Makin Eksis dengan Notebook Tipis



Mau tahu apa salah satu keinginan saya? Yaitu bisa punya laptop yang ringan dan tipiiiiis… sehingga mudah bagi saya untuk membawanya ke mana-mana. Apalagi kalau saya bisa mendapatkannya secara gratis, xixixiii….
Sebagai blogger dan social media mania, dua hal tersebut tak bisa lepas dari kehidupan saya.  Setiap hari, hampir setiap saat, saya terhubung dengan internet. Maka yang saya lakukan adalah; membuka email, login ke facebook, login ke twitter, dan terhubung ke dua blog pribadi yang saya punya. Saya suka narsis di facebook begitu juga di twitter, meski kenarsisan saya tidak segede kenarsisan saya di facebook, hahaa… Oh, satu lagi, sebagai emak yang doyan ikut lomba, kuis dan sejenisnya, dan pernah merasakan kenorakan yang nggak ada matinya setelah menerima hadiah (maklum, habis terima hadiah, langsung pamer di facebook, hahaa…), saya merasakan benar bahwa dunia saya hampa tanpa internet. 
Sebagai seorang blogger, tentu saya tak bisa lepas dari dunia blogging. Apakah memosting tulisan jika kebetulan saya sedang ada ide untuk posting di blog, atau sekadar blogwalking menyapa teman-teman blogger lainnya.  Meski postingan di blog tidak saya lakukan setiap hari, karena bagaimanapun  saya harus mendahulukan mengerjakan tugas-tugas yang menggunung, tapi saya berkomitmen bahwa minimal seminggu sekali mesti ada tulisan yang terpublikasi, apapun itu; curcol kek, tulisan serius kek, pokoke nulis!
Buat saya, sehebat apapun smartphone saya bisa menghubungkan saya dengan dunia maya, teteuuuup… pakai PC/laptop adalah cara yang the best dah. Lebih puas karena bisa klak klik link ini itu tanpa hambatan, lebih nyaman karena layarnya gede sehingga bisa baca dengan enak, dan… lebih asik ikut berbagai lomba, xixixii… Jadi begini, ada beberapa aplikasi (aplikasi lomba misalnya) media sosial yang kalo dibuka pakai smartphone, ampuuuun dah… nggak jelas dibacanya, nggak bisa login-nya, dan yang paling sering adalah nggak bisa dibuka, hiks…
Kesian…kesian…kesian… *Ipin dan Upin mode on*

Aku dan Laptop Bersejarah
Saya pertama kali menggunakan laptop, itu tahun 2007. Waktu itu, di daerah saya di Banda Aceh, laptop masih jadi barang mewah. Hanya dipunyai oleh orang-orang tertentu saja, misalnya akademisi, orang kantoran, atau orang-orang yang berduit. Apakah kemudian saya termasuk salah satu di antaranya sehingga kemudian saya bisa punya laptop? Oh, tidak! Dengan bergiat di dunia menulis yang saya geluti sejak 2005, beberapa kebutuhan ekslusif bagi anak kos seperti saya (waktu itu), bisa saya beli sendiri tanpa meminta pada orangtua, yang memang bukan orang kaya. Laptop saya itu adalah laptop dari produk Acer Indonesia dari seri ASPIRE 4710. Waktu itu masih dengan prosesor Centrino Duo dan didukung dengan 512 MB DDR2. Lumayanlah untuk kategori laptop masa itu, apalagi dengan harga jual sampe 7 jutaan boooo….
Laptop saya. Foto: Dok. Pribadi

