2015 Upcoming Movies Adaptation

Picture Source
Bagi pencinta buku, selalu menyenangkan menunggu buku dari penulis favorit yang dikabarkan akan terbit. Tahun 2014 lalu, di Indonesia, salah satu penulis yang bukunya sangat ditunggu-tunggu kehadirannya saat itu, salah satunya adalah Dee, dengan buku terbarunya berjudul Gelombang.

Di saat yang bersamaan, pembaca pun sedang menunggu film yang diangkat dari salah satu penulis best seller Indonesia tersebut. Inilah sisi menarik lainnya dari membincang sebuah buku, yaitu ketika buku tersebut  diangkat ke media film. Tapi kali ini saya sedang tidak membahas buku Indonesia yang diangkat ke film Indonesia. Saya sudah lama ilfil dengan film-film Indonesia *ditimpuk pembaca* Eits…tapi jangan gimana-gimana dulu, tahun 2015 ini, saya ingin melirik film-film Indonesia lagi, tapi hanya untuk film-film yang  recommended saja, tentunya yang direkomendasi oleh pemerhati/penikmat/reviewer film profesional, bukan hanya  sebagai penonton film saja :p

Tahun 2014 lalu, boleh dibilang tahunnya movie adaption, yaitu film yang diangkat dari buku, walaupun non-movie adapation jumlahnya lebih banyak dari movie adaptation. Sebut saja di antaranya seperti; If I Stay (dari buku If I Stay Karya Gayle Forman), Gone Girl (dari buku Gone Girl karya Gillian Flynn), The Maze Runner (dari serial The Maze Runner karya James Dashner), The Fault in Our Stars (dari buku The Fault in Our Stars karya John Green), Hunger Games, Divergent, dan beberapa judul movie adaption lainnya.

Tahun 2015, proyek movie adaptation masih akan berlanjut. Berikut beberapa judul buku yang (akan) diangkat ke layar lebar tahun ini. Beberapa  saya sertakan sampul buku dan sampulpemain utamanya serta trailer filmnya, beberapa lainnya hanya sampul buku saja. Maklum, ada film yang masih lama tayang dan ada film yang akan segera tayang dalam waktu dekat :D

1.     Film Love, Rosie (dari buku Where Rainbow End karya Cecilia Ahern)

Release date: 6 Februari 2015
Buat penggemar buku-buku Cecilia Ahern, saya rasa inilah salah satu film yang paling ditunggu-tunggu tahun ini. Tayangnya tidak sampai sebulan lagi. Buku Cecilia Ahern yang berjudul PS. I Love You merupakan salah satu buku best seller, pernah diangkat ke layat lebar pada tahun 2007 dengan judul yang sama. Film tersebut sempat menjadi box office dan disebut-sebut sebagai salah satu the most romantic movie. Seperti buku dan film sebelumnya, Love, Rosie juga film drama percintaan. Apakah film Love, Rosie akan meraih kejayaan yang sama? Well, let’s see then! :D



2.     Film Seventh Son (dari buku The Last Apprentice karya Joseph Delaney)

Release date: 6 Februari 2015
Ini merupakan film yang diangkat dari novel fantasi. Sejujurnya, saya kurang menyukai bacaan fantasi, kecuali seri Harry Potter, tetapi mungkin saja filmnya akan menarik.



3.     Film Fifty Shades of Grey (dari buku Fifty Shades of Grey karya EL James)

Release date : 13 Februari 2015
Terus terang, saya baru kali ini mendengar nama penulis ini, apalagi bukunya, hahaa… Buku ini bercerita tentang hubungan laki-laki dan perempuan tapi dengan mengeksplor sisi gelap tokoh-tokohnya, termasuk dalam hal sex. Film ini akan penuh dengan adegan sex dan kekerasan dalam sex yang mengarah pada kelainan. Sepertinya, film ini akan dilarang tayang di bioskop di Indonesia. Untuk bukunya sendiri, sepertinya ini bukan genre bacaan saya, sepertinya lho ya, karena saya belum baca bukunya, heuheu… Jika buku ini nanti diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia misalnya, buku ini harus dikasih label 25+ (DEWASA) :D



4.     Film DUFF (dari buku DUFF karya Kody Koplinger)

Release date : 20 Februari 2015
Film ini bercerita tentang seorang gadis bernama Bianca Piper, bersama teman-teman setianya dan seorang cowok yang menjadi musuhnya. Hmm…sepertinya cocok menjadi salah satu tontonan keluarga.



5.     Film Dead Stars (dari buku Maps to the Stars karya Bruce Wagner)

Release date : 27 Februari 2015


6.   Film In the Heart of Sea (dari buku In the Heart of Sea karya Nathaniel Philbrick)

Release date : 13 Maret 2015
Ini judul buku dan pengarang yang belum pernah saya dengar sebelumnya, sebuah cerita yang diangkat dari kisah nyata tentang orang-orang yang bertahan di laut selama 90 hari.


