Berburu Makanan Halal di Bangkok


Disclaimer dulu: tulisan ini bukan panduan komplit tentang bagaimana mencari halal Bangkok, melainkan sekadar cerita absurd ketika saya pernah beberapa kali ke kota tersebut.  Hanya sedikit pengalaman yang saya punya dan kota ini luas sekali *yaiyalah, namanya juga ibukota negara*  

Saya pertama sekali ke Bangkok tahun 2012. Waktu itu hape masih jadul, masih (monochrome) dan sama sekali buta tentang kota ini. Beda dengan sekarang, sudah beberapa kali Bangkok, jadi sudah lebih berani nyasar sendiri di Bangkok dibanding ibukota negara sendiri. Suer :D

Buat orang yang baru mengunjungi Bangkok dan belum begitu paham kota Bangkok, mungkin sedikit sulit menemukan makanan halal. Waktu pertama kali ke Bangkok dulu itu, andalan makan saya adalaaaaah…. KFC, hahahaahaaaa…. *hidup KFC, lol.

Jadi ceritanya waktu itu saya menginap di hostel di dekat railtrain station di Hua Lampong. Begitu sampai di Hua Lampong, hanya ada satu warung muslim di tempat tersebut. Namun sayang sekali, tempat yang menjadi harapan satu-satunya itu, hari itu tutup.

Akhirnya ketemulah KFC, tempatnya di sudut banget di stasiun Hua Lampong. Kalau nggak perhatian, nggak nampak KFC-nya, hehe.

Kebetulan pula salah satu pelayan di KFC tersebut ada yang mengenakan jilbab. Soalnya tidak semua KFC di Thailand itu halal. Mesti pilah pilih atau tanya-tanya dulu. Nah, pas lihat tuh cewek pakai jilbab, saya merasa aman dah.  Pikir saya, kalau KFC-nya nggak halal, mana mungkin dia mau bekerja di situ. Tul, nggak?  Sebelum membayar, saya membeli beberapa potong ayam untuk saya bawa ke hostel, untuk makan siang dan makan malam sambil tetap makan buah tentunya.

Pagi-siang-malam makan KFC bikin bosan juga. Di Hatyai makan ayam goreng, di Bangkok pun makan ayam goreng. Ya ampuuun… sudah eneg luar biasa. FYI, di sini ayam lebih murah daripada ikan.

Makanan Halal di Pratunam dan Chatuchak
Untung pas ke Pratunam, ketemu foodcourt dan Alhamdulillah ada kios muslim. Ketemu warung muslim dengan beragam jenis makanan serasa ketemu oase  di gurun yang kering kerontang *lebay, lol. Dan dari sekian banyak lapak di foodcourt tersebut, warung muslim ternyata cuma satu! Untung pilihan makanannya beragam :D Ya sudah, sikaaaaat *kalap :v
Makan di Pratunam
Makanannya enak banget. Entah karena saya sudah bosan dengan satu jenis makanan atau karena lapar banget sehingga saya menyebut enak, tetapi kalau ke Bangkok, apalagi ada kegiatan belanjanya, jangan lupa ke Pratunam ya. Di depan Pratunam, ada Platinum mal, mal yang sama tenarnya kayak Pratunam. Dua mal ini termasuk surga belanjanya para wisatawan. Ke Pratunam juga mudah dijangkau, kok. Ada jalur stasiun MRT ke sini meski harus jalan sedikit.

Pengalaman mencari makanan halal di Chatuchak juga cukup melelahkan. Mutar sana sini, sudah mengikuti petunjuk yang di tourism map, tetapi nggak nemu-nemu juga. Sebagai pusat grosir terbesar di Asia Tenggara, Chatuchak memang benar-benar luas! Tak akan bisa dijamah dalam sehari menjelajah. Saya aja yang mutar-mutar cuci mata hampir seharian, plus nyari makanan halal yang mana itu kayak nyari jarum dalam tumpukan jerami, nyaris nggak sanggup balik lagi ke Hua Lampong (tempat di mana hostel saya menginap). Kaki sudah gempor.  Padahal, tempat yang saya putar-putar itu belum seperempatnya Chatuchak, lho. Oh my…

Tetapi, tentu saja tidak bisa selalu makan di Pratunam atau Chatuchak, soalnya hostel saya di Hua Lampong,  jauh dari dua tempat tersebut.

