Nostalgia 10 Tahun Drama Princess Hours



Sedang ingin bernostalgia dengan drama Goong nih, atau yang lebih dikenal dengan Princess Hours.  Meski sudah sepuluh tahun berlalu (tayang perdana 2005), tetapi Princess Hours’ effect masih terasa sampai sekarang. Buat saya dan–mungkin sebagian orang yang menyukai cerita-cerita kisah cinta nan romantis berlatar belakang kerajaan–Princess Hours menjadi salah drama terbaik sepanjang masa. Inilah drama yang sukses membikin orang-orang gagal move on lama. Orang-orang? Saya aja kali ya :p :D

Jadi ceritanya, ini adalah tulisan mengenang 10 tahun-nya Princess Hours, ahaha.

Bagi penggemar Kdrama, drama ini dulunya tentu menjadi salah satu list yang wajib  yang ditonton sekali seumur hidup. Iya nggak sih? Atau saya yang lebay, wekekekk.

Ini semua gara-gara Joo Ji Hoon yang memerankan Pangeran Lee Shin dan Yoon Eun Hye yang berperan sebagai Putri Shin Chae Kyung!
Suka banget lihat baju Chae Kyung :D

Sebagai negara yang dulu berbentuk kerajaan, Korea memang menjaga dan mempertahankan betul sejarah mereka. Sampai akhirnya Jepang memorakporandakan mereka. Bukan hanya berhasil meruntuhkan dinasti Joseon yang telah berkuasa selama lebih dari 700 tahun, mereka pun terpecah dalam perang saudara. Namun catatan-catatan yang tertinggal dari masa lalu, masih terawat dan tersimpan dengan baik hingga kini. Pasca perang dunia kedua, mereka bangkit menuju Korea baru, dengan tanpa melupakan kekayaan sejarah masa lalu.

Nah, cerita Princess Hours ini mengambil latar belakang sejarah tersebut, namun dengan sedikit pembelokan dari peristiwa aslinya. Jika versi sejarahnya, Korea berganti menjadi negara republik, maka di versi dramanya kalian akan melihat bagaimana kerajaan sisa-sisa Joseon bisa bertahan hingga di jaman modern. Dan ini sah-sah saja kok dalam dunia fiksi. Kalau persis sekali, itu sih namanya film dokumenter :p  

Tentang cerita Princess Hours,  saya pernah menuliskan sedikit tentang mereka di tulisan Menyusuri Jejak Kenangan Princess Hours di Coloane. Tulisan tersebut saya ikutkan untuk lomba yang hadiahnya jalan-jalan ke Macau, tetapi saya tidak menang, ahaha.

Bagian yang paling seru di Princess Hours adalah saat pernikahan Pangeran Lee Shin dan Putri Chae Kyung. Wuiiiih… serasa melihat pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana. Pernikahan mereka ditayangkan di seluruh stasiun TV Korea, parade jalanan di jalan-jalan utama di Seoul dengan menggunakan kereta kencana, trus rakyat Korea memenuhi jalan-jalan demi menonton parade pernikahan sang pewaris tahta. Maka menonton babak pernikahan pangeran dan putri Korea ini, kau akan dibawa ke masa-masa manisnya pernikahan Charles-Diana, jika kau pernah menonton parade pernikahan Putri Diana (dulu disiarkan di TVRI yak kalo nggak salah). Bonusnya di Princess Hours adalah pernikahan ala kerajaan Joseon. Ini sih sudah sering saya lihat di drama-drama dengan setting cerita kerajaan Joseon.


Pangeran dan Putri, ganteng dan cantik :D

Saya kira, sutradara dan penulis skenario Princess Hours terobsesi berat dengan pernikahan Charles-Diana, ahaha. Soalnya sama persis. Mereka menikah dengan tidak saling mencintai. Pangeran Lee Shin sendiri bahkan sudah memiliki kekasih saat dijodohkan dengan Putri Chae Kyung. Oh my, melihat pacar Pangeran Lee Shin, saya langsung teringat Camilla si mantan pacar Charles, ahaha.
Orang ketiga lainnya
The best drama yang pernah saya lihatlah. Mewahnya, settingan-nya yang nggak abal-abal, dan ternyata mereka juga memakai visual effect lho. Dengan mengandalkan banyak orang yang terlibat dalam proses pembuatan dramanya, di jalan-jalan seperti saat pernikahan pangeran misalnya, saat parade para anggota kerajaan, saat demo, dan sebagainya, ini tentu tidak mudah. Saya sampai bela-belain menonton behind the scene-nya lho, demi pangeran Lee Shin, LOL.




