Chinese New Year, Selamat Datang Tahun Kambing

2015, Tahun Kambing. Picture's Credit

Hai halo…

Happy Chinese Year buat manteman yang merayakannya. Aku memang telat mengucapkannya di sini––aku sudah melakukannya di media sosial––karena aku memang bukan mau membahas soal imlek. Aku menulis ini karena menurut penanggalan China, tahun ini adalah tahun kambing.

Yaywelcome tahun kambing, tahunnya akuuuu… :D  

Menurut penanggalan China, tahun di mana aku lahir di tiga puluh sekian tahun lalu itu, adalah tahunnya Kambing. Aku lahir di bulan Januari, akhir tahunnya tahun Kambing. As you know, tahun China itu dilambangkan dengan binatang, yang sekarang kita kenal dengan sebutan Shio. Semuanya ada 12 binatang (satu binatang melambangkan satu tahun) yang berarti ada 12 siklus tahunan untuk Shio ini sendiri. Karena sistem penanggalan China memakai penggabungan rotasi Bulan dan Matahari, maka sistemnya berbeda dengan tahun Masehi dan Hijriah. Hari pertama tahun barunya akan selalu jatuh antara tanggal 21 Januari (paling awal) sampai 20 Februari (paling akhir) setiap tahunnya. Itu tidak akan berubah sampai kiamat nanti, tidak akan ada tahun baru China di luar dari waktu yang aku sebut itu. Sama seperti Tahun Masehi yang sudah pasti 1 Januari :D bedanya Tahun Baru China akan berada pada tanggal di rentang waktu-waktu tersebut.

Silakan lihat sendiri di kalendar tahun China berikut ini, sekalian buat manteman yang mungkin belum tahu Shio-nya apaan, cocokkan sendiri saja tahun lahir dan Shio menurut gambar ini. Aku kasih contoh; misalnya teman lahir pada 5 Februari 1970 (lihat tahun 1970), sementara di tahun tahun 1970 cuma tertulis ‘1970-02-06’ (6 Februari 1970, dengan 6 Febuari adalah tahun barunya tahun itu) yang mana menurut kalender tahun itu merujuk pada tahun Tahun Anjing. Maka teman yang lahir sebelum 6 Februari di tahun 1970, menurut kalender China, termasuk dalam  perhitungan tahun sebelumnya yaitu Tahun Ayam (Rooster). Begitu seterusnya.

Cerita sedikit, sejak SMP aku sudah membaca sistem penanggalan China ini di sebuah buku berjudul ‘Buku Pintar Seri Senior’ karangan Iwan Gayo, jadi aku tahu kalau aku kelahiran tahun Kambing ya dari membaca buku itu. Ini ‘Google’nya kami di jaman baheula sebelum ada internet. Orang sekarang menyebutnya buku bantal karena tebalnya minta ampun. Tahun 1993, Papa membelikanku buku itu karena melihat anaknya ini suka membaca *tsaaah*. Ini kenapa aku malah cerita soal ‘Buku Pintar’ ya, padahal aku mau bilang ini; sejak dulu aku sudah tertarik dengan budaya China. 

Well, berhubung tahun ini adalah tahun Kambing, tahunnya aku, aku baca-baca lagi deh tentang Shio Kambing, terutama tentang kepribadian seseorang yang lahir di tahun Kambing.  Soalnya sudah lupa ya booo, baca bukunya itu sekitar 20-an tahun lalu. Kebetulan mbak Ade Anita kemarin ada bikin daftar Shio di blognya, jadi aku tak perlu repot-repot lagi googling tentang ini, hahaa…