Makanan Halal di Bangmod dan Soi Jet
Sebenarnya, ada lagi tempat yang terkenal sebagai surga kulinernya di Bangkok, yang mana di situ agak banyak makanan halalnya, yaitu Bang Mod dan Soi Jet.

Jika bepergian ke Bangkok, jangan lupa untuk mencicipi aneka kuliner halal di Bangmod.  Bangmod menyediakan berbagai variasi makanan khas Thai dengan harga yang masih bisa dijangkau. Bagi mahasiswa dan pendatang muslim, Bangmod menjadi tempat yang menyenangkan untuk berburu makanan halal dan bersilaturahim dengan saudara-saudara Thai muslim. Di area ini terdapat komunitas muslim dan mesjid, sehingga makanan halal dengan menu yang variatif mudah ditemui.

Satu lagi, namanya Soi Jet. Soi Jet ini adalah sebuah gang. “Soi” berarti gang, dan “Jet” berarti tujuh (Bahasa Thailand). Tempat kuliner ini berada di gang nomor tujuh, Petcburi Road, Bangkok. Kawasan ini merupakan sebagai salah satu kawasan bisnis di Bangkok. Jika berada di Bangkok, selain Bangmod, Soi Jet adalah tempat selanjutnya yang juga tidak boleh dilewatkan. Tempat ini bahkan menjadi tujuan utama masyarakat Indonesia yang ingin memanjakan lidah dengan aneka kuliner khas Thai. Selain masyarakat dan wisatawan dari Indonesia, wisatawan Malaysia juga sering datang ke sini. Makanan yang dijajakan di Soi Jet ini memang khas dan cocok dengan lidah orang Melayu, khususnya Malaysia dan Indonesia. Asik, kan?

Nah, itu beberapa tempat di Bangkok yang ada warung makanan halalnya. Bagaimana dengan Khaosan Road yang merupakan tempat ngumpulnya pada backpacker dunia? Apakah di situ terdapat makanan halal juga? Terus terang saya tidak tahu. Saya tidak pernah menginap di Khaosan Road. Tidak diijinin suami kalau sendiri dan sayapun memang takut. Lebih memilih menginap di tempat lain.

Yang pernah ke Bangkok, ada yang mau berbagi pengalaman selain tempat-tempat yang telah saya sebutkan di atas?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

28 comments

Write comments
Lee Via Han
AUTHOR
28 September 2015 20.01 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
Lee Via Han
AUTHOR
28 September 2015 20.04 delete

hmm yummy, mak hacky ada makan tomyum gak, gimana tuh kalau rasa tomyum asli thailand punya? :)

Salam,
www.leeviahan.com

Reply
avatar
Linda Satibi
AUTHOR
28 September 2015 20.24 delete

yg di foto itu namanya apa? itu jajanan andalan di Pratunam?

Reply
avatar
29 September 2015 01.29 delete

Duh Kak Eqi makasih infonya, aku bookmark deh mana tau rejeki aku mampir ke Bangkok dalam waktu dekat :D

Reply
avatar
29 September 2015 06.49 delete

Mbak Lee Via Han:
enaaaaak mbak, lebih enak daripada tomyum yang dijual di tempatku di Indonesia :D
Thanks sudah berkunjung mbak :*