Meskipun saya bilang bahwa plot cerita Princess Hours mirip dengan kisah pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana, tapi jangan khawatir ending kisahnya akan sama seperi mereka. Ceritanya berakhir bahagia meskipun jalan ceritanya terkadang akan membuat penonton mewek. Ending inilah yang bikin penonton lebay kayak saya gagal move on. Sampai-sampai berharap pemeran utamanya jadian beneran di dunia nyata, LOL.

Ohya, saya mencatat beberapa scene terbaik dan ter-ter lainnya sepanjang saya menonton Princess Hours;

-         Scene paling lucu à waktu ‘exercise’ di malam pertama. Meskipun judulnya ‘malam pertama’, tapi sumpah, ini lucu banget! Saya sampai sakit perut menonton akting polos pengantin usia sekolah ini. Diulang-ulang menonton adegan tersebut, tetap nggak tahan untuk tidak ketawa, LOL. Mereka nggak malam pertama beneran kok, soalnya kan masih sekolah :D Foto-foto scene ini diwakili oleh dua foto di bawah ini



-         Scene yang juga bikin ngakak; saat Putri dan Pangeran  terpaksa tidur bersama di sebuah ranjang single bed. Sepanjang malam, mereka terus berkelahi di tempat tidur, yang berakhir dengan adu jurus saling tendang dan salah satu dari mereka harus kejengkang ke bawah tempat tidur, LOL.


-         The best scene à parade pernikahan putri dan pangeran yang mana melibatkan 600 orang saat parade jalanan di Seoul, termasuk parade berkuda.

-         Scene keren à ketika pangeran dan putri menari tango di sebuah pesta. Yoon Eun Hye terlihat cantiiik banget di sini. Etapi, di semua scee dia terlihat cantik sih. Memang orangnya aslinya cantik sih yaaa :D


-       Scene yang juga keren à saat Pangeran Lee Shin berkunjung ke Thailand yang mana kedatangannya disambut oleh ribuan orang. Syuting di Thailand-nya, sumpah keren banget! Kejar-kejaran dengan wartawan di Chatuchak, ngebut dengan moge dalam rangka menghindari traffic jam kota Bangkok, ikut pawai gajah, ke Floating Market. Wah, itu semua tempat-tempat yang saya juga lalui, ahaha.

-         The most unique scene; karakter masing-masing tokoh, terutama pemeran utama di tiap-tiap episode, selalu dibuatkan dalam versi boneka Teddy Bear. Bahkan karakter tokoh Teddy Bear selalu mengikuti perubahan karakter, termasuk pakaian ala kerajaan yang dikenakan pangeran dan putri, di setiap episodenya. Keren banget idenya. Inilah cikal bakal didirikannya Museum Teddy Bear di Korea Selatan. Ini beberapa di antaranya. Keren, yak!




-    Yang mewah; desain interior rumah istana tempat pangeran dan putri mahkota tinggal. Modern dan eksklusif. Perpaduan Barat dan Timur, antara gaya Eropa dan gaya Korea tradisional

-         Yang paling glamour; tentu sajaaa…. Semua pakaian yang dikenakan oleh Putri Shin Chae Kyung. Mewah, elegan, dan glamour. Bahasan tentang pakaian si putri, semoga kapan-kapan bisa saya tulis di postingan tersendiri ya :D
Baju-bajunyaaaa.... mupeng semuanyaaa, ahahaaaa...
-         Karakter yang paling saya suka selain pangeran dan putri; kakak pangeran Shin dan nenek Shin (Ibu Suri). Si kakak ini baiiiik banget! Hangat kepada semua orang, ke semua anggota keluarga, meski di antara anggota keluarga tersebut ada yang saling bermusuhan. Periang, bijaksana dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Dia suka travelling keliling dunia, suka membaca buku-buku sastra, memiliki pendapat yang bagus, dan suka kedamaian. Banyak sekali petuah-petuah bijak berhamburan dari mulutnya. Tidak jauh berbeda dengan nenek mereka (Ibu Suri) yang sama baiknya. Tidak seperti gambaran ibu suri – ibu suri kerajaan jaman dahulu, di mana biasanya Ibu Suri memiliki karakter yang jahat dan culas. Nenek Lee Shin sangat welas asih kepada semua anggota keluarga kerajaan, mulai dari menantu, cucu menantu, bahkan hingga dayang-dayang dan pesuruh istana.

-      The most memorable scene; adalah iniiii…. Saat Pangeran Lee Shin dengan setulus hati malamar Chae Kyung.  



Let’s get married  for real.  Not following the agreement made by the elders… To the woman I want to spend the rest of my life with, I give all my heart to propose.