Kepribadian Shio Kambing
-     Kreatif, cerdas, mandiri, dan tenang à Kreatif : Aku bukan orang yang kreatif karena aku tidak memiliki kemahiran apapun. Satu-satunya kemahiran yang kumiliki adalah menulis, dan aku tidak tahu apakah orang yang bisa menulis bisa disebut sebagai orang yang kreatif. Cerdas: mungkin iya mungkin tidak, tergantung penilaian orang. Aku tidak bisa menilai hal ini untuk diriku sendiri, karena, pada saat-saat tertentu aku merasa mengerti atau bisa mengerjakan sesuatu, sementara pada saat-saat tertentu lainnya aku merasa oon, buahahaa… Mandiri: ini benar adanya. Setiap melakukan sesuatu, aku berusaha untuk tidak membebani atau bergantung pada orang lain. Satu-satunya orang yang paling kubebani dan paling menjadi tempatku bergantung di dunia ini, hanya suamiku. Suamiku yang luar biasa *penting disebut :p* Tenang: salah besar, aku paling susah untuk bisa tenang apalagi jika ada masalah. Dalam keadaan tidak ada masalah saja, aku agak grasa grusu.
-    Nyaman berada sendirian untuk merenungkan kerja pikiran batin mereka à betul, bukan saja untuk merenung sih sebenarnya, bahkan untuk mengerjakan apapun, aku tidak bisa melakukannya dalam keramaian atau jika ada yang lalu lalang di depanku. Aku tidak bisa berkonsentrasi dengan baik mengerjakan apapun jika ada orang-orang dan suara-suara orang. Satunya-satunya suara yang membuatku nyaman bekerja, bahkan bisa bersemangat karenanya, adalah suara musik *semacam wajib*  
-   Menikmati bagian dari grup à Sangat. Sebagai seorang sanguinis, temanku bilang aku termasuk penggembira di dalam sebuah grup/komunitas di sebuah kegiatan. Ingat-ingat saja, ramah dan suka haha hihi hoho… adalah ciri paling khas dari seorang sanguin :D
-   Lebih suka sela-sela daripada pusat à kalau aku mengartikan ini; (1) lebih suka menjadi follower daripada leader, (2) lebih suka menjadi bagian dari yang mengikuti sebuah kegiatan daripada membuat kegiatan, (3) lebih suka duduk di barisan penonton daripada menjadi seseorang yang ditonton (duduk di depan penonton). Dan ini benar adanya.
-     Baik-pembari à Biarlah Tuhan saja yang tahu soal beri memberi ini :D  
-    Rumah dan sendirian adalah tempat kambing merasa nyaman à walaupun Sanguin itu orangnya rame dan heboh, tetapi saat-saat sendiri di rumah adalah saat ‘Me Time’ yang paling kutunggu-tunggu. Umumnya kugunakan untuk membaca buku.
-    Ketika bepergian, Kambing lebih memilih kelompok atau tempat yang terus banyak orang à ini 100% betul, karena aku orang yang penakut. Makanya kenapa aku tidak cocok menjadi traveler atau backpacker sejati. Aku mau bepergian jika ada teman, minimal satu oranglah.   
-  Kambing menghabiskan uang pada mode yang memberikan penampilan kelas satu à aku menyukai dunia fashion tetapi aku bukan penggila mode, apalagi branded-branded kelas dunia. Bukannya aku tidak suka pada barang-barang tersebut, tetapi lebih karena aku tidak punya uang untuk membelinya. Aku pikir, daripada uang 50 juta dipakai untuk membeli tas Hermes, mending aku pakai untuk bikin rumah dan sisain sedikit buat beli buku-buku seri terjemahan yang aku belum punya. Aku tidak masalah pakai tas seharga 50 ribu atau baju seharga 25 ribu.  
-   Tidak sombong à yeaayy…aku memang tidak sombong temans, hahaa… Kalau ketemu aku di suatu tempat namun terlihat seperti  sombong, tegur aku ya temans, mungkin saat itu aku lagi khilaf, atau, aku sedang lelah, hahaa…

Well, tulisan ini bukan semacam ramal-ramalan atau sejenisnya. Ini hanya hanya soal melihat kepribadian masing-masing saja yang mana bisa cocok bisa juga tidak. Buat have fun aja :D

So, apa Shio kelahiranmu temans? Adakah yang sama-sama menjadi tahun Kambing di tahun ini? Buat yang selain tahun Kambing, boleh lihat-lihat bagaimana kepribadiannya berdasarkan Shio masing-masing di blog mbak Ade Anita. Beliau sudah menuliskannya secara lengkap.

Selamat Tahun Kambing. Semoga hari-hari kita ke depan senantiasa diliputi kasih sayang. Aamiin. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

12 comments

Write comments
22 Februari 2015 07.59 delete

Aaaaaaakh...dirimuh ternyata shio kambing mbaaak?
Dan ternyata suka benda fashion dan seneng sendirian yah :)

Ehm, kalo aku sih katanya kuda tanah, dan konon katanya sih pekerja keras gitu..
Yah kayak kuda lah, senengnya kerja...
Tapi aku kok gak berasa begitu yah? Perasaan suka banyakan malesnya...bhuahahaha...

Reply
avatar
22 Februari 2015 10.14 delete

Calon babyku tar shio kambing sama seperti tante eky nih :)

Reply
avatar
Haya Nufus
AUTHOR
22 Februari 2015 15.23 delete

Nufus shio apa ya? Lupa and nggak bisa lihat foto yang kak Eqi kasih itu... koneksi lambat nggak bisa buka foto...and jadi penasaran! Hehehehe...

Biar nggak suka mandi ternyata kambing memperhatikan fashion ya kak? Kwkwkwak

Reply
avatar
Yudi Randa
AUTHOR
23 Februari 2015 09.58 delete

an troh uroeu nyoe lon manteung hana meuphom kaleun shio :D

Reply
avatar
Bai Ruindra
AUTHOR
23 Februari 2015 17.35 delete

Aku gk paham masalah shio. Apakah sama dengan zodiak?

Reply
avatar
23 Februari 2015 23.30 delete

Aku juga suka malas mbaak, maunya santai aja dari pagi sampai malas, buahahahaaa....

Reply
avatar
23 Februari 2015 23.31 delete

Hihiiii,,seruuu ya mbak bisa tau Shio :D

Reply
avatar
23 Februari 2015 23.32 delete

wah, asiiiik....halo calon babu mama Esty, cepat datang dong, xixixii....
Semoga lahirannya lancar ya mbak estiiiii... *muuaaah..

Reply
avatar
23 Februari 2015 23.33 delete

wakakakakkk...kalimat terakhirmu ituuuuu, sungguh menohok batang hidungku, wkwkwkwk....

Reply
avatar
23 Februari 2015 23.34 delete

Lihat ajua gambarnya yud, cocokkan kayak contoh yang aku bilang di atas, pasti ketemu :D

Reply
avatar
23 Februari 2015 23.35 delete

Nggak sama bai, Shio itu setahunan dia, dimulai pas hari pertama tahun baru China :D
itu cara lihatnya, baca aja kayak contoh yang kukasih :D

Reply
avatar

My Instgram