Ice Bucket Challenge

Mark Zuckerberg menerima tantangan #alsicebucketchallange

Akhir-akhir ini, media sosial terutama youtube, sedang heboh dengan ‘ulah’ para pesohor dunia dengan aksi siram menyiram tubuhnya masing-masing. Tak pakai lama, aksi para pesohor ini menjadi trend topik paling hot di minggu kemarin. Coba saja buka media sosial apa saja dan ketika hastag  #als atau #icebucketchallenge atau #alsicebucketchallange, ragam berita dan link video akan bermunculan. Awalnya saya tidak begitu ngeh dengan aksi #alsicebucketchallange ini, jika saya tidak menjadi kepo dengan salah satu penampakan video para aktor dan aktris Korea Selatan yang sedang menyiramkan tubuhnya pakai air, di lokasi syuting. Mana malam-malam lagi. Mana yang melakukannya tidak cuma satu orang, tapi rame. Menit ini berita tentang Jo In Sung yang seluruh tubuhnya disiram air dingin, beberapa menit kemudian nongol lagi video Jang Hyuk yang melakukan hal yang sama. Begitu seterusnya, edisi siram menyiram ini menjadi semakin rame dan heboh. Saya pikir, ada apa ini?
Ternyata, ini bukan sekadar aksi hura-hura, ada aksi amal yang melatarbelakanginya. Aksi tersebut adalah ALS Ice Bucket Challenge.  ALS Ice Bucket Challange adalah viral video di mana dalam video tersebut  terlihat seseorang menyiramkan/disiramkan seember es batu dan air dingin kepada dirinya sendiri sebagai tanda dukungan dirinya atau bukti telah menyumbang kepada Asosiasi ALS. Sebelum ember tertuang, biasanya ia akan menantang temannya untuk melakukan hal yang sama tidak boleh lebih dari 24 jam. Kabarnya, jika teman yang ditantang tidak membalas tantangannya, maka si penantang tadi harus menambah donasinya.
Gara-gara ALS Ice Bucket Challenge, saya jadi penasaran dengan istilah ALS? Penyakit apa itu? Jujur saya belum pernah mendengarnya. Bagi yang mulanya bernasib sama seperti saya, silakan cari tahu lebih banyak info tentang Amytrophic Lateral Sclerosis (ALS) di SINI dan di SINI.
Intinya, sampai saat ini penyakit ini belum diketahui apa penyebabnya sementara dampaknya sangat mematikan. Berlatar belakang kondisi tersebut, ada sebuah organisasi dunia bernama ALSA (www.alsa.org) yang berinisiatif mengumpulkan dana untuk penelitian penyakit ini. Kabarnya, penelitian tersebut membutuhkan dana yang sangaaaaat besar.
Entah siapa yang memulai, tapi yang pasti, seminggu kemarin euforia #alsicebucketchallange di dunia maya hampir bisa ditemui setiap detik. Yang pasti lagi, challenge atau tantangan ini pertama kali heboh adalah dari kalangan pesohor di Amerika Serikat. Oprah Winfrey, Britney Spears, Justin Biber, Jennifer Lopeaz, dan… banyaaaak. Ketik saja nama-nama bintang Hollywood disertai hastag # alsicebucketchallange, di youtube atau Instagram atau media sosial apa saja, deretan video mereka menyiram air atau disiram air dingin akan nongol. Makin ke sini, saya lihat kebanyakan mereka disiram/dimandiin oleh orang lain, bukan menyiram tubuhnya sendiri. Yang penting sih esensinya; mandi air dingin.
Bermula dari Amerika, viral video tersebut merembet ke jejaring sosial selebriti Asia. Tiga sampai empat hari pertama dilaksanakannya challenge, hanya ada video milik pesohor Amerika, namun menjelang akhir minggu kemarin kemarin, pesohor dan public figure Asia mulai ambil bagian melakukan aksi #alsicebucketchallange ini. Dua negara di Asia yang menjadi pelopor adalah Taiwan dan Korea Selatan, dua negara di mana industri hiburan dan perfilemannya sedang naik daun dan dilirik oleh Amerika.   
Sampai hari ini, awal minggu kedua, sudah ratusan video #alsicebucketchallange bertebaran di berbagai media sosial. Bahkan mungkin para selebriti Indonesia sudah ikut ambil bagian juga.
Aksi ini bukan tanpa protes. Ada banyak kalangan yang mengkritik kegiatan ini. Mulai dari akademisi sampai dari kalangan selebriti sendiri. Karena tentu saja tidak semua seleb ikut ambil bagian. Dari yang tidak ikut tantangan, sebagian mendukung saja sambil menyumbang tanpa harus ikut tantangan dan sebagian lagi menyumbang sambil menyuarakan kritikan. Isi kritikan juga beragam, misalnya; karena pemborosan air, karena dampak kesehatan yang buruk jka mandi air dingin, euforia, dan sebagainya.
Lalu bagaimana saya melihatnya? Kalau saya menjadi selebriti *aiiishhh…ngayal* saya mungkin akan bergabung dalam kelompok selebriti yang tidak ikut ambil bagian dalam tantangan tapi tetap ikut menyumbang. Tak perlu kritiklah. Saya ambil positifnya saja. Jika tidak ada kegiatan #alsicebucketchallange ini, mungkin saja saya dan anda sekalian tak akan pernah tahu penyakit ini. Ketika saya membaca berita tentang aktris cantik Yoon Eun Hye yang menyatakan bahwa dia tidak akan ambil bagian dalam #alsicebucketchallange tapi tetap menyumbang, saya menemukan satu komentar menarik di antara ragam komentar yang bernada mem-bully; (terkait berita selebriti, saya kadang suka memerhatikan komentar orang-orang)
You know that because of the ice bucket challenge, tons of people now know about ALS disease? Last week, my entire school was talking about ALS and now we’re spreading it even more. The point of this challenge was to spread awareness, and if my whole entire school can learn about it in a week, then tons of others will too. If this ice bucket water challenge didn’t happen, would you have known about ALS disease? If you did, then awesome! But others don’t and are becoming aware because of these videos.
That’s the point, guys! Mengenalkan penyakit ini, menyebarkan kesadaran ke seluruh penjuru dunia, dan mengetuk pintu hati umat manusia untuk peduli sesama.
  So, congratulation for #alsicebucketchallange.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

