You Who Came From The Stars; Alien Versi Korea



Akhirnya, saya  selesai juga menonton drama You Who Came From The Stars –dengan terengah-engah.  Jika saya membaca sebuah buku atau novel dengan terengah-engah, bisa dipastikan saya tidak begitu menikmati buku tersebut. Hal  yang sama juga berlaku untuk film atau drama. Padahal drama ini begitu fenomenal dan terkenal, hampir di seluruh negara di Asia.
Sebenarnya, tidak ada yang begitu istimewa dari drama ini, hanya idenya saja yang mungkin berbeda dari drama-drama lainnya, yaitu cerita tentang kedatangan alien ke bumi. Tapi setelah menontonnya, drama ini tetap tidak memikat saya. Saya malah skip beberapa bagian yang membosankan.
 Premis cerita drama ini cukup sederhana, yaitu tentang alien yang jatuh cinta pada manusia. Berbeda dengan gambaran alien d film-film Hollywood, alien versi Korea adalah alien yang super-duper  tampan. Yeah, bukan drama Korea namanya jika tidak menampilkan aktor utama yang tampan, terutama drama-drama percintaan, karena memang itulah andalan mereka :D Ceritanya, alien tersebut tertinggal oleh pesawat UFO yang membawanya ke bumi, dan karenya dia terpaksa tinggal di bumi selama 400 tahun lamanya, menunggu sampai pesawat UFO selanjutnya ‘mampir’ di bumi dan membawa kembali sang alien ke asalnya. Namun, tiga bulan sebelum kembali ke planet asalnya, sang alien tiba-tiba jatuh cinta pada seorang manusia di abad modern, hal yang selalu dihindarinya selama hampir empat ratus tahun lamanya, yaitu terlibat perasaan dengan manusia dan terlibat dalam masalah-masalah di dunia manusia. Masalahnya, alien tampan yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun ini terlanjur ikut terlibat pada sebuah kasus pembunuhan yang menyeret nama seorang aktris cantik yang sombongnya nggak ketulungan. Dari sinilah konflik drama ini dimulai.  
Sejak awal kemunculannya, drama yang memasang dua pemain papan atas Korea Selatan; Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun ini sukses membius penonton. Ini bukan pertama kalinya Kim Soo Hyun dipasangkan dengan aktris senior Jun Ji Hyun. Tahun 2012 lalu mereka pernah beradu akting dalam film The Thieves, film yang merajai box office perfilman Korea Selatan saat itu.
Drama You Who Came From The Stars tayang perdana di TV SBS Korea Selatan pada 18 Desember 2013 dan berakhir pada 27 februari 2014, dengan total 21 episode. Awalnya, drama ini direncanakan hanya sampai 20 episode saja, namun karena tingginya antusias penonton, baik di Korea maupun di di luar Korea, drama ini mendapat tambahan 1 episode lagi. Sesuai prediksi, drama ini mendapat rating yang memuaskan (hampir mencapai rata-rata 30 persen) dengan menduduki peringkat pertama sejak episode keenam hingga ending. Sesuatu yang kecil kemungkinan akan terjadi hanya jika pemainnya bukan Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun. Pasalnya, meski ide cerita tentang kedatangan alien ke bumi adalah cerita yang sama sekali baru untuk drama Korea, namun dalam perjalanannya, drama ini justru malah terlalu biasa-biasa saja, jika dilihat dari unsur-unsur yang menyertai sebuah cerita. Plot cerita berjalan lambat (saya justru menangkap seperti dilambat-lambatkan) dan membosankan, konflik yang terkesan maksa agar cerita ini bisa berjalan panjang, dan ending yang mudah ditebak.
