Maunya anggun-anggun aja. :)
Templete isni aja udah cukup semak, dtmbah lagi dg icon2 macam2... hancur tak terurus. hiks

Reply
avatar
Mugniar
AUTHOR
20 Desember 2012 01.06 delete

Wiii detil begitu yak? Ini meningkatkan semangat menulis dan ngeblog ya mbak Ecky? pastinya dong, saya pun begitu kalo habis mengamati STATS dari dasbor blogger :)

Makasih sharingnya mbak, jadi tahu saya kelebihan d=si Feedjit ini

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
20 Desember 2012 11.28 delete

Mbak Niar:
Sama-sama mbak Niar. Saya juga baru tau detil kelebihan si feedjit ini. dulu-dulu, saya kira cuma nampang aja di samping buat ngerekam asal tempat pengunjung dan entry yang dikunjunginya, ternyata ada spesifikasinya, hehee

@Isni:
Tak apaaa..pilihan ada di tangan blogger masing-masing, hehee

Reply
avatar
Pakde Cholik
AUTHOR
20 Desember 2012 11.42 delete

Para pakar menyebutkan bahwa keberadaan widget ini kurang ada manfaatnya bahkan ngrusuhi widget dengan aneka bendera itu. Secara ekstrim malah ada yang ilang bahwa blogger vtak suka dimata-matai he he he.

Saya dulu pasang widget ini lalu saya ganti dengan histsts.com yang datanya leih rinci dan tak nambak ramai.

Bukan ngompor-ngompori lho jeng, namanya suka dan selera kan memang beda2. Para ABG memang suka blognya banyak asesorisnya.

Salam hangat dari Surabaya

Reply
avatar
Haya Nufus
AUTHOR
20 Desember 2012 18.59 delete

Aku ĵµƍα pasang kak, ∂άn asik aja ya intip2 siapa yåΩg berkunjung. Kak eqi yakin yåΩg dari Antananarivo itu si Haya Nufus? Mungkin ada secret admirer lain dari benua Afrika :D

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
20 Desember 2012 21.30 delete

Aiiiih...saya yakin itu kamuuuuu nufus. soalnya sebelumnya gak pernah ada nama tempat Antananrivo, eeh..pas dirimu komen di postingan sebelumnya, udah ada Antananrivo.
Lagian siapa lagi.
Pake acara ngak ngaku lagi..hayooo :p

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
20 Desember 2012 21.35 delete

Pakdhe Cholik:
Huaaaa....berarti aku kayak abege dong pakdhe.
Tapi, setelah kuperehatikan, memang ngrusuhi sih, hihihiii..

Ohya pakdhe, aku mau dong pakdhe, masang 'histsts.com'itu.
nanti kapan-kapan aku minta diajarin dong pakdhe ya. atau dibuat penjelasannya dikit di postingan pakdhe yaa :D

Reply
avatar
MF-Abdullah
AUTHOR
21 Desember 2012 03.47 delete

Penjelasan yang sangat detai dan terperinci.. makasih gan infonya...

Reply
avatar
isnuansa
AUTHOR
21 Desember 2012 11.11 delete

Mantap tutorialnya, Mbak.. Blog saya pakai Google Analytics, hampir sama sih fungsinya, tapi dia bisa diintegrasikan sama Google Adsense yang dipasang di blog..

Reply
avatar
wanspeak
AUTHOR
21 Desember 2012 11.20 delete

wah, mantep banget nih infonya...thanks ya udah sharing

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
21 Desember 2012 14.02 delete

Mas MF- Abdullah dan wanspeak:
Sama-sama. Semoga bermanfaat :)

Isnuansa:
Wah, baru tau ada Google Analytics. nanti saya coba googling deh. Belajar dari sana dan coba lihat apa perbedaanya.
Makasih ya atas infonya. Makasih juga atas kunjungannya :)

Reply
avatar
sarahbakri
AUTHOR
23 Desember 2012 20.42 delete

Sarah mau coba ah :D

Reply
avatar
sarahbakri
AUTHOR
23 Desember 2012 21.18 delete

Alhamdulillaah berhasil, makasi ya Ka Eqi. Kira-kira yang harus dibenahi dari blog Sarah apa ya Ka? masih amburadul yah? hehe

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
23 Desember 2012 22.52 delete

Blog sarah udah keren, kok Sar. Cuma mau kasih saran, untuk keterangan tentang pemilik blog (kalau saya namanya 'About Me') kayaknya terlalu panjang. Kayaknya kalimat itu bisa dibuat lebih ringkas. Ini cuma pendapat yang sangat subyektif yang sarah, boleh gak diiikuti kok, hehe..
Ohya, trus, di bawah widget feedjit, kok masih ada ada dua judul 'feedjit' juga? jadi menganggu sar karna di atas udah ada tampilan widgetnya. Bisa dihapus aja kayaknya tuh.
:)

Reply
avatar
11 Maret 2014 02.23 delete

Wah, musti nyobain ni, terimakasih infonya kak :D

Reply
avatar

My Instgram