Terbilang enam tahun sudah laptop yang saya beli pertama kali hingga bertahan sampai sekarang. Dalam perjalanannya, banyak suka duka yang saya alami bersama si Acer. Si Acer ini pernah ngambek gara-gara dia pernah kami (saya dan adik saya) gadaikan demi mendapatkan pinjaman uang di pegadaian. Setelah menggadaikan untuk yang keduanya kali, sempat saya pakai sebentar, namun tiba-tiba dia mati total. Layarnya hitam legam dan tak menunjukkan reaksi apapun. Saya membawanya ke teknisi, katanya hardisk-nya rusak dan mesti diganti baru. Saya mesti membayar mahal agar si Acer bisa saya pakai lagi. Mau beli baru, beuuuuh…nggak punya duit.
Tanpa si Acer ini, rasanya saya hampa. Ini terbukti waktu si Acer masuk pegadaian. Saya  jadi nggak bisa menulis. Soalnya, sejak memiliki dia, saya sudah susah menulis pakai tangan. Sudah kaku. Ide juga jadi lebih mengalir jika saya mengetikkannya langsung di layar komputer.
Alhamdulillah, sampai sekarang dia masih cinta sama saya, meski dia sudah tua dan terlihat kusam.
Menulis di mana saja :D
Notebook yang Lebih Tipis?
Sebagai seseorang yang suka menulis dan ngeblog, saya merasa sangat terbantukan dengan adanya teknologi komputer jinjing ini, sehingga bisa dibawa ke manapun saya pergi.  Begitu ada ide untuk menulis, saya bisa langsung menuliskannya di laptop saya, di manapun saya berada. Namun karena agak berat, saya merasa Acer jadul agak kurang cocok dengan tubuh mungil saya. Saya merasa cepat lelah jika membawanya.
Meskipun laptop yang saya pakai sekarang memiliki sejarah yang sangat berarti buat saya, namun sudah lama saya berpikir ingin menggantinya dengan yang baru; yang lebih tipis, lebih ringan, lebih seksi, pokoknya yang desainnya eleganlah. Bukan apa-apa,  laptop jadul saya ini, beratnya minta ampuuuun dah. Kalo saya membawanya dalam ransel ditambah bawaan lain jika saya hendak bepergian jauh, saya berasa sedang memanggul goni. Saya ini tukang jalan, jarak yang jauh saya lakoni dengan jalan kaki nggak masalah buat saya. Tapi kalo jalan jauh sambil nenteng laptop dalam ransel, saya minta ampun maaaak… nggak kuaaat!  Padahal…padahal…dia adalah segalanya bagi saya. Teman menulis saya. Draf-draf tulisan saya ada di situ semua. Jadi, mau tidak mau dia harus saya bawa ke mana-mana. Saya usahakan nggak jalan kaki terlalu jauh jika membawanya. Pegal, euy!   
Ke mana-mana dengan ransel. Foto: Dok. Pribadi
Sampai… saya melihat ada notebook baru keluaran. Sebagai pengguna notebook Acer selama enam tahun, saya sudah percaya banget sama produk ini. Memang laptop saya pernah masuk reparasi, itu karena saya yang kurang merawatnya. Enam tahun itu bukan waktu yang sedikit lhoo…untuk sebuah kebersamaan antara gadget dan pemiliknya. Teman-teman saya yang membeli notebook jauuuuuh setelah saya, udah sejak kapan-kapan mengganti notebook mereka dengan yang baru. Makanya saya udah jatuh cintrong banget sama Acer.
Produk keluaran terbaru Acer ini adalah jenis notebook impian saya; ringan dan tipis. Dia adalah Acer E1 Series. Menurut review di web Acer www.acerid.com, Acer E1 series ini merupakan notebook yang 30% lebih tipis di kelasnya. 
Gambar: Fanpage Acer Indonesia
Yang saya suka adalah Acer E1-432. Acer E1-432 memiliki prosesor Intel 4th Gen terbaru  dengan RAM DDR3 sebesar 2 GB. Wow bangeeeet! Bandingkan dengan Acer jadul saya dengan RAM DDR2 yang memiliki kapasitas hanya 500 MB. Uhuk!
Gambar: acerid.com
 Dengan kapasitas segede itu, saya nggak perlu lagi nambah RAM seperti yang pernah saya lakukan pada laptop saya, setahun lalu. Waktu masih di Thailand, saya memang sempat menambah RAM sampai 2 GB karena kerja laptop saya udah lambat banget. Saya mesti membayar 1200 Baht (sekitar 400  ribu Rupiah). Namun dengan kapasitas RAM yang gede kayak Acer E1-432, kita nggak perlu lagi menambah RAM.
Satu lagi info penting nih. Biasanya, notebook-notebook tipis suka meniadakan satu fitur untuk menunjang penampilannya, yaitu optical drive. Katanya sih, biar lebih ramping.  Sayangnya, fitur tersebut merupakan salah satu fitur penting yang mesti ada dalam notebook. Bayangkan kalo emak-emak kayak saya bepergian jauh, trus pas udah bosan menulis, saya nggak bisa menonton karena tidak tersedianya optical drive DVD. Mau bawa-bawa DVD-RW eksternal? Repot maaaakk…
Dengan kapasitas yang gede, dengan tersedianya DVD Super Multi, Acer E1-432 ini cocok dibawa bepergian ke manapun. Bisa menulis di mana saja dan kapan saja. Aseeek…
Lalu bagaimana dengan daya tahan baterainya? Saya sendiri kadang suka kesal jika ketika saya sedang dalam pesawat, kereta api, atau bus, sementara saya berinteraksi dengan laptop (apakah menonton atau membaca jika posisi saya tertidur seperti dalam kereta api), lalu tiba-tiba laptop saya mati karena baterai yang sudah tidak tahan lagi. Nah, Acer E1 series ini memiliki ketahanan baterai hingga enam jam.
Hebatnya lagi, harganya tak semahal laptop jadul saya. Dengan kelebihan-kelabihan di atas, dengan harga yang lebih murah,  lebih tipis sehingga bisa dibawa ke mana-mana, maka apa lagi yang bisa menghalangi perempuan yang sudah jadi emak kayak saya untuk tidak produktif (menulis) selain mencari-cari alasan malas atau mencari-cari alasan sok sibuk? No way!  
Menjadi produktif dalam menulis dan ngeblog adalah soal bagaimana seorang ibu mengatur waktunya agar bisa berdaya guna tanpa mengabaikan keutuhan rumah tangga. Namun, tersedianya sebuah notebook tipis seperti Acer E1 series, adalah media untuk menunjang ibu-ibu Indonesia semakin produktif. Emak-emak seperti saya dan emak-emak lainnya yang tergabung dalam Kumpulan Emak Blogger (KEB) bisa menulis sambil mengayun dan bermain dengan anak, bahkan bisa menulis sambil menunggu masakan di dapur matang. Asik, bukan?  