Ini saya ngomong apa, sih? Saya mau berharap apa gitu dari drama Korea yang umumnya memiliki tipikal cerita dengan pola yang sama? Akhirnya saya sadar; BIG BIG NO! Padahal, karena ide cerita ini tentang alien yang terdampar ke bumi, saya berharap ceritanya lebih banyak menitikberatkan tentang konflik sang alien terkait akan keberadaannya di bumi, di sepanjang episode. Biarlah perasaan cintanya pada sang aktris menjadi pemanis sebuah cerita. Masih ingat film India berjudul Koi… Mil Gaya yang dibintangi oleh Hritik Roshan? Nah, film India dengan tema cerita alien ini keren sekali. Dan inilah kekurangannya drama, cerita bisa menjadi tidak fokus. Di awal-awal –porsi penceritaan latar belakang sang alien, lalu bagaimana dia hidup selama ratusan tahun, serta sebuah kisah yang menghubungkannya dengan seseorang di masa depan, mendapat porsi yang banyak untuk diceritakan, namun makin  menuju ending, ceritanya makin menye-menye. Cengeng. Memang benar bahwa sang aktris adalah sebuah cerita yang tersisa dari kisah masa lalunya di ratusan tahun lalu, namun tetap saja bagian ini tidak seharusnya mendapat porsi yang terlalu banyak.
Ya, jika bukan karena peran Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun, mungkin saja drama ini tidak akan sebombastis ini. Mungkin ya, jika tipikal penontonnya kebanyakan seperti saya, di mana saat menonton film/drama, saya memosisikan diri saya seperti sedang membaca buku di mana fokus saya lebih ke logika cerita.  
Di drama ini, saya justru hanya melihat kekuatan pada Jun Ji Hyun saja, bukan Kim Soo Hyun. Dari awal hinggal akhir, akting Jun Ji Hyun itu amazing, luar biasa, awesome, excellent, dan segala jenis kata pujian sejenisnya, deh. Dia tampil sempurna di semua scene dan peran ini cocok dengan karakter yang melekat pada Jun Ji Hyun. Bagi yang pernah menonton film My Sassy Girl (dirilis tahun 2001), film yang kemudian membawa nama besar Jun Ji Jyun saat itu, akan menemukan benang merah karakter Jun Ji Hyun. Dan di film The Thieves serta drama You Who Came From The Stars ini, Jun Ji Hyun menunjukkan perkembangan akting yang luar biasa. Kiranya, ini adalah sesuatu yang wajar mengingat selama ini segmen utama Jun Ji Hyun di dunia akting adalah film, hanya sedikit saja drama yang memasangnya sebagai bintang.   
Sementara Kim Soo Hyun, meski tetap mampu mengimbangi peran Jun Ji Hyun, meski namanya kemudian dipuja-puja, namun saya tidak menemukan kekuatannya di drama ini. Ya, hanya di drama ini. Lihatlah bagaimana adegan menangisnya yang terisak-isak itu. Jelek banget, deh. Tambah jelek lagi karena adegan menangis itu disebabkan oleh hati yang terluka/merana karena cinta. Berbeda sekali dengan akting menangisnya dalam drama The Moon That Embraces The Sun, di mana karakternya memang 'wajib' seperti itu. Sebagai seorang raja, dia hampir saja membunuh seseorang yang dicintainya. Poin perbedaannya itu. Siapa sih yang tidak akan menangis jika itu menyangkut nyawa seseorang. Tapi menangis karena merana oleh cinta dan tidak ada yang mati karenanya, helooo… Harus diakui, Kim Soo Hyun termasuk dalam jajaran aktor Korea pendongkrak rating. Dengan memasang dia sebagai lead actor saja, posisi rating sudah di atas.   