7.     Film Insurgent (dari buku Insurgent karya Veronica Roth)
Trilogi Divergent.
Release date : 20 Maret 2015
Baru saja tahun lalu buku pertama dari seri Divergent diangkat ke layar lebar, tahu-tahu sekuelnya sudah mau nongol lagi tahun ini. Untuk movie adaptation dari buku-buku Verocina Roth, saya berencana untuk memiliki bukunya terlebih dahulu, membacanya untuk tiap judul baru kemudian menonton filmnya. Ini sama seperti seri Harry Potter, yang mana saya harus membaca bukunya terlebih dahulu barulah menonton filmnya. Tapi kalau buku-buku atau movie adaptation lainnya, tidak masalah yang mana duluan.


 
8.     Film Serena (dari buku Serena karya Ron Rash)

Release date : 27 Maret
Seharusnya film ini rilis pada Oktober tahun lalu, tapi tak tahu juga kenapa akhirnya tidak jadi. Bercerita tentang perjalanan pasangan pengantin baru, George dan Serena Pemberton, namun masalah mulai datang ketika diketahui Serena tidak bisa memiliki anak. Dari sinilah Serena mulai berubah. Yang main Jennifer Lawrence, booo! Can’t wait to see her in this movie!


 
9.     Film The Longest Ride (dari buku The Longest Ride karya Nicholas Sparks)
Suka gagal fokus lihat cover ini. Scott Eastwood, tampannyooo,  hahahaa... :p
Release date : 10 April 2015
Siapa yang tidak kenal Nicholas Spark? Penulis cowok yang novel-novelnya romantis abis dan setiap film yang diangkat dari novelnya, selalu meninggalkan kesan mendalam dan lama di hati penontonnya. Sebut saja salah satunya The Notebook (rilis 2004), salah satu film paling romantis sepanjang masa. Novel Nicholas Sparks mungkin tidak sebanyak novel Sandra Brown atau penulis-penulis dengan karyanya yang sudah bejibun, tetapi, hampir semua novel Nicholas Sparks diangkat ke layar lebar. Tahun ini giliran untuk novelnya yang berjudul The Longest Ride. Novel ini tidak se-terkenal novel-novel Nicholas Sparks lainnya, tapi biasanya, film yang diangkat dari buku, akan berefek baik ke bukunya. Ini yang main si tampan kece badai Scott Eastwood. Sepertinya, bakal banyak cewek yang klepek-klepek lihat dia di film ini, wakakakk…



10. Film The Choice (dari buku The Choice karya Nicholas Sparks)

Againmovie adaptation dari pengarang Nicholas Sparks lagiiii… Karya-karya Nicholas Sparks memang nggak ada matinya, ya :D Film ini belum tahu akan dirilis kapan. Rencananya  memang tahun ini, tetapi feeling saya bilang, kayaknya awal 2016. Seperti cerita-cerita Nicholas Sparks pada umumnya, ini masih bercerita tentang hubungan dua anak manusia dalam hal percintaan serta lika liku mereka dalam memperjuangkan cinta. The Choice menceritakan sepasang kekasih yang mengalami kecelakaan yang mengakibatkan keduanya mengalami koma. Buat pencinta kisah roman kayak saya, ini seru kayaknya, soalnya saya belum baca bukunya, heuheu…


11. Film The Moon and the Sun (dari buku The Moon and the Sun karya Vonda N. McIntyre).
Pierce Brosnan, dia memang sudah tidak muda lagi sih, tapi di sini dia terlihat terlalu tua
Release date : 10 April 2010
Saya belum pernah mendengar nama penulis ini, melihat penampakan bukunya pun baru kali ini. Setting cerita adalah abad ke-17, yaitu pada jaman Raja Louis XIV Perancis. Saya selalu suka membaca fiksi sejarah, begitu juga film berlatar belakang sejarah. Tidak sabar menunggu filmnya, apalagi yang main adalah Pierce Brosnan.


12. Film Far for the Madding Crowd (dari buku Far for the Madding Crowd karya Thomas Hardy)

Release date : 1 Mei 2015
A classic love story you probably read as part of your high school’s curriculum, Far from the Madding Crowd is about an independent, beautiful woman who attracts three very different suitors: a shepherd, a sergeant, and a rich bachelor. The novel is about tough choices, the nature of relationships, and bouncing back from hardship. Membaca sinopsisnya, sepertinya ceritanya biasa saja. Tetapi melihat trailer-nya, sepertinya menjanjikan. Setting-nya mungkin sekitar tahun tahun 1950-60-an. Buat saya, selalu menarik menonton film-film klasik.



