Ngomongin Soal Page Rank, Ya Sudah, Ngeblog Sajalah



‘Terpesona’ dengan job review yang diadakan oleh web rumah gratis 123, yaitu dengan hanya menuliskan tentang adanya lomba yang sedang mereka adakan dan sedikit mengenalkan web mereka ke khalayak, tiba-tiba saya tertarik untuk ikutan. Awalnya, saya sempat nanya-nanya ke seorang teman, yang sudah duluan menulis review tersebut. Dari teman saya itu, saya jadi tahu bahwa pekerjaan tersebut didapat setelah dia mendapat order dari web bersangkutan untuk mereview. Intinya sih, bukan nulis duluan baru didaftarin seperti selama ini di lomba-lomba blog. Tapi, saya tidak mendapat info banyak dari teman saya itu. Pembahasannya cukup dengan mengatakannya dia mendapat tawaran. Padahal jelas-jelas saya nanya ‘gimana caranya bisa ngedapetin tuh pekerjaan?’. Entah apalah yang membuat teman saya itu tidak membahas topik ini lebih lanjut. Saya berpikir positif saja bahwa selama ini teman saya ini termasuk ‘to the point person’, malah kadang point-nya sering tidak mengena, sehingga mesti ditanyakan berulang-ulang.
Saya nyaris closed the case dan melupakan saja tentang hal itu. Sampai akhirnya saya mendapati tulisan seorang teman blogger yang (lagi-lagi) diikutkan untuk hal yang sama sebagaimana teman saya yang pertama tadi. Karena sebelumnya saya sempat tidak puas dengan jawaban teman saya tadi, iseng saya nanyain hal yang sama ke teman yang kedua. Saya cuma heran, itu katanya bukan lomba blog, tapi kok orang-orang pada menayangkan tulisan di blog, sih? Setelah saya sempat berbalas pantun dengan teman kedua, barulah saya mengerti duduk persoalannya. Singkatnya sih begini: web rumah gratis 123 itu sedang membuat lomba (ini bukan lomba blog ya, tapi lomba menebak rumah). Di samping itu, ternyata mereka juga mencari para blogger berpotensi untuk mempromosikan lomba yang mereka adakan tersebut. Promo tersebut tentu saja dalam bentuk tulisan yang diposting di blog. Yah, mirip-miriplah kayak lomba blog (tapi, -sekali lagi– ini bukan lomba blog), mereview gitu. Bagaimana mereka menentukan para blogger yang akan mereview kegiatan mereka? Itu tergantung page rank blog seseorang. Bagaimana mereka bisa tahu, sementara ada ratusan (atau ribuan) blogger Indonesia?  Wallahu’alam, saya nggak ngulik detail ke sana. Mereka kan orang-orang professional, tentu punya cara yang saya nggak tau. Setelah itu, barulah mereka mengirim pesan ke blogger-blogger ‘terjaring’.
Ya, teman saya yang pertama sudah membahas tentang page rank (yang menjadi syarat untuk job review ini), tapi waktu itu saya masih nggak ngeh maksudnya apa. Maklum, saya kadang suka gaptek ama urusan beginian, kerjaan saya nulis, nulis, dan nulis aja di blog. Prinsip saya ngeblog sejak awal, ingin mendokumentasikan tulisan, ingin berbagi, ingin agar saya tetap update dan rajin menulis, yah pokoknya agar saya selalu menulislah. Soal ada yang baca atau tidak, soal blog saya hanya dikunjungi oleh sedikit orang, tidak pernah menjadi beban buat saya.
Sampai akhirnya saya menjadi tahu yang sebelumnya tidak saya ketahui, dan karena hasil tersebut, saya tiba-tiba sedikit (sedikiiiiit saja ya :D) kecewa. Ya, akhirnya saya tau bagaimana mengecek page rank blog saya, yang ternyata hasilnya 1/10.  Saya bukan kecewa karena PR blog saya 1, tapi ternyata saya ditolak karena PR saya 1, heuheuheu... Saya telat tahu tentang PR? Ya biarlah, toh niat saya untuk ngeblog seperti yang tulis di atas ;) 