Awwww... bikin meleleh nggak tuh dengar kata-kata kayak gitu, wekekekk…

Tampaknya saya memang masih gagal move on dengan Princess Hours. Sudah sepuluh tahun, masih saja dikenang :D

Dan tampaknya, selepas Princess Hours, belum ada drama Korea lainnya yang penggarapannya semewah Princess Hours.  Cmiiw yak.

Akhir kata, mau kasih salah satu quote dari kakak Pangeran Lee Shin, Putri Hae Myung;
Two people who are not in love got married, but does it mean that they won’t have love, forever?― Princess Hae Myung 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

34 comments

Write comments
30 November 2015 pukul 05.26 delete

pengen nonton film ini dari brp tahun yg lalu karena suami ngefans bgt sm film dan soundtracknya ampe di sodor2in dvdnya ke saya, tapi selalu gak kesampean. dulu pas mau nonton dvd nya rusak. trus gak jadi, pas mo niat nonton lagi di internet, gak cukup kuota. ujung2nya mo beli dvd nya lagi gak ada yang jual lagi mak, dan akhirnya lupa ampe skrg kalo pengen banget nonton film ini hihihi...

Reply
avatar
Millati Indah
AUTHOR
30 November 2015 pukul 14.20 delete

nambahin, tapi nambahin tokoh paling nyebelin: bapaknya shin.

Reply
avatar
Nunung Yuni A
AUTHOR
30 November 2015 pukul 17.52 delete

Hiks...bener-bener buta dan nggak mudeng film Korea .Sepertinya film Korea yang pernah saya ikuti ceritanya hanya film Jang Geum. Tabib yang pintar masak itu.

Reply
avatar
30 November 2015 pukul 19.45 delete

aku juga suka banget baju2nya Chae Kyung. Cakep2... ira

Reply
avatar
Lia Harahap
AUTHOR
30 November 2015 pukul 21.32 delete

Ini salah satu drama Korea yang aku suka. Suka sama lagunya, ceritanya, trus segi gambarnya juga sweet gitu :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
1 Desember 2015 pukul 14.16 delete

Ini k-drama favorit sri. Uda d tonton berulang-ulang. Betol2 gagal move on kyk kak eki bilang. Wekekeke. 👿😰😂😂😂😂

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
16 Desember 2015 pukul 14.14 delete

suka banget saya princesss hours..ga bisa move on bener banget..sampe drama yg pemeran utamanya yoon eun hye semua dah ku tonton..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7 Juli 2016 pukul 01.07 delete

Sampe sekarang masih sering re-watching..ga bisa move on.. :((

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
16 Juli 2016 pukul 00.00 delete

Dear Fardelyn hacky, terimakasih sudah upload artikel ini sehingga saya tidak merasa sendirian lagi, saya adalah salah satu orang yg seperti kamu 😊, penggemar Drama Series Goong till die, terutama yg membuat sangat jatuh cinta adalah kedua main charnya yaitu Yoon eun hye dan Joo jo hun yg membawa drama ini sangat pas dan jadi favorit sepanjang masa *thumbsup saya adalah kdrama lovers sejati setelah menonton drama korea ini, banyak sekali drama korea yg sudah saya tonton dr drama tahun 90an sampai yg baru2 ini sangat booming sekali (read; descendant of the sun), tapi sepanjang 10 tahun ini drama korea yg paling berkesan , mengena dihati saya dan yg sudah lebih dari 30 kali saya rewatching adalah tetap Proncess Hours saya tahu ini sudah 10 tahun lalu jd ingat saat itu saya masih SMP dan sebelum menonton ini saya sudah harus mandi rapih dan bersih baru bisa puas nnton ini dg tenang, tanpa ada Memikirkan gangguan ttg apapun 😅, saya sangat menyukai character shin chae kyung yg ceria riang gembira, polos, tapi juga tegar menghadapi patah hati yang setiap episodenya selalu tepat apa yg saya mau, dan membuat saya seperti; "nah gitu dong" , "jangan mau di permainin cowok", "Nah gitu ngambek aja deh mending" haha kemudian character Pangeran Lee shin yg selalu dingin tidak peduli tapi pada akhirnya selalu mencari dan meminta maaf, kyaaa bikin gemesh >o<, dan yg membuat lebih perfect lagi di drama Goong ini semua hal dikemas sangat bagus seperti yg dikatakan di atas, dr interior, cara berpakaian putri chaekyung dan beberapa pakaian tradisional korea yg dibuat sangat cantik, tata krama, adat istiadat dan acara2 kerajaan yg sangat dinamis membuat siapapun terpesona dg Indahnya Negara Korea 😊, btw sampai sekarang saya sangat ingin Joo ji hun oppa bisa bersama dengan Yoon eun hye unni di kehidupan nyata (berhubung sampai sekarang keduanya belum menikah 😍), Sukses terus untuk-mu saya akan menunggu artikel selanjutnya ;)

