5 Fakta Menarik Saat Perayaan Children Day di Thailand

Facts about Children Day in Thailand, Fakta menarik Saat Perayaan Childrean di Thailand

5 fakta menarik saat Perayaan children di Thailand. Ada event besar apa di Thailand di bulan Januari? Event yang saya maksud adalah hari besar nasional, ya. Thailand memiliki banyak hari besar nasional yang notabene didominasi oleh hari-hari besar agama Buddha. Maklum saja, Buddha adalah agama mayoritas. Libur-libur hari besar agama Buddha, sama seperti Idul Fitri di Indonesia, liburnya bisa sampai seminggu. Kalau di tempat kita, libur seminggu begitu cuma saat Idul Fitri saja yak, sementara Thailand punya banyaaak hari libur yang liburnya lama. *jadi pingin jadi warga Thailand* #eh

Di bulan Januari, tidak ada hari besar yang libur lama sih, tapi ada satu hari besar di sono yang perayaannya meriah banget. Itu adalah ‘Children Day’, diperingati setiap Sabtu Minggu kedua di bulan Januari. Apapun tanggalnya, pokoknya Sabtu minggu kedua Januari :D Tahun ini, Sabtu minggu kedua bulan Januari jatuh pada tanggal 9 Januari 2016.

Saya sudah pernah menulis tentang bagaimana meriahnya Children Day di Thailand. Tulisan tersebut lebih ke pengenalan Children Day itu sendiri dan saat di mana saya pernah terlibat langsung di kegiatan tersebut.  Walaupun sekarang sudah memasuki akhir Januari, mudah-mudahan masih cocok.

Jadi karena sudah pernah terlibat langsung pada kegiatan perayaan hari anak di Thailand, berikut saya tuliskan beberapa fakta menarik pada saat perayaan hari anak tersebut:

1.      Meriah dan ramai
Perayaan hari anak di Thailand itu meriah luar biasa, kayak acara tujuh belasan kalau di tempat kita, dirayakan di semua tempat di daratan Thailand, dari kampung sampai kota.  

2.      Anak-anak Thailand bisa mengunjungi rumah-rumah pejabat pemerintah
Kenapa rumah dan bukan kantor? Karena Sabtu adalah hari libur, jadi kantor tutup. Pada hari itu, rumah-rumah pejabat pemerintah terbuka untuk anak-anak dan keluarganya, termasuk rumah perdana menteri lho. Semua anak boleh datang. Kalau saya bilang, ini suasananya kayak lebaran kalau di Indonesia, di mana banyak pejabat yang mengadakan open house di rumah mereka. Bedanya, ini open house-nya untuk anak-anak dan keluarganya (ayah/ibu/wali si anak). Hmmm… anak-anak dapat angpau juga nggak, ya? Saya tidak tahu soal ini karena saya tidak pernah ikut open house di rumah pejabat pada saat hari anak :D

3.   Anak-anak Thailand diundang ke pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Thai di Don Mueng, Bangkok, untuk melihat-lihat pesawat dan ragam jenis peragaan pesawat. Siapa saja boleh datang, biasanya hanya anak-anak yang tinggal di Bangkok dan sekitarnya saja yang bisa ke tempat ini.

4.      Gratis naik transportasi kota seperti MRT dan BTS, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Kalau tidak salah, syaratnya untuk anak di bawah 14 tahun dan tinggi badan di bawah 140 cm.

5.    Akan ada banyak pihak baik swasta maupun pemerintah yang menyelenggarakan event-event menarik untuk anak-anak, misalnya mal-mal besar, zoo, museum, library, dan tempat-tempat umum lainnya. Dan biasanya, tak ketinggalan dengan tersedianya banyak makanan yang dibagi-bagi gratis untuk anak-anak. Menariknya lagi, ada banyak pihak/perorangan yang berlomba-lomba mempromosikan makanan gratisnya, agar lebih banyak dikunjungi oleh anak-anak. Seperti pengalaman saya saat mengikuti event hari anak Thailand anak tahun 2013 di salah satu tempat umum di Hatyai, Jiranakorn Stadion. Saat itu, ada banyak sekali stand atas nama organisasi/kelompok/sejenisnya, bahkan perorangan juga ada, yang ikut ambil bagian dalam perayaan hari anak. Saya sendiri ikut membantu di salah satu stand perkumpulan penyiar radio di mana kami membagi-bagikan es krim gratis untuk anak-anak.

Facts about Children Day in Thailand, Fakta menarik Saat Perayaan Childrean di Thailand

Menarik, kan? Khop khun Kha. 

Nah, itulah 5 fakta menarik saat perayaan Children Day di Thailand

Khop khun kha. Terima kasih sudah membaca.

Facts about Children Day in Thailand, Fakta menarik Saat Perayaan Childrean di Thailand

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
29 Januari 2016 18.20 delete

Bagus banget konsep perayaan seperti ini. Anak2 jadi merasa sangat spesial. ira

Reply
avatar
Ria Rochma
AUTHOR
30 Januari 2016 05.58 delete

Uwaaaa.... Asyik ya ada perayaan khusus buat anak2 di sana. Dan memang edukasi sifatnya :)

Reply
avatar
Katerina. S
AUTHOR
30 Januari 2016 20.14 delete

Terasa istimewa untuk anak-anak di sana ya mbak :)

Reply
avatar
Naqiyyah Syam
AUTHOR
31 Januari 2016 09.09 delete

Bagus ya acaranya, keren deh

Reply
avatar

My Instgram