Congratulation, Mynamar!





Akhir-akhir ini, entah karena terlalu ‘dibombardir’ sama efek dramatis jelang pilpres di Indonesia, saya sampai lupa memposting ini. Bukan tulisan panjang apalagi penting, cuma sebuah penghargaan untuk negara tetangga.  Negara yang konon disebut sebagai salah satu negara dengan berbagai pelanggaran HAM, yang karenanya kemudian mereka menutup diri dari dunia luar, bahkan dari negara-negara tetangganya di kawasan ASEAN. Saya pernah mengulasnya di SINI
Saya jadi tersadar saat tiga hari lalu seseorang komen di postingan ASEAN, BenarkahKita Serumpun? Komennya yang membuat saya tersentuh, ternyata beliau begitu perhatian terhadap perkembangan ASEAN.
Semakin saya berkunjung ke tiap-tiap negara asia tenggara, makin nyata memang bahwa sejak dulu hubungan negara2 ASEAN ini memang dekat dan seharusnya kita sekarang bisa memperatnya lagi ya, supaya Asia Tenggara bisa jadi kawasan yang disegani di dunia..hehee. Itu sih impian saya, jadi tidak kalah dengan Uni Eropa misalnya. Oke kak trims nih, saya tunggu lagi sharingnya melalui blog-blog seru dari blog ini.
Sehabis mengikuti event menulis selama 10 hari tentang ASEAN beberapa waktu lalu, saya berniat untuk tetap melanjutkan menulis tentang ASEAN (saya bahkan sampai membuat label khusus ‘ASEAN’), meski mungkin tidak serutin atau sebanyak ketika menulis tentang Korea, mungkin juga bukan sesuatu yang luar biasa, hehehe…
International Convention Center, Nay Pyi Taw, Myanmar
Well, KTT ASEAN ke-24 baru saja dilaksanakan tahun ini. Surprise, tuan rumah KTT kali ini adalah Myanmar. KTT tersebut dilaksanakan pada 10-11 Mei lalu, di Nay Pyi Taw, Myanmar. Ini adalah pertama kalinya Myanmar menjadi tuan rumah KTT ASEAN. Ini sebuah pertanda baik sebenarnya. Saya sendiri mulai punya feeling yang baik tentang negara ini, ketika membaca berita tentang Myanmar yang menjadi tuan rumah untuk KTT ASEAN ke-24.  
Ternyata benar, salah satu dampak positif menjadi tuan rumah KTT ASEAN adalah Myanmar membuktikannya pernyataannya tahun lalu bahwa mereka akan membuka diri terhadap dunia internasional. Untuk tetangga-tetangganya di ASEAN, mulai tahun ini Myanmar akan membebaskan visa untuk wisatawan dari ASEAN.
Congratulation, Myanmar!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

7 comments

Write comments
13 Juni 2014 00.40 delete

Asiiik....mulai lirik-lirik free visa :D *Mulai lirik-lirik Air Asia

Reply
avatar
13 Juni 2014 06.00 delete

Jangan lupa ajak-ajak saya ya kakaaaaa #eh :D

Reply
avatar
SunDhe
AUTHOR
13 Juni 2014 09.28 delete

Semoga ini memang menjadi jalan awal Myanmar membuka diri untuk Dunia.

Reply
avatar
20 Juni 2014 22.41 delete

Eh,rupanya ttg Myanmar... Saya pikir ttg apa td, judulnya mengecoh saya kak... :D hehe

We hope so, smoga lbh baik yaah ke depan.

Reply
avatar
21 Juni 2014 15.45 delete

Huaaaa....itu..ituuu bukan bermaksud mengecoh, tapi saya salah ketik saat bikin judul. Maksudnya saya mau mengetik Myanmar BUKAN Mynamar.
Dan tragisnya, saya baru tau judulnya salah justru setelah baca komen Marcel. kemarin-kemarin, meski berkali-kali lihat judul ini, saya malah gak lihat salah. Adoooowww....wkwkwwkk....
Thanks atas komennya Marcel :D

Reply
avatar
22 Juni 2014 00.09 delete

Hehe...
Samma2 kakak :D

Kirain sengaja :p

Reply
avatar

My Instgram