Page Rank saya 1 :D
Tapi, saya orangnya nggak pernah terlalu lama larut dalam kekecewaan. Apalagi setelah ‘kegalauan’ saya tersebut saya posting di hanya dua grup yang saya percaya, saya tiba-tiba merasa ‘tinggi’ kembali setelah sebelumnya sempat merasa down. Pasalnya, ternyata di luar sana, ada banyaaaak sekali orang-orang yang saya kenal, yang dia terkenal, yang dia punya banyak job dunia maya, yang dia aktif menulis, dan sejenis itulah, mereka memiliki blog dengan page HANYA 0. NOL, lho.
Well, kalo ngomongin tentang tinggi rendahnya page rank blog kita, memang itu ada kaitannya dengan; sudah berapa lamakah kita ngeblog? Apakah kita termasuk blogger yang aktif menulis di blog? Apakah kita blogger yang konsisten menulis? Nah, balik lagi kayak niat saya semula kan ya, bahwa kita mesti aktif, aktif, dan aktif. Konsisten, konsisten, dan konsisten. Menulis, menulis, dan menulis. Soal blogwalking dan ber-say hello dengan blogger lainnya, itu salah satu penunjang untuk hal-hal di atas. Sebagaimana hidup di dunia nyata, hidup di dunia maya juga butuh interaksi sosial, guys! Jika kemudian page rank blog kita naik dari PR sekarang, itu adalah hasil ketekunan kita. Nggak akan ada hasil tanpa usaha kan, ya? Di satu grup yang di dalamnya saya memasang status galau saya tadi, kalau ingin meningkatkan page rank secara cepat, saya disarankan untuk menulis sesuatu yang paling sering dicari orang, semisal ‘Tutorial membuat blog di blogspot’. Yah, yang sejenis gitulah, yang kalau dicari pake mesin pencari Google, tutorial kita itu langsung nongol. Boleh juga sih sarannya, secara, bahkan sebelum saya diberi ide tersebut, saya pernah membuat tutorial bagaimana memasang Freedjit di blog. Tapi postingan tersebut gak popular-popular amat, karena, walaupun isinya tutorial tapi judulnya BUKAN sesuatu yang dicari orang, ahahaha… Yah, begitulah, saya orangnya gak mau terlalu pusing dengan kata-kata kunci. Itulah sebabnya saya tidak pernah berjodoh dengan SEO, ahahahhhh…
Pada akhirnya, saya kembali saja ke prinsip semula aja. Bahwa menulis adalah sebuah kesenangan, keasikan, dan terapi jiwa buat saya. Saya meresa lega jika saya selesai membuat sebuah tulisan, senang jika kemudian tulisan tersebut dibaca orang dan memberi manfaat, merasa hidup ini indah jika tulisan saya dibuat di media; itulah terapi jiwa buat saya. Seperti kata kak Beby, seorang editor di penerbit Mizan; yang penting nulis aja terus dan terus, kalo banyak pengunjung, anggap aja itu bonus. Toss untuk pendapat seperti itu, dengan saya tambahin nih; bahwa pekerjaan menulis adalah pekerjaan sunyi, mungkin akan dilirik mungkin tidak, tapi yang penting kita sudah berbagi.
Jadi, masihkah saya memikirkan tentang page rank blog ini? Nggaklah, saya nggak mau stress kayak orang-orang yang pusing-pusing mencari cara agar blognya cepat naik. Kalau kebetulan saya akan nulis tutorial entah apa gitu, itu karena ada ide tentang itu. Kalau kemudian saya nulis yang remeh temeh, itu juga karena memang hanya segitulah ide yang saya punya. Tapi, masihkah saya akan terus meng-update blog ini? Ya, tentu saja saya akan melakukannya dengan gembira dan hati riang.*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