Reply
avatar
29 September 2015 06.50 delete

Itu sebenarnya bakso Linda. cuma banyak campuranna. Kayak lemak, ya? :D

Reply
avatar
29 September 2015 06.50 delete

Wah, iyakah mb Lina. Aseeek... semoga kesampaian ya mbaaaak :ng

Reply
avatar
29 September 2015 08.52 delete

Waktu aku ke Chatuchak juga ada makanan halal, cuma karena asyik belanja jadi gak icip deh hahaha. Udahnya beli nanas aja di sana, itu nanas paling enak seumur hidup hahahaha apa karena dimakan dalam kondisi busung lapar? :p

Reply
avatar
meutia rahmah
AUTHOR
29 September 2015 08.53 delete

Nyari mkànan halal di negara orang mmng harus tau tmpatnya... Dengan baca postingan ini kl ke thai udah tau tmpat mkn halal

Reply
avatar
Katerina. S
AUTHOR
29 September 2015 11.04 delete

Kayaknya judulnya gini: "Tersesatlah di Bangkok, maka kau akan makan ayam lagi ayam lagi" :)))

Reply
avatar
Zulfa
AUTHOR
29 September 2015 20.56 delete

Aku suka menu makanan Halal yang di Bandara, svarnabumi, yang dekay Musholla itu. Kalau di Bangkok sendiri, lebih memilih veggietarian. Takunya nggak jelas. Next time klo kesana cobain resto ini deh.

Reply
avatar
Lia Harahap
AUTHOR
30 September 2015 20.56 delete

Aku sempet tuh makan yang di Chatuchak. Rada mahal sih, tapi porsinya lumayan besar. Rasa tom yum nya beda ya sama yang di Jakarta hehehehe. Nice info mbak :)

Reply
avatar
1 Oktober 2015 20.53 delete

Sebenarnya gampang nyari makanan halal di Bangkok, asal lidah gak manja kali selama ada 7e aman lah tu perut.. but if you're a picky eater.. baru dikategorikan susah nyari makanan halal..

Reply
avatar
Lusi
AUTHOR
3 Oktober 2015 08.36 delete

Nggak ada makanan padang ya? Di Singapuran tiap foodcourt masih ada makanan padang, aman.

Reply
avatar
Nunung Yuni A
AUTHOR
3 Oktober 2015 11.01 delete

Waah..kapan ya aku bisa jalan-jalan ke Bangkok? Btw kalau kesampaian ,sudah ada referensi makanan halal dari Mbak Ecky. makasih mbak

Reply
avatar
Bai Ruindra
AUTHOR
6 Oktober 2015 10.54 delete

Pengen deh ke Bangkok :)

Reply
avatar
12 Oktober 2015 18.42 delete

Aku udah kelewat lapar waktu itu mas yan. Udah mau pingsan nyari2 tempat makan halal, hahaa

Reply
avatar
12 Oktober 2015 18.42 delete

Betuuuul rahma. Kalau pengalaman pertama, biasa itu ya, hehehee

Reply
avatar
12 Oktober 2015 18.44 delete

Ayam di mana-mana di sini mbaaaak, hahaaa

Reply
avatar
12 Oktober 2015 18.45 delete

Aku belum pernah ke svarnabum mak, hihiiii...

Reply
avatar
12 Oktober 2015 18.51 delete

Di sini kalo makan bakso memang gedek=gedek banget mangkoknya mbaaaak :D

Reply
avatar
12 Oktober 2015 18.52 delete

aku agak picky eater nih, hahaa

Reply
avatar
12 Oktober 2015 18.53 delete

Kalau di kotaku nggak ada mbak.
Kalau di Bangkok, aku belum ada info apa di sana ada makanan Padang atau nggak :D

Reply
avatar
Diarysivika
AUTHOR
20 Juni 2016 23.27 delete

Baca artikel ini jadi kangen Bangkok, sayang kalo dari surabaya - bangkok jarang ada promo pesawat.

Reply
avatar
8 September 2016 16.21 delete

Mba ada tanda2nya ga kalau makanan halal? Soalnya in syaa Allah mau k sana nih...

Reply
avatar
12 Oktober 2016 12.24 delete

Ada tanda halalnya mbak

Reply
avatar

My Instgram