A Gentleman’s Dignity: Cinta dan Persahabatan di Usia 40-an


A Gentleman's Dignity. Gambar pinjam dari SINI
Kim Don Jin: Seorang arsitek tampan, playboy, dan memiliki kharisma yang bisa meluluhkan hati seorang wanita. Sebagai laki-laki yang merasa paling tampan di antara ketiga temannya, ia berpetualang dari satu perempuan ke perempuan lain, tanpa mau diikat oleh tali pernikahan. Bagi Do Jin, pernikahan adalah sebuah belenggu hidup yang mengekang kebebasannya sebagai lelaki yang dikagumi oleh banyak perempuan cantik. Prinsip hidupnya tentang pernikahan menjadi berubah setelah bertemu dengan seorang perempuan yang teramat biasa bernama Seo Yi Soo.  
Lee Jung Rok: Pemilik sebuah restoran, lelaki yang sangat mudah tergoda dengan perempuan-perempuan yang cantik padahal dirinya sudah memiliki istri bernama Park Min Sook.  Kehidupan pernikahannya sudah berlangsung selama sepuluh tahun, belum memiliki anak dan yang terjadi sepanjang sepuluh tahun pernikahannya adalah pertengkaran dan perselingkuhan. Hal ini disebabkan karena Jung Rok yang playboy serta usia istrinya yang lebih tua dari dirinya dan memiliki penghasilan yang lebih banyak dari Jung Rok. Terakhir, pernikahannya terancam  gagal jika Jung Rok tidak cepat-cepat menyadri bahwa ternyata dia sangat mencintai istrinya.

Im Tae San: Dibandingkan ketiga temannya, Tae San termasuk laki-laki yang setia, lebih bijaksana, dan abang yang baik untuk adik perempuannya Im Me Ah Ri. Kekasih Tae San, Hong Se Ra, bersahabat dengan perempuan yang dijatuhcintai oleh sahabatnya Do Jin. Tae San mengalami sedikit kebimbangan saat mengetahui perempuan yang dijatuhcintai oleh sahabatnya ternyata pernah menyukainya. Namun masalah ini tidaklah sekacau ketika dia mengetahui  bahwa adiknya menyukai sahabatnya Lee Choi Yoon dan tenyata Lee Choi Yoon pun menyukai adiknya.
Lee Choi Yoon: Seorang pengacara ternama dan  lelaki yang sedikit pendiam. Choi Yoon baru saja mengalami tuntutan cerai dari istrinya. Peristiwa yang paling mengguncang hidupnya adalah saat istri yang belum resmi dicerai tiba-tiba harus meninggal.  Sejak lama dia tahu bahwa adik sahabatnya menyukainya, tapi demi persahabatan, dia tidak bisa membalas cinta Me Ah Ri.
***
Inilah A Gentleman Dignity, sebuah cerita tentang empat orang sahabat; Kim Don Jin, Lee Jung Rok, Lee Choi Yoon, dan Im Tae San. Usia mereka memang sudah tidak muda lagi, 40-an tahun. Justru di usia mereka yang kepala empat ini, empat bersahabat ini mengalami gejolak cinta yang membara dan berbagai ujian persahabatan. Do Jin dengan persoalan cinta dengan kekasihnya serta sebuah peristiwa dari masa lalu yang nyaris membuat hubungannya dengan kekasih menjadi kacau, Jung Rok si play boy tengil yang sedang berusaha mati-matian mempertahankan pernikahan yang berada di ujung tanduk, Choi Yoon dengan dilema karena memendam cinta pada adik sahabatnya, dan Tae San dengan dua persoalan berkaitan dengan kekasihnya yang keras kepala dan adiknya yang mencintai sahabatnya.
Meskipun cerita berpusat pada dua tokoh utama yaitu Kim Do Jin dan kekasihnya, Yi Soo, tapi konflik yang terjadi pada masing-masing dari empat sahabat ini disajikan secara seimbang oleh si penulis skenario hingga membuat serial ini tidak membosankan dan tetap asik diikuti dari episode awal hingga akhir. Penulis skenario cukup jeli membuat cerita ini tidak membosankan dengan menyisipkan konflik persahabatan antara Choi Yoon dengan Im Tae San. Padahal empat bersahabat ini dikenal sangat kompak sejak masa remaja hingga usia 40-an.
Dibanding beberapa serial Korea yang saya tonton akhir-akhir ini, A Gentleman Dignity menampilkan nuansa yang sedikit berbeda. Saya memang penggemar film dan serial romantis, tapi beberapa serial Korea yang saya ikuti sebelum menemukan A Gentleman Dignity, agak sedikit membosankan dan monoton. Cerita yang terlalu berfokus pada dua tokoh utama sebuah film atau serial terkadang bisa membuat saya berhenti mengikuti serial tersebut, ditambah pula jika tema percintaan yang diangkat terlalu tak masuk akal dan berbelit-belit.
Semua pemeran utama dengan kekasih masing-masing adalah para pemain dengan usia jelang 40, kecuali pemeran Me Ah Ri, Yoon Jin Yi. Inilah salah satu faktor yang membuat drama ini menjadi memikat. Mereka adalah aktor dan aktris Korea yang sudah cukup punya banyak pengalaman di dunia akting. Umur tak membuat mereka kehilangan pesona. Lihatlah aktor tampan Jang Dong Gun. Meski kerutan sudah tergurat pada pada wajahnya, namun  semakin tua dia terlihat semakin tampan :D 
Jang Dong Gun dan Kim Ha Neul berperan sebagai Kim Do Jin dan Se Yi Soo
Di antara pemain pendatang baru dengan usia yang masing sangat belia, terdapat  Yoon Jin Yi yang berperan sebagai seorang perempuan yang mencintai laki-laki dewasa. Aktris kelahiran  1990 ini bermain sangat ciamik dengan perannya. Dia terlihat sangat natural saat memerankan perempuan yang manja dan pejuang cinta yang gigih. Saya sendiri sangat menikmati peran Yoon Jin Yi dibanding pemain lainnya yang lebih senior dalam serial ini. Padahal ini adalah pertama kalinya Jin Yi bermain dalam serial Korea. 
Yoon Jin Yi berperan sebagai Im Me Ah Ri