18 comments

Write comments
28 Juli 2013 04.39 delete

hihi, yang jawab to the point aku ya, mba eky? :D
setiap blogger yang pengen dapet job review, dari agensi mensyaratkan alexa dibawah 1 juta, dan pagerank minimal 1. bahkan ada yang mensyaratkan jumlah pengunjung harian sekian sekian. kalo diseriusin lumayan lho, mba. di idblognetwork aja sekali dapet job bisa dinilai 1 juta-an. belum job yang lainnya. jadi tergantung pinternya kita aja melobi yang nawarin review. sayang kalo nulis tidak dengan memasukkan unsur seo, karena nanti postingannya yang baca temen2 kita aja. di grup baw pernah aku bahas gimana cara biar ngeblog tetep bisa update dan pagerank juga naik. silahkan diklik2 lagi :D

Reply
avatar
keke naima
AUTHOR
28 Juli 2013 04.40 delete

Sy bbrp lalu terobsesi sm pagerank. Apalagi sempet bingung sendiri karena sy blogger lama, dr dulu selali aktif menulis bahkan blogwalking tp tetep aja PR sy 2. Dikasih tau jg ttg menulis yg paling seing dicari, misalnya ttg tutorial. Tp lama2 sy merasa beban juga kl hrs menulis yg bukan sy banget atau hy sekedar mengejar PR. Akhirnya biarin aja, deh. Yg penting tetep nulis :-)

Reply
avatar
Vanda Arie
AUTHOR
28 Juli 2013 04.45 delete

Toss mb Ekky :D ternyata dakuw punya teman hihi. aku jg ga mau pusing2 mikirin itu. Menulis, berbagi, bahagia. Yang lainnya bonus tambahan :)

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
28 Juli 2013 04.52 delete

Mbak Chie Myra: wah, ternyata pernah juga sempat 'terobsesi' seperti yang saya alami hari ini, tho? yah, wajarlah mak ya, apalgi lihat orang dengan posisi 'tinggi'nya itu, kadang suka bikin iriiii...
Tapi, beneran, hidup kayak gitu gak bikin enjoy, gak diri sendiri banget.
ya sudah deh, yang penting nuliiiiis ajah mak. makasih udah berbagi ya mak ;)


Mbak Vanda: nggak usaaaaah mak mikir-mikir PR, yang stress sendiri, trus bunuh diri #eh *lebay :D

Btw, kayaknya saya lihat Ila deh tadi, tapi ke mana dia, ya?
Apa komennya dihapus, ya?

Reply
avatar
Katerina S
AUTHOR
28 Juli 2013 05.07 delete

"Bahwa menulis adalah sebuah kesenangan, keasikan, dan terapi jiwa buat saya. Saya meresa lega jika saya selesai membuat sebuah tulisan, senang jika kemudian tulisan tersebut dibaca orang dan memberi manfaat, merasa hidup ini indah jika tulisan saya dibuat di media; itulah terapi jiwa buat saya."

Setuju banget mbak Eki.

Saya pribadi juga tak memikirkan soal page rank, jumlah pengunjung, apalagi komentar.
Bukan saya tak menghargai mereka yang berkunjung dan komentar ya, tapi di sini yang saya maksud jika tanpa kunjungan dan komentar, ya saya tetap akan ngeblog. Menulis ya menulis, dilihat/dibaca ya syukur, ga ya ga masalah.

Kemarin2 sih teman yang pasca MP ditutup ada yg ke blogspot, pas tau BS sepi dan ga banyak komentar, mereka pindah ke WP. Nah saya ga ikut2an dan ga mau begitu. Menulis bukan soal rame atau sepi komentar, tapi menulis ada soal kita 'puas' dengan apa yg sudah kita keluarkan dari pikiran.