13. Film Paper Towns (dari buku Paper Towns karya John Green)

Release date : 19 Juni 2015
Tahun lalu buku John Green berjudul The Fault in Our Stars diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama, dan menuai kesuksesan yang besar. Dan ketika mendengar bahwa tahun ini satu lagi karya John Green akan diangkat ke layar lebar, saya pernah membuat status facebook begini: ‘Hey, You… John Green, lagi-lagi bukumu dibuatkan filmnya. Lagi, dan lagi, bukumu terbit dan diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, sementara aku satupun belum punya bukumu apalagi membacanya.’ FYI, buku-buku John Green termasuk salah satu buku yang banyak dibincangkan sepanjang tahun 2013-2014, di Goodreads dan berbagai forum diskusi buku. Well, apakah Paper Towns akan menuai kesuksesan yang sama sebagaimana The Fault in Our Stars? Let’s see then.



14. Film Me Before You (dari buku Me Before You karya Jojo Moyes)

Release date : 21 Agustus 2015
Me Before You bercerita tentang pertemuan Lou Clark dan Will Traynor serta perubahan yang terjadi setelah pertemuan keduanya. Kalau saya lihat di GR, buku ini mendapat rating yang tinggi. Kayaknya saya penasaran sama bukunya, soalnya saya pantang lihat buku di GR dengan rating yang tinggi, jadi pingin beli, haha…

15. Film The Scorch Trials (dari buku The Scorch Trials karya James Dashner)

Release date : 18 September 2015
Setelah seri Divergent dan buku John Green yang diangkat ke layar lebar secara berturut-turut dari 2014 ke 2015, kali ini giliran sekuel seri The Maze Runner. Saya ingin baca bukunya duluan, semoga bisa membelinya tahun ini. Dugaan saya (bisa saja salah, ya) mungkin film ini tidak akan dirilis tahun ini meskipun katanya akan rilis akhir tahun ini.

 
16. Film Frankenstein (dari buku Frankenstein karya Mary Shelley)
Daniel Radcliffe, wajahnya Inggris banget.
Release date : 2 Oktober 2015
Di antara daftar judul buku dan movie adaptation yang saya tulis di sini, inilah buku yang paling tua umurnya. Penulisnya saja lahir tahun 1797 dan meninggal pada 1851. Bisa kau bayangkan bagaimana tuanya buku ini. Sampai hari ini, buku ini masih diterbitkan dan telah diterjemahkan ke  dalam berbagai bahasa. Beberapa waktu lalu, ada teman facebook yang menjual buku Frankenstein secara obral, tetapi saya terlambat beberapa menit. Memanglah, buku-buku jadul tak pernah lekang dimakan usia. Untuk film ini, Daniel Radcliffe didaulat untuk memerankan tokoh Frankenstein. Dan lihat, betapa dia sudah tumbuh menjadi lelaki dewasa yang tampan rupawan bak seorang pangeran.  


17. Film Jungle Book (dari buku Jungle Book karya Rudyard Kipling)

Release date : 9 Oktober 2015
Dalam daftar yang saya tulis ini, inilah satu-satunya animation movie adaptation. Bercerita tentang seorang anak yatim piatu bernama Mowgli yang dibesarkan oleh serigala, dan berteman dengan beruang bernama Baloo dan harimau bernama Bagheera. Kabarnya film ini akan menjadi salah satu film animasi yang dinanti-nantikan tahun ini.


18. Film Mongkingjay (Part 2) (dari buku Mongkingjay karya Suzanna Collins)

Release date : 20 November 2015
Ketika melihat bahwa film ini akan tayang tahun ini, saya lagi-lagi bertanya pada diri sendiri, kenapa movie adaptation yang berseri-seri itu keluar terus secara jor-joran. Lihatlah seri The Maze Runner dan seri Divergent.  Sekarang seri The Hunger Games. Maunya tunggu barang dua atau tiga tahun lagi, kayak seri Harry Potter. Arrrhgggg… kenapa oh kenapa? *mulai drama* Bukan apa-apa, untuk seri-seri yang saya sebutkan tadi, saya mau baca bukunya duluan, baru nonton filmnya. Dan saya harus menabung dulu untuk mendapatkan buku-buku tersebut, soalnya tebal-tebal, booo! *hitung recehan*


19. Film The Martian (dari buku The Martian karya Andy Weir)

Release date : (direncanakan) 27 November 2015
Ini bercerita tentang seorang Astronot bernama Mark Watney, salah satu orang pertama yang mendarat di Mars. Oleh krunya, Mark dianggap sudah meninggal di planet Mars karena badai debu, padahal kenyataannya Mark masih hidup. Jadi, ini akan bercerita tentang Mark yang hidup sendiri di planet Mars. Matt Demon akan memerankan tokoh Mark Watney.