Secara keseluruhan, saya memberi empat bintang untuk serial ini. Sebuah serial yang layak ditonton oleh siapa saja yang sedang dalam tahap mencari pasangan hidup. Perjuangan menemukan cinta sejati adalah perjuangan tanpa mengenal waktu dan usia. Serial ini juga bagus ditonton oleh penulis dan calon penulis. Alur cerita dan konfliknya sangat rapi, jadi jika ingin menulis novel roman yang manis, bolehlah belajar dari serial ini.
Sebuah kutipan manis sebelum mengakhiri tulisan saya, yang diucapkan oleh Park Min Sook kepada Kim Do Jin:
Jika seorang pria mengatakan ‘Aku menicntaimu’, kau tahu apa yang tak boleh kau katakan setelah itu? Aku minta maaf’. Sepertinya sederhana, tapi pria sulit melakukannya.




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

25 comments

Write comments
Kinzihana
AUTHOR
31 Maret 2013 pukul 21.47 delete

Owhhh bening sekaliiiii

Reply
avatar
Millati Indah
AUTHOR
31 Maret 2013 pukul 21.55 delete

Aw, Jang Dong Gun!

Padahal udah beli dipidinya (bajakan) tapi blum sempet nonton.

Btw, kok gak nyebut Collin sih di sini?

Reply
avatar
31 Maret 2013 pukul 21.55 delete

Jang Dong Gun, ya maaaaak? hahaa...

Reply
avatar
31 Maret 2013 pukul 21.56 delete

Millati:
Saya gak doyan ama brondong Mil, apalagi yang wajahnya agak 'perempuan' gitu :p

Reply
avatar
Haya Nufus
AUTHOR
1 April 2013 pukul 01.13 delete

another review of korean movie by Kak Eqi ;p nggak abis2 ya kak stoknya :D Kayaknya suatu hari nanti kak eqi bakal ke korea deh.

Reply
avatar
1 April 2013 pukul 06.43 delete

hahaaaa....seruuuuuu Fus, makanya gak habis2 :D

Aamiin..semoga aja terkabul. Memang benar pengen ke sana :D

Reply
avatar
Lisa Tjut Ali
AUTHOR
4 April 2013 pukul 19.56 delete

eki kok mirip lisa ya Yoon Jin Yi, wkkkkkkkkk kabur.........
eki lisa suka ayat yg terakhir tu, maunya di jelaskan lebih detail ttg ayat tu. izin share ya ayat tu kat fbook

Reply
avatar
9 April 2013 pukul 16.03 delete

Hahahaaaa..Liusa kok ngingau yaaaa :p
Oh, silakan dishare quote-nya Lisa :)

Reply
avatar
Khaira
AUTHOR
30 Juli 2013 pukul 18.07 delete

Khaira penggemar Jepang... tp kayaknya dari ulasan kakak menarik nih... berapa episode?