Berapapun posisi kita di pagerank, ngeblog mah lanjut mbaaaaaak :))

Reply
avatar
28 Juli 2013 05.15 delete

Mbak Ecky, kalo rajin update misalnya seminggu bisa sampe 3 kali dan rajin promo ke grup2 juga rajin BW, insya Allah PRnya cepat naik. PR 1 itu bagus koq menurut saya. Iya benar, gak usah dipikir, santai saja :)

Reply
avatar
28 Juli 2013 05.59 delete

Mbak, kalo buatku kadang emang nyesek banget kalo pasang PR dan hasilnya masih gitu-gitu aja. Tapi ya sekarang yang penting menulis. Itu cukup.

Reply
avatar
dapurhangus
AUTHOR
28 Juli 2013 07.48 delete

PRku jg cuman atu, samaaaaa.... Ga konsisten nulis soalnya :D

Reply
avatar
Miss Fenny
AUTHOR
28 Juli 2013 08.57 delete

*PR Fenny juga cuma NOL -sambil bisik-bisik :D

Reply
avatar
Khaira Hisan
AUTHOR
28 Juli 2013 09.27 delete

Writing is healing, kak :D

Reply
avatar
Ihan Sunrise
AUTHOR
28 Juli 2013 10.10 delete

eki, masih mending ada 1 aku 0 alias enol hahahahah....padahal aku udah ngeblog dari tao jebot, tapi ya biasa ajalah, nggak ada target apa-apa untuk blog meutuwah nyan

Reply
avatar
moocensusan
AUTHOR
28 Juli 2013 10.33 delete

PR ku not available, kmrn sempet membabi buta sih komen sana sini demi sebuah PR dan salah satu syarat diterima di sebuah web untuk jd publisher tapi emang bikin stress sendiri mikirin PR.. akhirnya nyerah tanpa syarat hehe... biar aja mengalir yang penting nulis.

Reply
avatar
28 Juli 2013 11.00 delete

Hehehe...., kayak saya, bisanya nulis..., nulis..., dan nulis... PR itu apa sih? saya ga paham, bahkan setelah blog saya yang dikasih Pakde (amazzet.com) dipasang PR sekalian, saya juga belum ngeh. Akhirnya, belum lama ini blog saya ini juga saya pasang PR, meski bisanya baru masang, hehe....

Reply
avatar
Milo
AUTHOR
28 Juli 2013 11.13 delete

Waktu awal ngeblog pagerank saya 0 lho. Ampe curhat di blog soal itu. Trus naik jadi 1, abis itu naik lagi jadi 2. Saya juga nggak pake keyword yang bisa naikin pagerank. Tahu sendiri lah blog saya bahasanya suka-suka :D

Sekarang malah galau ngeliat rank Alexa yang makin endut, sempat 3 jutaan. Yatapi, nggak ngaruh juga sih, karena saya juga nggak nyari iklan :D

Yang penting mah tetep eksis di blogosphere :D

Reply
avatar
28 Juli 2013 13.57 delete

Wah saya jadi kesindir nih saya teman yang keberapa di cerita ini ya? hihihi

Mbak bukannya page rank itu makin kecil makin bagus? IMHO :D

btw , kita nulis sajalah nulis itu kan buat kita bukan buat hal-hal lain. kalau ada rezeki ya terima saja deh hehe

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
28 Juli 2013 20.25 delete

Makasih ya emak-emak, calon emak, dan bapak-bapak yang ikut nimbrung di postingan ini. Mau baas satu-satu sebenarnya, tapi entah kenapa sekarang gak bisa balas satu persatu lagi, hehee...
Makasih atas sharingnya yaaaa....satu yang pasti; yuuuuk kita semangat ngeblog. Soal naik rank nantinya, anggap aja hadiah karna udah udah rajin nulis. Iya nggak manteman, xixixi...

Mak Hana: maaaaak...udah kubalas di inbox ya maaak ;)

Reply
avatar
Lisa Tjut Ali
AUTHOR
29 Juli 2013 17.59 delete

belum ngerti dari sudut mana mereka menentukan page rank nya

Reply
avatar
fardelynhacky
AUTHOR
1 Agustus 2013 19.15 delete

Lhaaa....entu di atas udah kutulis maaaaak ;)

Reply
avatar

My Instgram