20. Film Dark Places (dari buku Dark Places karya Gillian Flynn)

Tahun lalu, buku Gillian Flynn yang berjudul Gone Girl diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama. Film ini dilarang tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Buat saya, mau tayang di bioskop atau tidak, nggak ngaruh, sih. Di tempat saya tinggal tak ada bioskop soalnya, hahaa. Film ini termasuk salah satu film yang banyak dibincangkan tahun lalu. Ratingnya juga bagus. Melihat kesusksesan yang diraih Gone Girl, tahun ini giliran Dark Places yang akan membuat penonton berdebar-debar sebagaimana di Gone Girl.    

Well, sebenarnya masih ada beberapa upcoming moving adaptation lainnya, tapi cukup 20 saja yang saya ulas, ya. Selamat membaca buku, selamat menunggu filmnya, dan mari menonton film tahun lalu yang sudah tayang di web-web online, hahaa.. *ajakan sesat :p

Happy weekend!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

11 comments

Write comments
17 Januari 2015 00.26 delete

Waduuuh daku malah nggak kenal semua sama penulis-penulis novel di atas. Seterkenal Nicholas Spark pun masih juga nanya-nanya dalam hati :D *pantes banget kalau ditimpuk Eqi pakai Novelnya :D

Btw mingu lalu ke Gramed, lihat novel Divergent, udah dipegang dibawa-bawa tapi karena riweuh tarik-menarik sama buku lainnya, budget nggak cukup, sementara udah megang 3 buku lainnya akhirnya dengan tidak rela kusimpan kembali ke dalam rak. Nyesel bingit.

btw: folback dong Kak Eqi ke blog eike biar kita saling mengunjungi
www.linasasmita.com

Reply
avatar
Haya Nufus
AUTHOR
17 Januari 2015 13.33 delete

Nufus nggak terlalu tahu kak buku-buku yang bakal difilm-in itu Hahahah, kudet sih ya? :D
Tapi kalau yg nomor 18 sihhhh lagi nungguin juga karena bukunya juga bacanya belum tamat-tamat nih.
Ulasannya panjang kak... ^^

Reply
avatar
18 Januari 2015 02.22 delete

Xixixiiii...kakak Lina, mungkin belum tau kalau filmnya bahkan dibuatkan sekuelnya tahun ini ya, hehee...
Insya Allah saya follow blognya kak, ini udah full list untuk follow blog-blog keren, termasuk blog kak Lina. Mesti ada yang saya hapus dulu ini :D

Reply
avatar
18 Januari 2015 02.24 delete

Waaah...udah punya ajaaa, mupeeeeng saya, xixixiii...
Makasih nufus :D

Reply
avatar
RU's JOURNAL
AUTHOR
22 Januari 2015 10.00 delete

Saya suka film2 adaptasi novel, karena bisa meluhat secara visual mungkin akan ada kecewa sana sini karena kadang dg membaca kita bisa lebih bebas berimajinasi. Ini lagi baca Still Alice ntar kalo dah slese mo nonton filmnya, sebagus apa julien moore sampai th ini dia dpt nominasi best actress di film ini.

Reply
avatar
23 Januari 2015 20.41 delete

Iyaaa....sama, kadang malah gak tahan untuk membandingkan, terutama kalau bukunya saya suka banget, hahahaaa....
Saya tahun ini belum membaca buku-buku yang ceritanya diadaptasi ke film, rencananya akan memulai dengan 'Gobe Girl'

Reply
avatar
26 Januari 2015 07.28 delete

Wow.... Reviewnyaaa...bikin tahun ini penuh dengan penantian akan film2.
Bukunya blom trpegang, x_x

Reply
avatar
26 Januari 2015 14.44 delete

Yang paling ditunggu itu The scorch trial sama Mockingjay Part 2. Buku dan filmnya bikin deg-degan dan keren. Kalau Divergent trilogi aku udah ilfeel kak, gara-gara Allegiant tapi tetep bakal ditonton kayaknya dan bukunya gak akan dikoleksi #sikap *ditimpuk.

Serena wajib ditonton, ada J.Law favoritkuuuu :)

Reply
avatar
29 Januari 2015 03.01 delete

Belum terpegang? saya malah belum punya mursal, wkwwkk :p

Reply
avatar
29 Januari 2015 03.02 delete

Asik ya filmnya ya Cut? Aku tetap mau baca bukunya duluuuuu ah, ahahaaa...

Reply
avatar
IBU HAYATI
AUTHOR
22 Februari 2015 21.53 delete

Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

Reply
avatar

My Instgram