Reply
avatar
2 Oktober 2013 pukul 23.53 delete

Khaira; 20 episode Khaira :D

Reply
avatar
na'
AUTHOR
30 Oktober 2013 pukul 23.14 delete

ini juga drakor favorit saya ^^. kalo saya suka quote-nya Yi Soo waktu dia 'sadar' kalo Collin itu anaknya Dong Ji :), soalnya ma' jleb lah kalo buat saya :)

Reply
avatar
Azhar Penulis
AUTHOR
30 November 2013 pukul 18.54 delete

sebagai pengunjung (views) page kakak yang ke 44,400 saya putuskan membaca artikel ini, wah ternyata kakak seorang penggemar korea... sama dengan adek-adek sepupu saya :-)

cuma saya suka dramanya aja, nggak tertarik hafal nama pemainnya lantaran lebih suka hafal nama klub dan pemain bola

kecuali pemain koreanya adalah cewek dan dia sangat cakep

hlho??

(hehehe,,,)

Reply
avatar
1 Desember 2013 pukul 09.30 delete

Na':
iya, saya juga suka yang itu, pokonya suka hampir di sepanjang serial ini :D

Azhar:
memang agak susah sih nyebutin nama-nama mereka azhar. saya sendiri, meski penggemar serial-serial Korea, juga susah menyebut nama-nama orang Korea dan China. Cuma ingat nama pemeran utamanya aja, hehee

Reply
avatar
momtraveler
AUTHOR
31 Desember 2013 pukul 09.11 delete

kaaakkk..... aku suka banget film ini. ceritanya bagus, temanya beda ya.suka sama cerita di awal episode ttg persahabatan mereka, kocak banget. Kim Do Jin juga guanteng pooll.. ternyata soundtrack nya juga dia yg nyanyi yah ;)

Reply
avatar
31 Desember 2013 pukul 14.56 delete

Waaah...kak Muna penggemar Korea jugaaaa *toss dulu ah :D
Iya kak, yang bikin aku suka, meski ini cerita romantis, tapi ceritanya tak berpusat hanya pada dua orang, malah empat pasang kak, yang artinya delapan orang. Ini gak biasa kan?
Trus, cerita gak klise lagi, hihii...
Makasih udah berkunjung dan membacanya ya kak :)

Reply
avatar
info kost
AUTHOR
19 Januari 2014 pukul 00.58 delete

sayang kimtae he dalam artikel diatas ndak disebutkan hehehe

Reply
avatar
23 Januari 2014 pukul 15.30 delete

Info Kost:
Lho...menang Kim tae Hee gak main kok dalam serial ini, jadi untuk apa saya sebut :D

Reply
avatar
Raras
AUTHOR
21 Oktober 2014 pukul 15.17 delete

duwwwh,
ganteng-ganteng ya mbak,
korea banyak memiliki wajah yang fresh pemuda pemudinya

Reply
avatar
Khaira
AUTHOR
3 Januari 2015 pukul 14.53 delete

Update kak, Khaira skrg lg maraton nonton serial ini. Bagus ceritanya, lucu, haha

Reply
avatar
4 Januari 2015 pukul 03.20 delete

Iya mbak, makanya suka, hihii

Reply
avatar
4 Januari 2015 pukul 03.20 delete

Hahaaa....selamat menikmati Khaira :D

Reply
avatar
Khaira
AUTHOR
4 Januari 2015 pukul 05.35 delete

ada rekom yg laen ga? mumpung lg libur, :D

Reply
avatar
4 Januari 2015 pukul 06.30 delete

Untuk drama tahun ini, kakak rekom dua drama Khaira; yang judulnya 'It's Okay That's Love' dan 'Misaeng'
Those are the best dramas of 2014.

Reply
avatar
lendyagasshi
AUTHOR
12 Oktober 2016 pukul 16.53 delete

Serius bosen nonton ini, teh..?

Aku malah bolak nonton...😚😚sukkaa banget sama plotnya yg ga biasaa..

Suka banget jg sama oppa dan eonni yg memerankan tokohnya masing-masing.
Pas.
Pas.

Saluut sama jagga-nim nya.

Reply
avatar

Instagram @fardelynhacky