Reply
avatar
20 September 2016 pukul 15.00 delete

Saya ngefannnnsssss banget mbkkkkkk
Memang blm ada yg bsa ngalahin drama ni...
Berharap bgt ada kelanjutan nya ...pemeran yg sama jg...tapi konflik permasalahan yg beda
Berharap bgt...pasti seru

Reply
avatar
20 September 2016 pukul 15.01 delete

Saya ngefannnnsssss banget mbkkkkkk
Memang blm ada yg bsa ngalahin drama ni...
Berharap bgt ada kelanjutan nya ...pemeran yg sama jg...tapi konflik permasalahan yg beda
Berharap bgt...pasti seru

Reply
avatar
CItra ana
AUTHOR
20 September 2016 pukul 19.07 delete

Samaa....berkali2 saya liat youtube nya..gak ad bosen2nya...ceritanya masih gantung cz chaegyung hamil jd berharap tau kelanjutannya..apakan shin akan jd raja lg stlh tahta diserahkan kakaknya..apakah hyo rin dtg sbgai pihak ke 3 lagi..tp pemerannya kl bisa sama aja jgn diganti...hehe

Reply
avatar
CItra ana
AUTHOR
20 September 2016 pukul 19.07 delete

Samaa....berkali2 saya liat youtube nya..gak ad bosen2nya...ceritanya masih gantung cz chaegyung hamil jd berharap tau kelanjutannya..apakan shin akan jd raja lg stlh tahta diserahkan kakaknya..apakah hyo rin dtg sbgai pihak ke 3 lagi..tp pemerannya kl bisa sama aja jgn diganti...hehe

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
23 Desember 2016 pukul 22.30 delete

Saya juga suka banget sama drama ini...Gak bosen2 rewatch...Ngakak dan geregetan liat ceritanya...Saya suka saya suka...

Reply
avatar
Nova Emaliza
AUTHOR
21 Maret 2017 pukul 15.45 delete

Aku suka banget filmnya, supersupersupersukaaaaa banget... Pengen liatnya berulang ulang... Soalnya ada lucu lucunya nih drama, aduh... Fans banget...

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
25 April 2017 pukul 00.15 delete

pertanyaan ampek sekarang mbk..kapan pangeran dan putri ngalkuin itu...eps brp..kok tiba2 hamil? :D

Reply
avatar
22 Mei 2017 pukul 13.42 delete

Ini juga drama yang paling aku suka, udah berkali kali nonton ulang gak bosen bosen. Apalagi drama ini bikin gak bisa berhenti, aku perna gak tidur gara gara gak bisa berhenti nonton. Trus film ini bikin senyum senyum sendiri, jadi bisa perbaiki suasana hati. dulu gak mikir sampek ke dekorasi dan pembuatannya, tapi karna baca ini jadi sadar, klo itu film 2006, saat dimana bikin sebagus itu (bisa dibandingin sama film sekarang) masih susah. Jadi tambah kagum sama film ini

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
29 Mei 2017 pukul 13.18 delete

SeSUJU bgedddd mba... harapan fans... smoga princes hours eeason 2 ada dgn cash yg sama ... berharap mereka punya projek bersama didrama dan film yg laen... the last... berharap mereka jadian... udah cocok bangeddd.. chemistri dpt bangettt... udah titik 😍

Reply
avatar
Funky Rose
AUTHOR
4 Juli 2017 pukul 14.00 delete

Sengaja nonton 24 jam nonstop smp habis... Di-pause2 bentar utk mandi, makan dan bikin minuman hangat... Keren kisahnya, pemainnya cakep2 euy... Tapi ada drama baru Goblin yg setting nya jg luar biasa keren, berasa nonton film layar lebar... Selain princess hours, drama keren lainnya dan stay everlast di hati adalah Full House dgn bintangnya Rain dan Song Hye Kyo.. Thn 2005 juga kan...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
16 Oktober 2017 pukul 10.10 delete