Itu baru ngomongin soal akting dan peran masing-masing, belum membahas soal ceritanya. Satu-satunya logika cerita yang susah saya terima adalah seorang tokoh begitu mudahnya melupakan wajah tokoh lainnya padahal tokoh tersebut sama sekali tidak amnesia, dan wajah tokoh tersebut sama sekali tidak berubah.   Jadi begini, seseorang menyelamatkan nyawamu 12 tahun lalu dan kau melihat jelas wajahnya tapi kemudian kau lupa wajahnya CUMA dalam waktu 12 tahun. 12 tahun memang bukan waktu yang sebentar tapi juga bukan waktu yang terlalu lama untuk mengingat wajah seseorang yang telah menyelamatkan nyawamu. Logikanya kemudian jadi jungkir balik  karena ternyata ada orang lain yang melihat dari jauh justru masih ingat wajah seseorang yang menyelamatkanmu. Padahal posisinya jauh sementara posisimu dengan sang penyelamat begituuuu dekat. Kau dan orang lain tersebut sama-sama tidak mengalami amnesia setelahnya, tapi kenapa justru orang lain tersebut yang ingat wajah sang penyelamatmu dan bukannya dirimu? Ini kan aneh. Selain itu, ada selipan konflik teman sang aktris yang terbunuh yang menyeret nama si aktris, yang kemudian sang alienpun ikut masuk ke konflik tersebut. Persoalan pembunuhan ini terkesan agak dipaksakan agar terhubung dengan cerita, jadinya begitu episode akan berakhir, meski cerita tentang pembunuhan ini terungkap, tetap saja terlihat mengambang dan tak jelas arah. Apa maksudnya si tokoh antagonis pria memiliki ‘gejala aneh’ sehubungan dengan gerakan memutar-mutar cincin? Lalu bagaimana kisah mantan istrinya yang disebut gila itu? Di sini mulai terlihat kebingungan bagaimana cara mengeksekusi persoalan si tokoh antogonis. Ingin membuatnya jadi tidak mengambang dan jelas, tapi cerita sudah terlanjur berfokus ke eksplorasi perasaan antara alien dan si aktris kekasihnya. Kan ceritanya mau berpisah, nih. Akhirnya, ya sudahlah, mengambang sajalah.
Overall, two thumbs up buat akting Jun Ji Hyun. Sesungguhnya, dialah bintangnya You Who Came From The Stars. Buat yang tidak setuju, tak apa, kok. Ini hanya pendapat saya saja, hehee…      
Nice quotes sebagai penutup tulisan;
Before holding grudge against the people around you for not taking on your side, think about why you haven’t been able to make them stand on your side. (Sebelum menyalahkan orang lain karena tidak berpihak padamu, pikirkan mengapa kau tidak bisa membuat mereka berpihak padamu). >> (Do Min Joon ke Chun Song Yi)
Whether you know the world or not, the world won’t take it easy on you. Even you crash unceasingly, even you say you feel like you could die from how unfair it is, the world doesn’t even care. (Entah kau mengenal dunia atau tidak, dunia tak akan mempermudahkanmu. Walau kau merasa seperti tertabrak, walau kau mungkin merasa akan mati akan ketidakadilan yang kau terima, dunia tak akan pernah peduli) >> (Do Min Joon ke Chun Song Yi)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Bai Ruindra
AUTHOR
2 Agustus 2014 15.13 delete

Ekiiiiiiiiiiii, secara logika ak sama sekali gk suka drama ini. Tp secara akting, baik Kim Soo Hyun maupun Jun Ji Hyun sama-sama menarik. Mungkin saja, trackrecord Kim Soo Hyun belum setinggi Jun Ji Hyun. Keduanya sudah mengalami perkembangan yang pesat di bandingkan drama/film mereka yang lain.
Dan, aku pernah baca sebuah artikel katanya laki-laki Korea lebih sensitif dibandingkan perempuan, ak perhatikan di semua drama yang kutonton, ternyata benar. Laki-laki lebih lembut dibandingkan perempuan.
Sayangnya, Kim Soo Hyun tidak sumbangkan suara untuk drama ini, ak suka sekali suara berat laki-laki itu saat menyanyikan lagu di OST Dream High :)

Reply
avatar
9 Agustus 2014 16.10 delete

Iya betul, khususnya Jun Ji Hyun :D
Soal lembut, gak semua Bai, coba lihat drama-drama dengan aktor Lee Beom Soo, Bai. Dia beda gitu :D

Reply
avatar

My Instgram