“Tulisan ini diikutsertakan dalam event “30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis” yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia.”
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

28 comments

Write comments
Nia Haryanto
AUTHOR
24 Oktober 2013 13.56 delete

Dengan notebook yang tipis, kita pasti bisa lebih produktif dan makin ekses :)

Reply
avatar
Santi Dewi
AUTHOR
24 Oktober 2013 13.59 delete

Saya pun memiliki sejarah laptop yg sampe skrg masih dipake, walaupun laptopnya udah kriting kemakan usia hehehe

Reply
avatar
Nophi
AUTHOR
24 Oktober 2013 14.06 delete

aku juga suka pakek tas punggung mak.. padahal laptopnya segedhe gambreng, semoga segera dapat yang tipis yaa hihihi

Reply
avatar
Rina Susanti
AUTHOR
24 Oktober 2013 14.08 delete

notebook tipis simple di bawa kemana mana ya mak :)

Reply
avatar
astin astanti
AUTHOR
24 Oktober 2013 14.23 delete

Mak itu yang di tas kresek apaan ya? *serasa rujak dech...lose fokus

Reply
avatar
Inna Riana
AUTHOR
24 Oktober 2013 14.40 delete

Laptop acerku yg dulu 7jt-an msh awet sampe sekarang.
Enak yaa kalo punya notebook yg ringan, ga berat dibawa kemana2.
Semoga sukses ya, Mak ^_^

Reply
avatar
rodamemn
AUTHOR
24 Oktober 2013 14.52 delete

setuju ama emak...good luck mak, salam kenal ya :)

Reply
avatar
Tian Lustiana
AUTHOR
24 Oktober 2013 15.03 delete

menarik sekali artikelnya mak ,, semenarik si notebook tipis yah,, hihihi .. semoga menang yah mak.. aamiin

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
24 Oktober 2013 15.25 delete

Tommy Harvie

wah saya juga kepingin punya yg tipis .. krna hampir seharian saya menggunakan internet . maklum saat ini mencari duit mengandalkan internet dan tentunya trkadang saya menulis atau sekedar membaca blog ..

sharing yang menarik kak :)

Reply
avatar
24 Oktober 2013 15.40 delete

Cerita yang menarik kak, bawa yang berat aja bisa produktif kayak gini, apalagi dapat yang tipis ya? ga kebayang bakal banyak karya yang muncul, :D

Reply
avatar
Azhar Ilyas
AUTHOR
24 Oktober 2013 15.54 delete

Semoga menang ya dan bisa dapat dapat pengalaman baru bersama si tipis yang manis :)