Arrrrrrrghh..trnyata bnyk yg sama kyk gua. Sukaaaa bgt sm ini drama. Pokoke drama paling cetar & gk bisa move on smpe skrg. Belom ada drama korea lain yg bisa gntiin nih drama di hati gua. Sama kyk koment2 diatas2..msh ngarep klo pemeran Shin & Chae kyung bisa jadian beneran di dunia nyata.hahahaa..
Scene yg paling gk bisa trlupa..waktu chae kyung ngintip Shin abis mandi.wkwkwkkwkkw..luchuuuu bgt. Pokoke romantiiiiiisss abis nih drama. Krn ntn drama ini..smpe skrg jd ngefans sm oppa Jo ji hoon & eonni Ye eun hye. :-)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
20 Oktober 2017 pukul 03.19 delete

nonton ini pas SMA tahun 2006.. 11 tahun yang lalu... sukaa banget sama chemistry 이신 dan 신채경. Berharap juga mereka jadian di dunia nyata dan berharap banget mereka main dalam 1 proyek lagi... semoga harapan remeh temeh ini bisa jadi kenyataan.. wkwk.. 태자 전하, 비궁 마마.. 얼마나 그리워하오는지 아신지요? 둘이 다시 같이 연기하면 좋을 듯 하옵니다 ㅋㅋ

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
28 Januari 2018 pukul 14.35 delete

G pernah bosen muter ulang filmnya...tapi emank benenr baju2 yg di pakai shin chae kyung bagus2..

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5 Juni 2018 pukul 18.05 delete

Ternyata banyak yang gabisa move on, not only me! Pertama kali nonton kelas 2SD waktu diputer di indosi** hari minggu siang. Terus re-watch sampai sekarang udah kuliah dan gapernah tergantikan walaupun muncul drama-drama hits terbaru. Omggg

Reply
avatar
Nizfa Ulfa
AUTHOR
9 Desember 2018 pukul 18.53 delete

Halo kakak penulis... Hehe aku baru aja habis nonton PH. Yang pertama. Haha maklumin ya, akhirny baru bisa nemuin di grup fb. Tapi sayang, sub nya random banget, acak aduuut. Jadi aku sebel sendiri karna gak nyaman... Padahal aku sukaaa banget sama drama2 berbau pangeran. Haha.

Reply
avatar
13 Desember 2018 pukul 15.16 delete

aaaaaa parah sih ini film, semoga keluar season 2 nya, karna saya udah terlalu ngefans sama ini film sampe2 saya bikin wallpaper dinding ada pangeran Lee Shin di kamar. :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7 Maret 2019 pukul 22.06 delete

Di tahun 2019 saya masih nonton asli baper

Reply
avatar
Poer
AUTHOR
20 April 2019 pukul 03.23 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
Poer
AUTHOR
20 April 2019 pukul 03.26 delete

Masih stay sampai di tahun ini (2019)
Udah hatam waktu di tahun 2014/2015, sekitar jaman SD ke peralihan SMP, tapi gara2 liat kembali cuplikan drama goong ini di eksplor instagram, membuat hati saya kembali menyuruh saya untuk menonton ulang, hehe:)
Saya penyuka drakor, dan inilah drama terbaik sepanjang masa❤️ Bapernya masih terbawa di sanubari hati, walau udah bertahun-tahun lamanya wkwk
Ternyata nasib gagal move on saya masih berlanjut hingga saat ini:) bersamaan dengan gagal move onnya saya dari Jo Ji Hoon dan Yoo Eun Hye, btw masih berharap mereka dipertemukan di new drama dan berjodoh:) hoho ngayalnya gak pernah pudar kalau tentang mereka berdua
Dan episode yang paling saya gak suka kembali untuk di tonton adalah ketika ada hyo rin bersama shin:( gak kuat hatinya kalau melihat mereka bersama wkwk
Tapi gak tega juga liat yul tersiksa karena cintanya yg bertepuk sebelah tangan:(
Ah, pkoknya ini drama perfect❣️��

Reply
avatar
Poer
AUTHOR
20 April 2019 pukul 03.29 delete

Soundtracknya juga enak-enak banget, masih suka diputer dari youtube, sekalian liat mv dramanya juga hehe😂 gagal move on banget❣️

Reply
avatar
cotton_pcy
AUTHOR
10 Juni 2020 pukul 19.43 delete

Aku ada versi ori kualitas 480 atau mau download silahkan translate lengkap ada penjelasan nya juga pokoknya lengkap banget

Reply
avatar
cotton_pcy
AUTHOR
10 Juni 2020 pukul 19.44 delete

Aku tambahin sm dongyi wkwkkw

Reply
avatar
cotton_pcy
AUTHOR
10 Juni 2020 pukul 19.49 delete

Kalau mau rewatch bilangnya ntar ku kasih yang original dan lengkap subtitle nya^^

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
16 Juni 2020 pukul 21.07 delete

Saya gak bs ngitung udab berapa kali rewatching... Sumpah. Ini drama terbaik favorit kita semua..

Reply
avatar

Instagram @fardelynhacky