Jago Motret dengan Kamera Ponsel


Percaya nggak kalo foto-foto di atas itu adalah hasil foto dari smartphone? Tajam dan oke yak kualitasnya. Kayak hasil jepretan kamera DSLR! Padahal itu adalah hasil foto kamera smartphone.

Jangan sedih jika kita tak punya DSLR, kita juga bisa kok dapetin foto oke kayak di atas hanya dengan mengandalkan smartphone kita. Asal, banyak-banyak latihan untuk upgrade skill. Plus, ikuti tips-tips ini yang mungkin bisa berguna. *ngomong sama kaca*

Apa saja?

1.     Ambil gambar dari berbagai angle
Enaknya pakai smartphone adalah karena lebih simpel dan nggak berat seperti kamera DSLR. Jadi, kita bisa mengambil foto dari atas, bawah, samping, sambil jongkok, sambil kayang, terserah! *asal nggak sampai kejungkel aja :D* Ponsel itu ringan dan gampang dikendalikan, jadi kita bisa ngambil foto dengan perspektif yang mungkin nggak bisa dicapai oleh kamera besar/ profesional.

2. Bereksperimen dan foto sebanyak-banyaknya
Jangan takut mengambil foto banyak-banyak. Kebanyakan orang cuma memotret yang menurutnya bagus saja, lalu ambil gambar satu atau dua, terus langsung merasa puas. Kadang-kadang perubahan cahaya bisa mempengaruhi foto jadi lebih menarik, jadi foto-foto dan terus foto.

3. Tunggu cahaya yang pas
Kuncinya fotografi itu ada di cahaya, jadi perhatikan terus cahaya yang menyinari objek. Buat sekedar contoh, kalo kamu suka foto sunset, coba ambil foto saat matahari mau hilang tapi sebelum langit gelap atau yang biasa disebut golden hour. Saat itu biasanya langit masih ada cahaya matahari, tapi masih terlihat corak biru di antara awan, jadi akan terlihat banyak campuran warna di langit. Ini bisa jadi waktu yang seru banget buat eksplorasi dengan smartphone. *noted!*
Jago Motret dengan Kamera Ponsel
Foto: Huawei G8
Khawatir soal minim cahaya karena harus memotret saat gelap/ malam hari? Coba ulik kembali kamera ponselmu dan gunakan fitur untuk low light performance, seperti yang terdapat pada ponsel Huawei G8.

4. Dekati objek foto sedekat mungkin
Banyak orang merasa puas sama foto dari jauh dan keliatan samar. Padahal, mengambil gambar dari jarak sedekat mungkin, tidak kalah asyik. Hasilnya lebih detail dan kita pun bisa menemukan banyak hal menarik dari detail tersebut. Jangan sampai merasa terbatas, yuk dekati objeknya sedekat mungkin. Contohnya seperti saat memotret makanan. Beberapa kamera ponsel, memiliki fitur yang dapat membuat hasil foto makanan jadi semakin sedap dipandang dan menggiurkan, seperti fitur GoodFood pada Huawei G8 ini. Wah, cocok buat food blogger wannabe nih.

5. Maksimalkan kamera yang ada di tanganmu
Selalu ingat, hasil foto smartphone bukan berarti bakal kalah dari hasil foto DSLR. Yang penting momennya! Kamera DSLR sekali pun nggak akan bisa menangkap momen kalau kita kurang jeli terhadap hal-hal di sekitar kita. So, latihan terus menerus akan membuat skill kita kian terasah.

Paling asyik sih kalau smartphone-nya juga punya kapasitas kamera yang mumpuni seperti Huawei G8. Huawei G8 ini punya kapasitas kamera sebesar 13MP di kamera belakang dan 5 MP di kamera depan. Yang bikin lebih mantap, kamera Huawei G8 dilengkapi dengan optical image stabilization dan lensa wide angle 28mm yang membuat hasil foto tajam bahkan memotret saat goyang atau banyak gerak.

Penasaran seperti apa smartphone ini? Ini dia penampakannya. Selebihnya, cekidot langsung ke Google ya. 



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
zaenudin
AUTHOR
29 Februari 2016 15.44 delete

bener tuh mbak ecky.. banyak memotret akan semakin mengasah kemampuan dalam memotret,apalagi kalau kameranya sangat mendukung. pasti lebih asyik lagi :)

Reply
avatar
Lavia
AUTHOR
28 September 2016 17.20 delete

Memang asyik ya di masa sekarang, sudah banyak smartphone yg kameranya ngga kalah canggih dengan kamera digital umumnya, jadi ngga ribet kalau mau foto tinggal keluarkan smartphone aja :D

Reply
avatar

My Instgram