16 comments

Write comments
HM Zwan
AUTHOR
26 Agustus 2014 10.52 delete

wah,unik juga..malah saya tau dari sini mbk hehehe..

Reply
avatar
Ika Koentjoro
AUTHOR
26 Agustus 2014 12.29 delete

Aksi seru-seruan yang bermanfaat ya mbak

Reply
avatar
26 Agustus 2014 12.52 delete

Kalo saya, awalnya tau pas lihat Jon In Sung disiram air mbak :v

Reply
avatar
26 Agustus 2014 12.54 delete

Iyaaa mbak, mereka ikut aksi dan ikut menyumbang juga, jadi sekadar heboh-hebohan di medsos aja :D

Reply
avatar
26 Agustus 2014 13.15 delete

Luar biasa ya pengaruh dunia internet & media sosial.

Reply
avatar
26 Agustus 2014 13.40 delete

idem tahu dari sini juga, kalo yang jupe tuh icebucket challenge juga bukan yaa

Reply
avatar
27 Agustus 2014 15.34 delete

kak eky pajan ikt icebucketchallenge???
hahaha
berreh kak :D

Reply
avatar
27 Agustus 2014 23.03 delete

kalau yang jupe aku kurang tau mak, udah jarang ngikutin berita artis dalam negeri mak :D

Reply
avatar
27 Agustus 2014 23.05 delete

Lon hana ikot mursal. Bukan artes :v

Reply
avatar
28 Agustus 2014 15.35 delete

aakk.. drama terbaru nya Jo in sung kan ada nyerempet2 ke Als kak Eky, kalo netizen mah nggak heran, KSH nyumbang lebih banyak aja di bully. Tapi ya tadi, kalau mau nyumbang ya nyumbang aja gak perlu pake pidato yang panjang kenapa dy nggak ikut challenge ini.. hehehe.. di India malah udah ada #RiceBucketChallenge.

Reply
avatar
28 Agustus 2014 19.10 delete

Iya mak...Nickhun juga gak ikutan tuh dan lebih nyumbang 100 dolar aja katanya :)

Dan setuju sama point terakhir sih mak...
Karena banyak seleb yang partisipasi, banyak orang lebih aware akan penyakit ini...

Sebaiknya sih, para seleb itu ice bucket challenge juga, nyumbang juga sih harusnya mah...hihihi...

Reply
avatar
29 Agustus 2014 02.13 delete

Oh iyaaa...drama terbarunya kan bahas banyak penyakit yang sebelumnya saya belum pernah dengar. samalah kayak ALS, belum pernah dengar sebelumnya, jadi tau apa itu berkat Ice Bucket Challenge ini.
yang di India malah lebih bagus challenge-nya ya cut, langsung menyerahkan beras ke orang-orang miskin, hehee

Reply
avatar
29 Agustus 2014 02.15 delete

Iyaaaa mak, ada baca berotanya si Nickhun entu mak, sama kayak Yoon Eun Hye juga gak ikutan challengen ini, tapi cuma nyumbang doang, hehee..
Thanks udah datang kemari mak :D

Reply
avatar
situnis
AUTHOR
31 Agustus 2014 01.25 delete

Coba ada yang buat ttg schizophrenia, atau bipolar, atau pasung. Kan lebih indah untuk pasien kita :)

Reply
avatar
Oji
AUTHOR
9 April 2015 16.50 delete

Nah ini yg mainstream coba kalo hot bucket challenge pasti rame tuh wkwkwk :v

Reply
avatar

My Instgram