Review Buku: Masih Cuma Bisa di Republik Mimpi



Judul buku: Masih Cuma Bisa di Republik Mimpi
Penulis : Boim Lebon
Penerbit : Lingkar Pena Publishing House
Genre: Fiksi
Tahun terbit : 2007, 159 Halaman

Membaca Kumpulan Cerpen Boim Lebon yang satu ini emang bisa bikin ngakak abis. Cerpen-cerpennya yang lucu didukung pula dengan cover buku, ucapan terima kasih dan kata pengantar dari penulis yang tak kalah lucunya.


Seperti biasa, Boim Lebon masih menulis dengan gayanya yang khas: cerpen-cerpen lucu. Boim Lebon yang dari pengakuannya pernah menjadi anak SMU pada jamannya masih menulis tentang seluk-seluk dan problematika yang dialami anak sekolahan. Hueeebat karena Boim tak pernah kehabisan ide untuk menulis cerita-cerita lucu yang terjadi di dunia remaja. Satu lagi ciri khas Boim dalam karya-karyanya: beliau tak lupa menyelipkan beberapa tebakan yang bikin bisa bikin perut mules karena jawabannya pasti asal deh.

Misalnya dalam cerpen Surat dari Pondok buat The Color Rock Back yang menceritakan tentang kekompakan sekelompok anak muda yang tergabung dalam gank yang bernama The Color Rock Back (kalimat terakhir jangan dibaca jadi kolor robek yee, meskipun menurut sejarah pembentukan gank tersebut memang berdasarkan pengalaman buruk mereka yang kolornya robek karena tersangkut engsel truk). Seorang dari mereka yang kemudian harus mondok di pesantren setamat sekolah mengirimkan surat kepada teman-teman gangnya. Meskipun alur cerpen yang satu ini lebih banyak terbentuk karena surat seorang sahabat, tetap tak mengurangi unsur kelucuan yang dimilikinya.

Meski ada juga cerpen yang tak terlalu lucu tapi masih tetap enak dibaca seperti pada cerpen yang berjudul Foto Seksi. Ide cerpen ini biasa saja. Menceritakan tentang keiridengkian seorang cewek terhadap seorang teman cewek satu sekolahnya yang dianggap menyainginya merebut perhatian seorang cowok. Yang dilakukan kemudian adalah menyebarkan foto seksi rekayasa saingannya.

Selain Surat dari Pondok buat The Color Rock Back dan Foto Seksi masih ada delapan cerpen lainnnya dalam buku ini, antara lain: Masih Cuma Bisa di Republik Mimpi,Tapak Tilas Pejoeang Lemas, Cowok Itu Datang Lagi, Buat Senang Kok Coba Coba, Susahnya Punya Nama Anggun, Antara Bolos, Acin dan Tukang Cimol, Empat Kado dari Empat Cewek, Teman Tapi Musuh, yang kesemuanya dijamin lucu abissss.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

My Instgram