Reply
avatar
makmurdimila
AUTHOR
24 Oktober 2013 15.54 delete

Jadi pengen punya notebook tipis juga nih. Ulasan menarik Kak, semoga menang ya :D

Reply
avatar
Lisa Tjut Ali
AUTHOR
24 Oktober 2013 21.13 delete

dengan laptop yang tipis lebih ringan klo di bawa-bawa ya, rangsel pun ga kelihatan berat

Reply
avatar
Khaira Hisan
AUTHOR
24 Oktober 2013 22.34 delete

mauu... selama ini manggul ransel kayak manggul karung beras -_-

Reply
avatar
24 Oktober 2013 22.41 delete

Setujuuuu dengan semua komen di postingan saya. ternyata, notebook tipis hampir menjadi impian semua orang yak, xixixi...

Mak Astin;
Itu isinya mi instan maaaaak, wkwkwk

Reply
avatar
Mugniar
AUTHOR
24 Oktober 2013 23.29 delete

ASyik ya mbak kalo punya yang tipis dan canggih begini :)

Reply
avatar
25 Oktober 2013 04.43 delete

Mak dirimu cantik bange t sihhh eh salah fokus :)

Reply
avatar
Pakde Cholik
AUTHOR
25 Oktober 2013 05.32 delete

Tanpa komputer
Empu Sedah dan Empu Panuluh
Mampu menghasilkan karya yang ngedab-edabi
Kakawin Bharatayudha yang termashur

Kumpulan Emak Blogger
Dengan personnal computer
Dan laptop tipis Accer
Seharusnya bisa menerbitkan karya yang serrrrr dan TER

Semoga GAnya sukses Jeg

Salam hangat dari Surabaya

Reply
avatar
25 Oktober 2013 08.32 delete

157 emak mupeng bareng... Seru habis ya mak...

Reply
avatar
meutia rahmah
AUTHOR
25 Oktober 2013 10.26 delete

cut kak tulisannya keren..saya juga suka pake ransel tuh, butuh yg tipis hehhe..sukses kak moga menang lagi ya

Reply
avatar
25 Oktober 2013 14.34 delete

Mbak Niar;
Iya nih mbak, xixixiii..

Mbak Hana;
#eh...yang mana maaaak...bukannya lebih cantik sekarang maaaak *plaaaak :p

Pakdhe Cholik;
Makasih pakdhe

Mbak Niken;
wkwkwk...mupeng bareng...entah siapakah pemenanngya :D

Meutia;
makasih cut adeh ;)

Reply
avatar
25 Oktober 2013 17.02 delete

wahaaa kita harus bersaing nih mak demi si notebook tipis inih. :D

Reply
avatar
25 Oktober 2013 20.31 delete

Yoo maaaak...bersaing sama seratus-an emak-emak KEB, xixixixiiii..

Reply
avatar
Lusi
AUTHOR
27 Oktober 2013 23.28 delete

Jury visit. Terima kasih sudah berpartisipasi. :)

Reply
avatar
28 Oktober 2013 11.44 delete

Makasih atas kunjungannya mb juri :D

Reply
avatar
28 Oktober 2013 18.49 delete

Hai, Mak! Terima kasih sudah berpartisipasi. Good luck, ya! :)

Reply
avatar
28 Oktober 2013 22.40 delete

Asiiiik...dikunjungi sama emak-emak juri nih. Makasih ya maaaaak ;)

Reply
avatar
25 Oktober 2016 21.50 delete

Hari baik untuk Anda,
Anda membutuhkan solusi untuk masalah Anda dan di mana untuk mendapatkan pinjaman dari?
saya pinjaman pemberi pinjaman que terdaftar diperbolehkan untuk memberikan Jaminan
pinjaman bagi Individu dan perusahaan Bisnis
dan Anda ditolak kredit dari bank atau lembaga keuangan untuk satu atau anothe Alasan
Apapun kebutuhan pinjaman Anda, jangka panjang atau pinjaman jangka pendek, pribadi
atau hipotek, kami siap untuk berbicara dengan Anda tentang bagaimana kami dapat memenuhi Anda
kebutuhan, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini mentransfer online untuk Anda
Biarkan kami membantu Anda mengatur pembiayaan dan juga mendapatkan pinjaman sangat sah
sebesar 2%
Silahkan hubungi kami hari ini dengan mengirimkan email ke email Mengikuti
addresss.
EMAIL: Annabelleloanfirm@gmail.com

Reply
avatar

My Instgram